8 ciri-ciri rak toko minimarket berkualitas

Bagaimana memilih rak toko minimarket / rak gondola yang memiliki kualitas baik?

Saat ini di pasaran banyak ditawarkan berbagai produk rak minimarket dengan desain dan harga yang bervariasi. Sejalan dengan persaingan bisnis rak gondola minimarket, supplier berlomba untuk menjual produk mereka dengan berbagai kelebihan. Namun, anda harus jeli dan teliti dalam menimbang dan memilih rak yang berkualitas baik, sehingga dana yang anda alokasikan untuk mendirikan toko/minimarket lebih efisien. Beberapa kriteria rak toko minimarket yang memiliki spesifikasi kualitas baik antara lain kokoh, kuat, stabil, pengecatan dengan powder coating, bahan plat besi berkualitas, mudah dipasang, finishing bagus, serta sistem distribusi yang baik. Berikut kami uraikan ciri-ciri rak berkualitas baik :

  1. Kokoh

Rak yang berkualitas baik, harus memiliki syarat “kokoh”, kuat terpancang pada tempatnya. Hal ini sangat penting, mengingat rak gondola minimarket merupakan rak yang mendapat perlakuan berbagai macam dari konsumen. Rak yang kokoh tidak mudah roboh saat tersenggol konsumen saat mengambil barang, atau kemungkinan terhantam troli barang. Rak yang kokoh dapat diperoleh jika masing-masing komponen dibuat dengan presisi tinggi, sehingga mudah disusun kembali dengan sambungan tiap bagian nampak ” pas”.

  1. Kuat

Kekuatan rak gondola ditopang oleh ketebalan plat pada masing-masing komponen sesuai dengan tumpuan beban. Tidak semua bagian palt dalam rak gondola memiliki ketebalan plat yang sama. Sebagai contoh, pada bagian base foot, tiang penyangga dan braket dibuat dari plat besi yang lebih tebal. Berdasarkan kekuatan menahan beban, rak gondola terbagi menjadi dua, yaitu rak gondola light duty adalah rak gondola yang hanya mampu menopang beban ringan,  dan rak gondola heavy duty adalah rak gondola untuk menopang beban berat.

  1. Stabil

Selain rak yang kuat dan kokoh, rak gondola juga harus stabil agar pada saat digeser / dipindahkan tidak mudah goyang, mengingat rak gondola merupakan rak yang didesain knock down, sehingga rawan akan goyang pada sambungan-sambungannya karena sering digeser-geser. Rak dengan kualitas baik akan sangat presisi pada tiap sambungannya.

  1. Pengecatan powder coating

Sistem pengecatan powder coating adalah pengecatan dengan menggunakan bahan serbuk cat bermuatan elektrik. Serbuk ini disemprotkan ke dalam lapisan besi yang telah benar-benar bersih (tanpa kontaminasi) menggunakan penyemprot elektrik dengan sistem semprot wrap around effect dalam ruangan khusus sehingga kelebihannya mampu menjangkau bagian yang terlindungi, serta lapisan serbuk memiliki ketebalan sama dan merata. Besi yang telah dilapisi serbuk cat tersebut kemudian masuk ke dalam ruang oven dengan suhu 180-220oC selama kurang lebih 45 menit sehingga menghasilkan lapisan cat yang keras dan melekat kuat pada besi. Proses ini lebih efisien dibandingkan dengan pengecatan spraying.

  1. Bahan plat besi berkualitas

Kualitas plat besi yang baik secara umum telah memenuhi Standart Nasional Indonesia (SNI) Nomor SNI 07-0601-2006 yang telah ditetapkan oleh Badan Standartisasi Nasional (BSN). Ciri umum yang mudah dilakukan pengujian adalah perbandingan panjang lebar dan ketebalan plat, serta tampilan palt yang tidak terdapat cacat/luka, serta tidak terkontaminasi kotoran (fisik/kimia) yang akan merusak mutu besi. Pada proses pengecatan dengan powder coating diatas, mutu besi yang baik akan membuat pengencatan lebih efisien, karena tahap awal pembersihan plat besi tidak membutuhkan penanganan ekstra. Apabila terdapat kontaminasi, maka proses pembersihan ini dilakukan dengan beberapa tahap mulai dengan pencucian menggunakan bahan kimia hingga pencucian secara mekanik. Supplier yang anda pilih sebaiknya menggunakan standart tinggi mengenai hal ini. Membeli rak bekas/rekondisi, berarti anda tidak dapat memastikan bahwa plat besi yang digunakan masih dalam kondisi “baik”.

  1. Mudah dipasang

Rak gondola minimarket yang dibuat dengan alat canggih dan dengan perhitungan presisi tinggi akan semakin mudah pada proses knock down (bongkar pasang) karena setiap bagiannya dapat tersembung sempurna dengan mudah, sehingga rak yang telah berhasil disusun oleh orang awam sekalipun tidak mudah goyang, tetapi akan berdiri kokoh.

  1. Finishing detail dan rapi

Proses finishing yang rapi akan menunjukkan standart Quality Control (QC) yang baik dari supplier rak gondola minimarket. Kualitas produk yang baik dengan finishing yang detail akan “berbeda” secara visual bila dibandingkan dengan produk tanpa proses QC yang memungkinkan anda akan memperoleh kualitas barang yang berbeda disetiap pengirimannya.

  1. Sistem distribusi yang baik

Sistem distribusi akan mempengaruhi bagaimana kualitas rak yang baik akan tetap baik saat sampai di lokasi toko minimarket anda. Distribusi ini meliputi bagiamana rak tersebut dikemas, bagaimana proses packing dengan menggunakan bahan “pengaman”, serta bagaimana rak toko minimarket tersebut diangkut dan dipindahkan. Pastikan semua proses ini berlangsung dengan baik oleh supplier yang anda pilih.

Demikian kami uraikan beberapa ciri-ciri rak toko  minimarket yang memiliki kualitas baik. diharapkan dengan artikel ini, modal anda akan terkelola lebih efektif dengan jeli memilih supplier yang berkualitas.