6 Trik Mengonsep Desain Toko Kecil Agar Ramai Pembeli

Tampilan desain toko kadang terabaikan oleh banyak pemilik toko kecil, mereka terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing.

Makanya, penting banget buat kamu yang berencana membuka usaha toko kecil-kecilan untuk mengonsep dengan baik desain toko dan layout toko kecil milikmu. Konsep desain toko kecil yang menarik bisa membuat konsumen tertarik untuk datang langsung membeli produk yang kamu jual. Bahkan kalau ternyata desain toko kecil milikmu membuat mereka nyaman, mereka bisa datang lagi dan lagi.

Mau punya toko yang ramai pembeli? Yuk, langsung saja baca trik mengonsep desain toko kecil berikut ini!

1. Buat tampilan fasad tokomu terlihat semenarik mungkin

Hal pertama yang paling menentukan apakah calon pembeli tertarik untuk mengunjungi toko kecil milikmu atau nggak adalah bagian depan atau fasad desain toko kecil tersebut.

Untuk menarik perhatian, produk-produk terbaik yang kamu jual sebaiknya memang ditampilkan di etalase bagian depan desain toko kecil milikmu. Desain eksterior toko juga harusnya menggambarkan desain interior tokomu, sehingga calon pembeli bisa melihat keunikan toko yang kamu miliki.

2. Ciptakan pengalaman belanja yang menarik lewat konsep desain toko kecil yang kreatif

Dalam menentukan tema kreatif untuk desain toko kecil, sebaiknya tema disesuaikan dengan jenis produk yang kamu jual. Nggak ada batasan memang, kamu bisa menggunakan gaya desain interior apapun.

Namun, akan lebih menarik tema desain toko yang kamu pilih bisa menonjolkan produk apa yang kamu jual, seperti tema desain industrial yang diterapkan pada toko baju ataupun kafe-kafe. Yang penting, tema desain toko kecil yang kamu pilih nggak mengganggu kenyamanan calon pembeli saat berbelanja.

3. Perhatikan tata letak produk yang di-display di toko

Bagian interior desain toko kecil milikmu semestinya didesain untuk memudahkan akses calon pembeli saat menjelajah ke seluruh area toko. Dari bagian pintu masuk, calon pembeli sudah diarahkan untuk melihat-lihat ke rak display produk yang terdekat dari pintu masuk kemudian diarahkan menuju ke rak display produk selanjutnya.

Oleh karena itu, penting banget untuk kamu menempatkan rak display secara strategis. Kamu bisa menata rak display ini berhadap-hadapan dengan memberikan jarak diantara kedua rak. Nah, jarak ini dimanfaatkan untuk ruang akses para calon pembeli. Pelajari lebih lanjut mengenai rahasia di balik tata letak toko yang telah diuraikan pada artikel sebelumnya.

Untuk bisa memaksimalkan ruang yang terbatas, desain toko kecil bisa memanfaatkan bagian dindingnya untuk menempatkan rak dinding terbuka sebagai display agar produk yang kamu jual bisa langsung disentuh dan dinilai kualitasnya oleh calon pembeli.

4. Optimalkan pencahayaan interior pada desain toko kecil

Pencahayaan merupakan elemen penting yang harus kamu perhatikan dalam mengonsep desain toko kecil milikmu. Pencahayaan sangat mempengaruhi tampilan produk yang kamu jual.

Pencahayaan lampu yang baik harus bisa memperlihatkan warna asli produk yang dijual, atau bahkan bisa membuat produk tersebut tampil lebih menarik dari aslinya. Kreasikan tampilan dengan warna rak display yang mendukung tata lampu di ruang pajang toko sehingga mampu mempengaruhi psikologi pengunjung.

Dalam desain toko kecil, kamu bisa menggunakan kombinasi task lighting seperti lampu gantung, lampu sentral, dan lampu-lampu dekoratif yang dipasang pada dinding. Task lighting sebaiknya kamu tempatkan di setiap rak display.

5. Melakukan dekorasi ulang secara berkala agar desain toko kecil terlihat selalu fresh

Selain kamu perlu meng-update produk-produk yang kamu pajang di rak display dan menggantinya dengan produk yang lebih baru, kamu juga perlu loh meng-update tampilan desain toko kecil milikmu secara teratur.

Nggak perlu mengganti tema desain toko kecil secara keseluruhan, ubah saja penataan rak dan produknya serta tambahkan beberapa elemen dekor baru. Untuk rak display yang nggak dipasang di dinding, gunakanlah rak yang bersifat movable untuk mempermudah kamu saat melakukan penataan ulang.

Konsep desain toko kecil yang kamu buat nantinya akan menentukan kesan yang dirasakan oleh calon pembeli saat berkunjung ke tokomu. Kesan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha yang kamu jalani.

[BACA JUGA : Beberapa Variasi Layout Toko yang Bawa Hoki ]

Sumber : Kania Dekoruma, https://www.dekoruma.com/artikel/67832/tips-konsep-desain-toko-kecil