Bagaimana Menerapkan dan Mengelola Planogram Toko Kelontong / Minimarket

Planogram digunakan sebagai panduan staf toko / minimarket dalam perancangan display barang dagangan. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah tampilan yang menarik bagi pelanggan dan memudahkan pelanggan untuk menemukan, membandingkan dan memilih produk secara efisien, sehingga akan meningkatkan penjualan. Selain itu, planogram memudahkan pemilik toko / manager toko dalam mengelola toko, karena setiap staf dapat membaca planogram untuk bekerja dengan rak dan penataan barang sehingga pemilik toko dapat menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Perusahaan ritel besar dan juga minimarket sekelas Alfamart dan Indomaret, mereka standart desain planogram mereka sendiri yang seragam pada setiap outletnya, sehingga display barang menjadi konsisten dan sama pada tiap tokonya. Toko / minimarket rumahan juga tidak ada salahnya  menggunakan planogram untuk merancang fitur display dengan cepat.

Bagaimana Menerapkan Planogram

Planogram adalah deskripsi visual, diagram atau gambar tata letak toko / minimarket, termasuk penempatan produk dan kategori produk tertentu. Guna mengoptimalkan tata letak rak dan memperoleh benefit yang lebih, planogram harus dikelola dan dijalankan dengan benar oleh staf.

Item yang Akan Dibutuhkan:

Rencanakan banyak waktu untuk membuat planogram baru tanpa gangguan. Sebagian besar toko melakukan perubahan display baru pada saat pagi atau sore hari, yaitu saat lebih sedikit pelanggan berada di toko. Jika akan melakukan desain ulang dan banyak perubahan besar yang terjadi pada dislay, maka pertimbangkan untuk melakukannya saat toko ditutup. Jangan pernah mencoba melakukan pekerjaan ini saat banyak pengunjung, karena selain pelanggan anda akan terganggu, anda juga tidak akan menyelesaikannya dengan cepat.

  1. Kumpulkan perlengkapan pembersih, rak tambahan, hook, papan nama, produk, planogram dan barang lainnya yang diperlukan untuk mulai bekerja.
  2. Setiap penerapan planogram baru harus dimulai dengan pembersihan menyeluruh dari rak gondola dan perlengkapan display lainnya.
  3. Gunakan planogram, mulailah mengatur rak, beserta papan shelving dan hook di lokasi yang diinginkan. Baca semua planogram dari kiri ke kanan.
    • Penataan Rak harus dikerjakan dari bawah ke atas dan kiri ke kanan.
    • Penataan barang di gantungan harus dilakukan dari atas ke bawah dan kiri ke kanan.
  4. Jika perlu, gunakan produk yang sebenarnya (tidak berupa gambar) untuk membantu menentukan jarak yang tepat yang dibutuhkan antara masing-masing sisi hadap.
  5. Setelah planogram diatur, isi setiap ruang dengan produk yang benar. Barang dagangan tambahan harus disimpan di rak gudang, agar tidak terlalu menimbun.
  6. Buat label rak, label harga saat ini, papan nama, dan papan petinjuk (signage) lainnya yang diperlukan untuk bagian yang baru didisplay.
  7. Pastikan semua produk menghadap depan (face produk), dan geser semua produk pada barisan paling depan agar tampak penuh dan rapi. Pastikan pula label sesuai, lurus, dan menghadap ke pelanggan.

Tips untuk Mempertahankan Display Barang Dagangan

  • Lakukan maintenance toko setiap hari agar rak gondola tetap tampil rapi dan terisi penuh.
  • Ganti label atau tanda yang rusak / habis masa berlakunya dengan segera.
  • Susun ulang ruang kosong sesegera mungkin.
  • Menyediakan perlengkapan kebersihan umum untuk menjaga rak display dan produk agar bersih dari debu.

Guna memenuhi kebutuhan rak display toko minimarket anda, Sentra Rak adalah produsen perlengkapan display dan rak minimarket terpercaya, kualitas terbaik dengan harga kompetitif.

 

Disadur dan diterjemahkan dari “How to Implement and Maintain a Retail Store’s Planogram” https://www.thebalance.com Mei 2017