4 Cara Efektif Meningkatkan Efisiensi Workflow Gudang

Meningkatkan produktivitas atau efisiensi gudang adalah prioritas utama bagi jajaran manajemen. Tapi apa metode yang paling efektif untuk meningkatkan produktivitas gudang? Dengan begitu banyak variabel seperti tenaga kerja, beban kerja, penjadwalan, dan vendor pihak ketiga (yang sulit untuk dikontrol), tentu hal tersebut membuat kita kesulitan untuk fokus pada bagaimana membuat gudang kita tetap efisien.

Sekarang kita tahu bahwa gudang dan distribusi adalah hal yang membingungkan dan Anda memerlukan keahlian untuk menjalankan operasiona gudang. Sangat penting bagi perusahaan untuk memperbarui pengetahuannya dan belajar hal-hal baru tentang dunia logistik. Berikut ini adalah bagaimana cara membuat gudang lebih efisien & produktif:

#Mengurangi biaya transportasi

Setiap tahun biaya operasional semakin meningkat, begitu juga dengan biaya transportasi. Menekan biaya sangat penting agar Anda bisa berhemat dan mengiventasikannya pada sektor lain.

Hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Bereksperimen dengan kemasan yang lebih kecil.
  • Investasi pada kendaraan yang hemat bahan bakar.
  • Memaksimalkan cara pengemasan agar seefisien mungkin.
  • Membuat strategi dan rute pengiriman yang lebih baik.

Saran diatas tentu tidak semuanya bisa dipakai, sebaiknya analisa dimana kelemahan dari gudang Anda baru selanjutnya Anda bisa merencanakan tipe pergudangan seperti apa yang akan terapkan untuk usaha Anda.

#Memaksimalkan penataan gudang

Ini merupakan masalah yang sering dihadapi bagi para pemilik gudang tapi banyak manajer gudang yang tidak tau harus melakukan apa.

Dengan mengatur kembali penggunaan ruang pada gudang, bisa saja membuat Anda menghemat banyak uang. Apalagi saat Anda membiarkan dead stock yang Anda biarkan begitu saja di gudang Anda. Memaksimalkan ruang pada gudang tidak hanya sekedar menempatkan stock di tempat yang tepat dan memperpendek jarak untuk pengembalian, tetapi juga mengatur stok yang cepat laku dan stok yang tidak, sesuai pada tempatnya.

Produk yang sedang popular saat ini belum tentu sama dengan yang nantinya akan populer di 3 bulan mendatang. Dengan  memiliki pencatatan yang baik dari gudang, Anda bisa menempatkan setiap produk dengan tepat. Dalam hal penataan sebuah gudang, cara pemilihan rak gudang dengan tepat sangat mempengaruhi efisiensi gudang pemyimpanan Anda.

#Penggunaan teknologi

Sistem manajemen pergudangan tidak hanya bisa meningkatkan efisiensi gudang, Sistem manjemen pergudangan juga bisa membantu komunikasi antara departemen yang berbeda. Komunikasi yang baik antar departemen adalah sangat penting agar proses supply chain bisa berjalan dengan semestinya. Jika Anda belum menggunakan teknologi secara online, saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai dan menggunakannya.

#Memaksimalkan produktivitas pekerja

Ini adalah hal yang paling signifikan dalam upaya meningkatkan efektifitas gudang. Kenapa? Karena tenaga kerja menjadi salah satu penyumbang biaya terbesar dalam pengoperasian gudang. Jadi sangat penting bagi para manajemen untuk memaksimalkan produktivitas para pekerjanya.