5 TIPS PENCAHAYAAN UNTUK DESAIN TOKO RITEL

5 TIPS PENCAHAYAAN UNTUK DESAIN TOKO RITEL

Lampu serta pencahaan akan mempengaruhi pelanggan bahkan lebih dari yang dapat Anda perkirakan. Menurut para perancang tata lampu, rak toko ritel lebih membutuhkan lampu yang dapat disesuaikan untuk menciptakan lingkungan belanja yang menarik bagi pelanggan. Berikut 5 tips untuk pencahayaan toko ritel yang dapat Anda terapkan!

1. Menggunakan CRI untuk menyoroti warna produk

Ada banyak elemen yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain cahaya untuk gerai ritel, tetapi salah satu yang paling penting untuk diingat adalah bahwa cahaya dapat mengubah warna suatu produk di lingkungan toko. Warna lampu berhubungan dengan indeks CRI (Color Rendering Index). Beberapa desainer menyatakan bahwa bola lampu CRI tinggi (CRI lebih tinggi dari 89) dapat menunjukkan produk di toko dengan warna yang sama seperti yang muncul di mata pelanggan. Namun, ada banyak perdebatan di industri lighting tentang kekurangan indeks CRI – tentang kemampuannya untuk mengukur kualitas warna. Kesimpulan yang dikeluarkan dari argumen ini adalah bahwa tergantung pada produk yang dijual toko, ada kemungkinan cara untuk menentukan CRI yang sesuai. Misalnya, jika bisnisnya kosmetik, nada hangat (CRI lebih rendah dari 80) adalah pilihan terbaik, sedangkan jika toko menjual gadget berteknologi tinggi seperti smartphone, speaker, televisi, CRI yang lebih dari 90 akan lebih sesuai.

2. Warna cahaya menentukan suasana hati pelanggan

Correlated Color Temperature (CCT) adalah indikator penting ketika merancang pencahayaan untuk sebuah toko. Ini didefinisikan oleh rentang derajat Kelvin dari 2700K (sedikit kuning) hingga 6500K (sedikit biru). Suasana ruang terutama yang dipengaruhi warna cahaya dapat menentukan suasana hati pembeli.

Memilih Temparatur Warna yang Tepat Terkait CCT Lampu Led

• Hangat (Kelvin Rendah) – mulai 2700K hingga 3000K – menghadirkan suasana nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu, suhu warna ini digunakan untuk tempat-tempat yang digunakan oleh keluarga atau kelas atas.

• Cool (Kevin Tinggi) – mulai 4000K hingga 6500K – lebih modern, sehingga cocok untuk generasi muda.

Misalnya, ruang pamer furnitur membutuhkan lampu LED dengan suhu warna sekitar 2700K karena akan memberikan perasaan hangat dan mewah. Selain itu, toko-toko yang menjual peralatan elektronik di rak toko mereka, suhu warna lebih dari 4000 ribu adalah pilihan yang tepat untuk menghadirkan ruang yang modern dan tajam bagi pengalaman pelanggan. Secara keseluruhan, suhu warna tergantung pada konsep apa yang ingin dibentuk oleh pemilik toko ritel. Dari sana, desainer akan menggunakan LED dengan suhu warna yang sesuai.

3. Menggunakan cahaya dengan bijak

Saat mempertimbangkan desain toko, showroom, ada kebutuhan untuk mempertimbangkan penggunaan cahaya di bawah fitur ruang: tidak semua area membutuhkan cahaya yang sama. Misalnya, dengan toko-toko fashion, pencahayaan di area tampilan rak display harus berbeda dari pencahayaan di showroom.

Lampu Led Dan Warna

Jika Anda menjual produk promo area tersebut akan membutuhkan lebih banyak cahaya daripada area lainnya. Sebaliknya, jika produk pakaian di rak toko sebagian besar berwarna gelap, Anda harus menyesuaikan area tampilan agar lebih terang. Cahaya aksen adalah metode pencahayaan yang sempurna untuk kasus ini.

4. Layering light

Menambahkan lapisan cahaya ke ruang Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan perhatian visual pelanggan Anda lebih lanjut. Biasanya, area ini diterangi oleh lampu langit-langit, tetapi lampu langit-langit tidak cukup untuk toko dan ruang pamer. Anda perlu membuat lebih dari satu lapisan cahaya dengan sorotan yang diperluas, misalnya dengan menggunakan lampu sorot.

Layering Dengan Jenis Cahaya Yang Berbeda

Mirip dengan desain pencahayaan rumah, pencahayaan komersial juga membutuhkan pencahayaan aksen, pencahayaan khusus, dan pencahayaan umum yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Kombinasi harmonis dari ketiga jenis ini akan memberikan ruang penjualan yang valid, fleksibel seperti yang Anda harapkan.

5. Mengontrol cahaya untuk outlet ritel dan ruang pamer

Kami ingin menyebutkan dimmer yang mengatur kecerahan dan luminer penerangan modern dengan kecerahan kendali jarak jauh. Sekarang dengan kemajuan teknologi, banyak jenis lampu daya tinggi menggunakan remote yang disertakan untuk mengendalikan strategi pencahayaan dan membantu menghemat energi sambil menyesuaikan warna cahaya agar sesuai dengan perubahan produk tampilan. Lebih penting lagi, remote control untuk setiap lampu dapat membantu pemilik toko memisahkan cahaya masing-masing area dengan sangat aman dan nyaman.

Dengan 5 tips ini dan bantuan dari berbagai jenis lampu led berkisar dari pencahayaan aksen ke pencahayaan umum akan membuat desain pencahayaan yang cocok untuk pelanggan Anda.

Sumber : 5 Lighting Tips For Designing Retail http://winled.com/en/blog/article/5-LIGHTING-TIPS-FOR-DESIGNING-RETAIL-%28PART-1%29