7 Jenis Promosi Penjualan Untuk Ritel • Sentra Rak

7 Jenis Promosi Penjualan Untuk Ritel (dan Cara Menerapkannya)

Jenis Promosi penjualan dapat menghasilkan keuntungan besar bagi Anda, tetapi menjalankannya dengan sukses bukan hanya tentang memasang tanda JUAL di toko Anda.

  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu mempertimbangkan jenis promosi yang ditawarkan serta cara melaksanakannya.
  • Dari persentase diskon dan “diskon dolar” hingga BOGO dan pengiriman gratis, ada beberapa jenis promosi yang bisa Anda coba.
  • Posting ini menunjukkan kepada Anda bagaimana mencari tahu promo apa yang akan dijalankan dan bagaimana menjalankannya

Promosi hampir selalu menjadi bagian dari pemasaran dan penjualan ritel, dan promosi dapat mendorong penjualan dan membantu Anda mengelola stok produk.

Namun menjalankan promo tidak sesederhana memangkas harga atau memasang tanda “OBRAL” di rak toko Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu mempertimbangkan jenis promosi yang ditawarkan serta cara melaksanakannya.

Dan itulah yang akan kita bicarakan di artikel ini. Kami menjelaskan seluk beluk promo dan mencantumkan jenis promosi penjualan yang paling umum di ritel bersama dengan beberapa tips berguna untuk membantu Anda menerapkannya dengan benar.

Apa itu promosi penjualan?

Promosi penjualan adalah taktik pemasaran yang digunakan oleh pengecer untuk mendorong penjualan. Hal ini melibatkan penawaran kepada pembeli, kesepakatan yang memungkinkan mereka membeli produk dengan harga lebih rendah (mis., Diskon ) ATAU mendapatkan nilai lebih dari penjualan (mis., Beli Satu Dapat Satu Gratis).

Jenis Promosi Penjualan Ritel

Jenis promosi penjualan apa yang paling cocok untuk toko Anda? Untuk membantu Anda menjawabnya, berikut adalah ikhtisar dari berbagai jenis promo di retail, dan bagaimana performanya biasanya.

#1. Persentase Diskon

Persentase diskon (misalnya “diskon 20%” atau “diskon 50%”) adalah salah satu jenis promosi yang paling populer – dan efektif -.

Mengenai cara menerapkan penawaran ini, persentase diskon di seluruh toko biasanya bekerja paling baik. Persentase diskon menghasilkan salah satu konversi tertinggi untuk promosi diskon.

Misalnya, diskon 5% di seluruh toko, dengan sedikit pengecualian, akan menarik lebih banyak perhatian dan menghasilkan lebih banyak penjualan daripada bahkan diskon 60%, opsi terbaik berikutnya.

Penjualan persentase diskon juga cukup mudah untuk menguji laba. Jika angka laba bersih tidak memiliki diskon 20%, maka pindahkan ke diskon 15% dan ini masih menjual lebih banyak daripada jika  menawarkan jumlah tetap, seperti “diskon Rp 25.000,-“. Anehnya, bahkan jika “diskon Rp 25.000,-” memiliki penghematan yang lebih besar setelah melakukan penghitungan, promosi persen cenderung menghasilkan konversi yang lebih baik. “

https://www.sentrarak.com/jual-rak-minimarket/rak-minimarket-sr/

#2. Potongan Harga

Alternatif untuk penawaran “diskon persen”, promosi ini melibatkan potongan harga barang dengan jumlah uang yang tetap (misalnya, diskon Rp 5.000 atau diskon Rp 25.000).

Sulit untuk mengetahui apakah penawaran ini lebih baik daripada persentase diskon, karena studi dan tes menunjukkan hasil yang beragam.

Persentase diskon biasanya mengungguli transaksi dalam jumlah uang. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa kupon Rp 50.000 mengalahkan promo diskon 15%. Hal ini memberi tahu kita bahwa jawaban yang “benar” bergantung pada poin harga Anda, pelanggan, dan nilai yang dirasakan dari penawaran Anda. Yang penting bagi pelanggan Anda adalah kesan awal mereka tentang apa yang terdengar bagus.

Katakanlah produk Anda cukup murah, seperti barang yang dijual seharga Rp 2.500. Saya memperkirakan bahwa tawaran diskon 40% akan jauh lebih baik daripada tawaran diskon Rp 1.000, meskipun nilai sebenarnya dari kedua tawaran itu setara.

Untuk produk yang lebih mahal, mungkin sebuah peralatan olahraga yang biasanya dijual seharga Rp 3.500.000, saya memperkirakan bahwa penawaran diskon Rp 500.000 akan lebih baik daripada penawaran diskon 15% – meskipun penawaran 15% sebenarnya sedikit lebih baik. Tawaran Rp 500.000 terdengar seperti sejumlah besar uang. Dan bagi kebanyakan orang, menghitung 15% dari Rp 3.500.000 mungkin tampak terlalu merepotkan.

