8 Cara Mudah Menata Barang Di Gudang Sempit

  • Cara menaruh barang

Jika Anda ingin meletakkan barang-barang sebaiknya Anda meletakkan barang pada rak susun yang terbuat dari besi yang kokoh. Selain tumpukannya akan lebih aman dari resiko ambruk dan rusak karena tertumpuk-tumpuk, anda dapat menghemat ruang karena barang dapat tersusun secara vertikal dengan ketinggian yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruang, tidak lagi berdasarkan kekuatan barang palng bawah yang menjadi tumpuan.

Dalam penyimpanan barang dagangan harus diperhatikan mana barang yang lebih dulu masuk dan barang yang lebih dulu harus keluar. uraian mengenai teknis flow barang telah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu Sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan. Barang yang akan keluar terlebih dahulu diletakkan pada area yang mudah dijangkau.

enyimpan barang dalam rak akan mempermudah Anda dalam mencari barang yang nantinya mungkin akan dibutuhkan kembali. Selain itu barang akan terlihat lebih rapi. Selain itu, rak slotted angel dapat dibongkar pasang dan disesuaikan dengan ukuran barang yang akan kita simpan, karena rak susun ini tidak menggunakan baut dalam aplikasinya.

  • Ventilasi udara / Exhaust

Buatlah jendela pada ruang gudang dan bukalah jendela gudang maksimal 3 hari sekali. Hal ini bertujuan agar udara digudang tidak pengap dan lembab sehingga dapat mengakibatkan barang-barang dalam gudang menjadi basah dan rusak karena rentan dengan hadirnya jamur.

  • Menggunakan Rak Gudang Serbaguna

Dalam memilih rak gudang besi siku yang digunakan kita harus memperhatikan ukuran rak yang lebar dan tingginya disesuaikan dengan ukuran ruangan. Kita juga harus memilih rak yang kuat dan kokoh baik agar mampu menopang beban yang berat. Sentra Rak menyediakan rak gudang serbaguna yang mampu menahan beban hingga 240 kg / ambalan, dengan kualitas standart internasional sehingga tidak diragukan lagi detail produk yang halus, presisi, dan tahan lama.

Selain itu, rak slotted angel dapat dibongkar pasang dan disesuaikan dengan ukuran barang yang akan kita simpan, karena rak susun ini tidak menggunakan baut dalam aplikasinya.

  • Perhatikan Intensif Pemakaian

Perhatikan intensitas pemakaian barang-barang yang  akan Anda masukkan dalam gudang. Jika barang itu akan digunakan dalam  waktu dekat atau bahkan masih sering digunakan, seperti alat-alat elektronik atau perlengkapan tools lainnya seperti obeng, paku, palu dan sebagainya, sebaiknya barang digantung pada rak gantung di sisi dinding atau belakang pintu, sehingga mudah untuk ditemukan.

Anda dapat membuat rak gantung sederhana dan kokoh dengan menggunakan perforated panel dan hook dari Sentra Rak.

Dalam penyimpanan barang dagangan harus diperhatikan mana barang yang lebih dulu masuk dan barang yang lebih dulu harus keluar. uraian mengenai teknis flow barang telah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu Sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan.

  • Kebersihan

Meskipun gudang jarang terjangkau oleh anggota keluarga namun  harus tetap dijaga agar tidak lembab, dan harus secara berkala dicek apakah ada kebocoran, sarang tikus, kecoa, atau liang rayap. Anda harus membersihkan secara rutin, seperti menyapunya atau mengecek apakah ada tikus dan rayap didalam gudang yang tentu saja dapat merusak barang-barang Anda.

 

 

 

Sumber : www.rumahmaterial.com; www.peluangproperti.com

Gambar : https://id.pinterest.com/pin/556898310147869509/?lp=true