9 Cara Cerdas Meningkatkan Penjualan Toko Kelontong Modern

Persaingan toko kelontong terhadap minimarket, supermarket, dan juga toko online semakin kuat. Dalam  mengikuti persaingan tersebut kita harus dapat berfikir dan bertindak secara cerdas untuk memperoleh simpati dan perhatian dari calon konsumen baik secara langsung maupun melalui media. Dibutuhkan tindakan yang lain dari yang lain, atau istilah tenarnya out of the box.

  • Tren belanja masyarakat modern

Tak hanya melulu pada fasilitas dan juga pelayanan yang diberikan, kemajuan teknologi dan informasi juga sangat berperan dalam perkembangan usaha toko swalayan modern / toko online. Masyarakat modern sangat dipengaruhi oleh informasi yang dapat mereka peroleh setiap saat secara mudah melalui media gadget dengan berbagai kelebihan teknologi terbarunya.

Kombinasi antara popularitas belanja online dan adanya fasilitas pesan antar, dimana konsumen dimanjakan dengan kemudahan berbelanja tanpa harus pergi kemana-mana, tentu menjadi salah satu faktor pesatnya perkembangan toko-roko modern.

  • Apa saja kekuatan tersembunyi toko kelontong?

Dibalik semua kemudahan yang ditawarkan oleh minimarket, supermarket dan toko online modern, bisnis toko kelontong masih memiliki keunggulan dan karakter khasnya yang tidak dapat diperoleh dari minimarket, supermarket, maupun toko online.

Beberapa hal yang sangat identik dan menjadi daya tarik dari toko kelontong antara lain :

  • lokasinya sangat dekat dengan rumah,
  • menjual barang-barang dagangan dalam kemasan kecil yang dapat dibeli eceran,
  • dapat beramah tamah dengan penjual,
  • sebagai tempat mencari teman ngobrol sambil ngemil disaat ada waktu senggang,
  • dapat berhutang sementara waktu (*sengaja di coret, tentu hal ini perlu dihindari 🙂  )

sehingga dengan mengoptimalkan kelebihan tersebut, serta memadukan dan memanfaatkan tren masyarakat modern, bisnis toko kelontong masih sangat menjanjikan keuntungan yang besar.

9 Cara Cerdas Bersaing Pada Bisnis Toko Kelontong Modern

Untuk dapat bersaing dan berhasil pada segmen bisnis ritel yang sangat kompetitif,  toko harus nyaman. Ini berarti lokasi bisnis mudah diakses, sangat terlihat, menyediakan produk-produk popular, bersih, cepat dan juga ramah. Selain itu, pastikan produk-produk populerdan juga kebutuhan sehari-hari selalu ready. Ingat, jika pengalaman belanja pelanggan di toko tidak nyaman maka tidak akan ada bisnis yang berulang.

Beberapa ide yang dapat diterapkan untuk memberikan nilai tambah guna meningkatkan eksistensi toko kelontong anda, antara lain:

  1. Update varian terbaru

Tren masyarakat yang mengatas namakan dirinya modern, memiliki kebiasaan mencari produk-produk yang sedang populer, dan varian baru. Hal ini tentu saja tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Manfaatkan pola tersebut untuk membuat toko kelontong anda selalu diburu untuk mendapatkan update produk varian terbaru.

  1. Tambahan barang yang menarik setiap hari

Menjufloweral barang kebutuhan sehari-hari di rak merupakan hal utama dari kegiatan toko kelontong. Namun bagaimana jika toko kelontong juga menyediakan barang unik lain untuk dijual, misalnya bunga potong yang segar setiap hari, majalah, koran, dll, yang dicari orang setiap hari. Sehingga daya tarik tersebut akan mempertahankan eksistensi toko anda setiap hari secara kontinyu.