Jika Anda bingung memilih antara persentase atau diskon jumlah dolar, kami sarankan Anda menghitung DAN melihat promosi Anda dari sudut pandang psikologis sehingga Anda dapat menemukan jenis terbaik untuk diterapkan.

#3. BOGO Buy One Get One

Buy One Get One (BOGO) adalah produk umum lainnya. Promosi ini dapat diterapkan dengan dua cara: Ada beli satu gratis satu (BOGO-free) atau beli satu dapat diskon % untuk item kedua (BOGO-half-off).

BOGO biasanya digunakan untuk menghabiskan stok barang, jadi jika Anda memiliki banyak stok yang ingin Anda habiskan, promosi ini bisa menjadi opsi yang baik.

Tipe BOGO-half-off punya tingkat konfersi penjualan lebih rendah daripada BOGO-free, karena pelanggan mencari item yang lebih murah untuk pasangan BOGO

#4. Beli Banyak

Promosi “beli banyak lebih murah” adalah opsi bagus lainnya jika Anda ingin menghabiskan stok barang Anda. Tetapi keberhasilan beli-banyak sangat bergantung pada jenis produk yang Anda jual.

Ketika mempertimbangkan promosi kelipatan, pertama-tama pertimbangkan apakah produk tersebut biasanya digunakan sebagai satu set atau merupakan komoditas yang mendekati. Misalnya, “Beli 2 Gratis 1 Botol Minuman Ringan” akan berhasil, namun “Beli 2 Gratis Satu Perabotan” Tidak akan banyak berguna

Contoh bagus dari aksi multi-beli berasal dari Beloved Shirts. Pada email di bawah, Anda akan melihat bahwa mereka menjalankan dua jenis penawaran: “Beli 2 dan dapatkan diskon 1 50%” dan “Beli 3 untuk mendapatkan 1 item gratis”.

#5. Promosi Multi-Hemat dan Promosi Bersyarat

Promosi multi-hemat termasuk penawaran seperti:

  • Beli dan hemat seluruh penjualan.
  • Beli dan hemat item tertentu
  • Beli dan bayar dengan harga tetap.

Promosi bersyarat, di sisi lain, meliputi:

  • Beli dan dapatkan satu atau lebih item secara gratis atau dengan diskon.
  • Beli dan dapatkan loyalitas.

Jenis promosi ini mendorong pembeli untuk melihat lebih banyak produk, dibandingkan hanya melihat apa yang sedang dipromosikan.

#6. Gratis Pengiriman

Jika Anda menjalankan situs e-niaga (dan Anda memang harus melakukannya), pengiriman gratis mungkin merupakan promo yang bagus untuk Anda. Bagi Anda pemilik toko offline, layanan Antar gratis dapat menjadi pilihan promosi tepat untuk saat ini.

Pengiriman gratis dapat diterapkan dengan membuat kebijakan minimal pembelian atau untuk item tertentu yang menyulitkan pelanggan untuk membawanya ke rumah.

#7. Gratis Coba sebelum Beli

Jenis Promosi Penjualan ini menjadi semakin populer di kalangan pedagang e-niaga. Penjual online tahu bahwa penghalang # 1 untuk konversi adalah kenyataan bahwa orang tidak dapat menyentuh dan merasakan produk sebelum membeli. Untuk mengatasi hal ini, semakin banyak pengecer e-niaga yang menerapkan inisiatif “coba sebelum Anda membeli”.

Cobalah sebelum Anda membeli persis seperti apa kedengarannya. Ini memungkinkan pelanggan mengirimkan produk ke rumah mereka (biasanya mereka hanya membayar biaya pengiriman) sehingga mereka mencoba atau melihat produk tersebut beraksi. Pembeli diberi masa uji coba tertentu (mulai dari beberapa minggu hingga satu bulan) dan jika mereka tidak mengembalikan item tersebut kembali ke penjual, mereka akan ditagih dengan jumlah penuh.

Jika Anda pengecer online, mencoba sebelum membeli bisa menjadi usaha yang bermanfaat. Ya, tawaran itu memang mengandung risiko. Ada kemungkinan terlalu banyak orang yang mengembalikan produk dan Anda terjebak dengan barang dagangan bekas yang tidak dapat Anda jual. Itulah mengapa penawaran ini paling baik digunakan pada produk yang memiliki peringkat kepuasan yang sangat tinggi. Jika pelanggan benar-benar senang dengan barang dagangan Anda, kemungkinan besar mereka akan menyimpannya.

Sumber : 7 Types of Sales Promotions in Retail (and How to Implement Them). Francesca Nicasio. September 9, 2019

NEXT

Bagaimana cara memutuskan promosi yang tepat

Bagaimana cara meningkatkan kinerja promosi penjualan Anda



Isi Nama, Email, dan No. HP Aktif Anda dan kami pastikan Anda akan Chat langsung ke marketing kami dengan pelayanan terbaik.