8 Cara Mudah Menata Barang Di Gudang Sempit

Gudang Lebih Rapi dengan Rak Susun Siku (Slotted Angel)

Ruang penyimpanan stok / gudang kadang kala menjadi masalah bagi toko atau rumah mungil yang memiliki lahan sempit. Sering kali kita hanya punya space ruangan dengan ukuran panjang 1-3 meter saja. Sehingga dalam pemilihan dan desain ruangan untuk gudang perlu kita siasati.

Berikut beberapa cara mudah menata barang di gudang sempit :

  • Pemilihan Ruang.

Ruang untuk gudang sebaiknya berada di belakang area toko atau belakang rumah yang memiliki akses mudah untuk sirkulasi barang. Hindari menempatkan gudang di lantai atas karena akan sulit untuk sirkulasi barang yang keluar dan masuk.

Lahan yang sempit dan ruang gudang dengan dimensi luas yang kecil dapat kita siasati dengan menambah tinggi ruang penyimpanan, yaitu menggunakan rak besi slotted angel yang mampu menahan beban hingga 240 kg / ambalan raknya.

Ukuran tiap-tiap ambalannya Rak slotted angel mampu disesuaikan dengan ukuran barang yang kita simpan, dengan desain knock down yang mudah dibongkar pasang sehingga lebih praktis.

  • Klasifikasi barang

kita harus memilah-milah barang sesuai jenis atau klasifikasi tertentu misalnya apakah barang tersebut apakah akan sering dipakai atau sangat jarang sekali dipakai.

Selain itu kita kelompokkan barang menurut jenisnya, misalnya barang tersebut berupa peralatan tukang maka dikumpulkan bersama peralatan tukang yang lain

  • Labeling

Labeling maksudnya adalah jika kita memasukkan barang-barang ke dalam kardus kita tulis apa saja isi kardus tersebut pada kertas label dan ditempelkan di luar kardus. Ini sangat penting agar jika suatu saat kita membutuhkan suatu barang kita tidak mengalami kesulitan dalam menemukannya.

Dalam dunia bisnis ritel, kita mengenal sistem labeling ini dengan istilah SKU (Stock Keeping Unit), kode unik yang berupa deretan angka dan huruf yang berisi informasi unik tentang sebuah produk yang dibuat oleh toko ritel untuk mengidentifikasi harga, pilihan produk, dan produsen barang dagangan. SKU digunakan untuk melacak inventaris di toko

Agar penyimpanan barang bisa lebih rapi dan tidak terlalu memakan tempat kita dapat memasukkan barang-barang ke dalam kardus yang telah diberi label tersebut dan menyusunnya di atas  rak besi siku.