  1. Suasana yang terang & Permainan grafis

Bagaimana toko anda dapat dengan mudah terlihat? Jawabannya tentu saja toko kelontong anda harusgrafis light terang! Jauh lebih terang daripada lingkungan sekitarnya. Seperti anda lihat pada alfamart, indomaret, atau supermarket yang lain, mereka selalu menggunakan lampu yang super terang untuk membuat tokonya terlihat.

images

Permainan grafis yang menarik, juga sangat efektif untuk menarik perhatian konsumen. Seperti halnya café/ toko-toko unik di tepi jalan negara maju, mereka tidak membutuhkan space besar untuk tokonya, tetapi memanfaatkan aplikasi psikologi warna dan grafis yang menarik pada desain muka toko mereka. Selain itu anda juga dapat menggunakan desain rak gondola yang unik sebagai kombinasinya.

  1. Pintu lebih dari satu

Apabila memungkinkan, anda dapat menyiasati jumlah kunjungan di toko kelontong anda dengan membuka lebih dari satu jalur pintu masuk. Hal ini tentu memudahkan konsumen untuk masuk dan toko kelontongmengunjungi toko, tetapi anda juga harus memperhitungkan letak rak gondola, alur, dan juga meja kasir.

  1. One stop store

Walaupun hanya berlabel toko kelontong, konsep one stop store tidak ada salahnya anda terapkan. Kepraktisan
merupakan yang kuat bagi konsumen untuk kembali lagi berbelanja di toko anda. Mereka tidak harus keluar masuk toko yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Anda tidak perlu menyediakan stok barang terlalu banyak, tetapi jenis dan varian barang sebaiknya lengkap, mulai dari kebutuhan bahan makanan, cleaning, house hold, ATK, daily produk, fresh food, dan mainan anak.

  1. Tempat parkir rindang

Tak jarang kita mendengar keluhan dari konsumen tentang lahan parkir yang tidak tersedia, panas, tidak aman, atau bahkan berbayar sebagai alasan untuk tidak mengunjungi sebuah toko. Hal ini tentu menjadi celah bagi kita untuk menyediakan lahan parkir yang nyaman, aman, dan rindang untuk menarik konsumen berbelanja di toko kita. Bahkan kita dapat memberikan layanan jaminan parkir gratis kepada setiap pelanggan yang datang.

  1. Spot center (idea of the day)

ojek-2gulangyu_storeBeberapa waktu lalu beredar foto-foto yang viral di media sosial tentang sebuah pangkalan ojek yang memajang kata-kata mutiara unik yang ter-update setiap hari. Menarik bukan? Tentulah spot menarik ini akan membuat orang yang lewat menyempatkan diri untuk menoleh dan membaca “keisengan” para tukang ojek. Bagaimana jika kita menerapkan hal serupa pada toko kelontong kita?

  1. Pelayanan yang unik dan menyenangkan mengunakan “jargon/slogan”

Saat anda memasuki alfamart/indomaret selalu ada salam yang diucapkan oleh pegawai misalnya seperti

“Selamat datang, silahkan berbelanja”

“Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam..Selamat Datang Di AlfaMart/Indomaret”

“Terima Kasih..Silahkan Datang Kembali”

Atau slogan seperti :

“Save Money, Live Better” (Wallmart)

“Belanja Puas, Harga Pas” (Alfamart)

“Mudah & Hemat” (Indomaret

“The Helpful Place” (ACE Hardware)

“Low Prices and More…” (Hypermart)

“Banyak Pilihan, Harga Lebih Murah” (Giant)

“It’s My Circle” (Circle K)

Tentu menjadi sangat menarik jika anda membuat kalimat-kalimat unik untuk menyambut pelanggan yang datang ke toko anda layaknya supermarket ternama.

  1. Layanan online via sosial media

Anda dapat mengadopsi sistem penjualan online untuk toko kelontong anda, misalnya anda bisa melayani pesan-antar melalui sms/BBM/WA. Hal ini dapat meningkatkan fasilitas dan pelayanan di toko anda.

 

Setelah membaca sembilan ide cerdas diatas, anda dapat menemukan berbagai ide cerdas lainnya dan segera mengaplikasikannya dan mengubah toko kelontong tradisional anda menjadi lebih menarik dan modern. Ingat! Anda harus disiplin  konsisten dengan sistem yang telah anda terapkan. Semoga jumlah pelanggan setia toko kelontong anda semakin meningkat.

 



WhatsApp chat