10 Tips Nama Toko Unik dan Menarik

Nama toko unik adalah sebuah brand. Sebuah brand harus unik dan menarik

Unik bukan berarti kita bebas membuat nama yang aneh-aneh, dan menarik karena brand akan diingat calon konsumen untuk pertama kali.

Nama juga yang akan menunjukkan bagaimana investor dan pelanggan memandang bisnis tokomu sepanjang masa, tanpa batas ruang dan waktu. Inilah mengapa harus ada pertimbangan matang, diskusi panjang, sebelum memutuskan untuk memilih nama usaha toko. Tidak jarang suatu perusahaan terpaksa berganti nama, mengubah merek dagang, atau nama bisnisnya. Ada alasan kuat untuk itu.

1. Unik dan Melekat

Orang akan selalu ingat dengan sesuatu yang unik, beda dari yang lain, dengan begitu banyak pemain bisnis, pasti kamu ingin punya nama yang tidak di samai, mudah di ingat sebanyak mungkin orang. Nama yang unik juga di harapkan dapat terus abadi, selalu melekat di benak pelanggan mitra bisnis, investor,dan semua orang. Ini sebuah tantangan, sebab penamaan selalu berubah tren, dari tahun ke tahun sehingga selalu membuat kita sulit menemukan nama yang unik dan mudah diingat.

2. Hindari Ejaan yang Aneh

Keunikan bukan berarti kita bebas membuat nama toko yang aneh-aneh, dengan ejaan yang sulit di ucapkan. Beberapa pendirian startup sering kali mencoba memakai nama yang aneh, dengan ejaan diluar kebiasaan. Nama toko yang mengandung ejaan sulit akan membuat orang susah mengingatnya. Akibatnya mereka akan mengetikkan atau menuliskan nama yang salah, dan ini bisa berakibat fatal saat mereka pencari nama bisnis mu di Google.

3. Mudah Diucapkan dan Diingat

Sebuah nama brand yang makin mudah di ucapkan akan mudah di ingat pula. Hindari membuat nama yang tidak ada artinya jangan pula membuat singkatan yang terdiri dari huruf huruf konsonan yang sulit di eja dan tak ada artinya. ada alasan mengapa ABC dipilih menjadi merek baterai, kecap, atau saus. Sebab enak di ucapkan, mudah di ingat sebagai tiga huruf pertama dalam alfabet.

4. Simpel

Pendek suatu nama usaha semakin bagus. Usahakan nama itu terdiri dari dua suku kata, seperti yahoo yang terdiri dari ya dan hoo, atau google yang terdri dari goo dan gle. Hindari juga memakai tanda penghubung atau karakter tanda baca lainnya. Tetap lah fokus pada penggunaan huruf-huruf dalam alpabet dari A sampai Z, sebab sistem algoritme yang dipakai oleh search engine masih mengacu pada itu kalau terlalu kreatif menggunakan karakter lain, akan mempersulit nama bisnis tokomu dalam pencarian google.

5. Gunakan Akal Sehat

Ada saatnya pemilik bisnis toko memilih nama yang tidak punya makna kemungkinan mereka ingin tampil beda. Ingat lah bahwa nama-nama perusahaan yang unik sekalipun selalu punya nama. Misalnya yahoo dan google, yang namanya sangat merepresentasikan bisnis mereka. Lalu ada yang memakai setandar pemberian nama konvensional seperti noparcis dan apentis, berasal dari bahasa latin dan punya makna kusus. Nama-nama tanpa makna akan sangat beresiko. Selalu periksa bagaimana kira-kira nama pilihan mu akan punya efek di level internasional . Cek apa arti nama bisnis mu dalam berbagai bahasa.

6. Mengandung Petunjuk

Usaha untuk memilih nama yang mengandung informasi tentang bidang bisnismu. Contoh paling jelas adalah traveloka, yang sangat transparan bahwa mereka di bidang travel. Nama garuda memberi deskripsi jelas tentang penerbangan, mengingat garuda nama burung

 

7. Pastikan Nama Masih Tersedia

Bisnis online akan membutuhkan nama domain untuk web perusahan. ini berarti, dan begitu banyak nama bisnis berseliweran di sentro dunia,dan bukan tak mungkin ada persamaan

Kamu memilih nama yang sudah di pakai orang lain akan sulit mendapatkan domain web nya. periksa apakah sudah ada pihak lain daftarkan nama mu. Yang paling simple adalah dengan cara mengetik kan nya di google

8. Pakai Akhiran yang Populer

Apabila domain nama mu sudah di pakai pihak lain, carilah alternatif baru. Misalnya sudah ada yang memakai nama vantasiku com, maka hindari untuk memilih akhiran lain seperti vantasiku.net atau vantasi.or.id. Cari nama lain yang benar-benar masih original dan sellalu pakai sufiks atau akhiran yang populer yaitu.com kalau perlu, ambil semua jenis akhiran domai yang ada untuk nama bisnis mu.

9. Jangan Membatasi Bisnis mu

Hindari pemilihan nama yang membuat sulit memperluas bidang bisnis atau lini bisnis. Ini berarti jangan memakai nama yang bermakna suatu lokasi geografi atau kategori misalnya, nama jakartaria yang akan membuat orang beranggapan bahwa bisnis mu hanya ada di kota Jakarta saja. Ketika kamu mengembangkan bisnis ke luar jakarta ,orang akan bingung

10. Meminta Opini Pihak Lain

Sebagai esperimen penggunaan nama bisnis, kamu bisa meminta opini pihak lain. Bisa pelanggan, calon pelanggan, atau investor tanyakan apa opini dan kesan yang mereka dapat ketika mendengar nama bisnis mu. Jangan meminta pendapat ke kalangan keluarga atau teman dekat, sebab penilaian mereka bisa jadi tidak objektif.

 

Demikian tips-tips dari kami Selamat mencoba mendapatkan nama yang terbaik, semoga sukses.

Sumber :  Usaha Bisnis on February 8, 2017 in Peluang Usaha 2016, Peluang Usaha 2017, Tips Peluang Usaha, UKM