Berbagai macam spesifikasi rak gudang sesuai kebutuhan

Selain rak minimarket, keberadaan rak gudang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha toko ritel modern untuk menjaga kualitas dan ketersediaan stok barang dan juga memudahkan mereka dalam mengatur keluar masuknya barang.  Namun dalam prakteknya tak jarang kita menemukan berbagai kendala, diantaranya ketidak sesuaian kebutuhan rak dengan jenis rak yang kita beli. Rak gudang memiliki kriteria khusus yang memudahkan kita dalam mengatur flow penyimpanan dan pengambilan barang.

Beberapa rak gudang dikelompokkan berdasarkan kemampuan berat beban yang mampu ditopangnya. Rak gudang terdiri dari rak heavy duty, rak medium duty, dan yang biasa digunakan untuk toko kelontong modern dan minimarket  adalah rak Light Duty.

HEAVY DUTY RACKING

Heavy Duty Racking adalah kategori penyimpanan skala besar dengan ukuran hingga 20.000 kg per unit/kolom. Kategori ini menyediakan berbagai macam sistem dan peralatan yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan penyimpanan.

DOUBLE DEEP RACKING SYSTEM

Double Deep Racking System serupa dengan SPR. Perbedaannya adalah sistem ini didesain untuk menyimpan dua deret SPR standard. Keuntungan dari menggunakan Double Deep Racking System adalah:

  • Menambah kepadatan dan kapasitas penyimpanan hingga 30% lebih efisien dari Sellective Pallet
  • Cocok untuk metode last in first out (LIFO)
  • Mudah dimodifikasi dari sistem sellective
  • Tak membutuhkan banyak tipe palet sejenis

MULTI TIER RACKING SYSTEM

Multi Tier Racking System adalah solusi terbaik untuk penyimpanan manual di ruang yang terbatas. Sistem ini dirancang sedemikian rupa sehingga kita bisa menggapainya secara langsung.

Multi Tier System juga memiliki kemampuan serba guna dan fleksibel untuk semua jenis barang dengan berbagai macam ukuran dan berat. Sistem penyimpanan ini juga memaksimalkan ruang vertikal. Sistem ini juga menciptakan lorong dengan ketinggian berbeda yang bisa dijangkau dengan menggunakan tangga.

STRUCTURAL STEEL PLATFORM

Structural Steel Platform adalah sejenis mezzanine yang dibangun dengan balok besi, seperti I-Beam, RSC Beam, Hallow Section, dan lainnya. Mirip dengan Multi Tier System, ada banyak varian Floor Decking Types dan aksesorisnya yang bisa digabungkan dengan desain ini. Berikut adalah dua keunggulannya:

  • Memiliki lebih sedikit kolom di bawah platform
  • Bisa diubah-sesuaikan (customizable) untuk mengatur pembebanan lantai hingga seberat 1.000kg/m2.

DRIVE IN RACKING SYSTEM

Tipe sistem rak ini adalah solusi dari metode penyusunan blok reguler di mana produk tidak bisa diletakkan di atas produk lainnya. Sistem Drive In Racking efektif dalam mengoptimalkan luas gudang dengan mengurangi lorong-lorong. Idealnya, sistem ini digunakan untuk menyimpan barang sejenis tanpa jadwal ketat untuk proses bongkar-muat. Keuntungan Drive In Racking System:

  • Kepadatan yang maksimal
  • Cocok untuk metode last-in first out (LIFO)
  • Cocok untuk penyimpanan besar

CANTILEVER RACKING SYSTEM

Cantilever Racking System cocok untuk penyimpanan barang yang panjang dan besar. Sistem ini dirancang untuk mengatur barang dengan kepanjangan dan proporsi yang bermacam-macam. Karena itu, rak dalam sistem ini dibuat sedemikian rupa sehingga pas untuk menyimpan berbagai ukuran barang yang akan disimpan. Lazimnya, dengan menggunakan jenis rak ini kita tak akan menemui kesulitan yang biasa kita temui saat menggunakan rak konvensional. Berikut adalah daftar produk yang cocok untuk sistem Cantilever:

  • Pipa, ban, tiang, tabung, bagian berongga
  • Plywood, plaster board

DYNAMIC STORAGE RACKING SYSTEM

Dynamic Storage Racking System juga sering disebut Live Storage. Jenis rak ini terdiri dari beberapa sistem yang digabungkan pada palet. Sehingga sistem ini cocok untuk digunakan dengan palet, tote box, dan kardus. Sistem ini cocok untuk penyimpanan barang yang mudah rusak seperti produk makanan.

Dynamic Storage Racking System akan memudahkan penyimpanan barang secara cepat dan pemantauan tanggal kadaluarsa dari produk.

SELECTIVE PALLET RACKING

Sellective Pallet Racking adalah jenis rak yang paling banyak digunakan. Tipe rak ini cocok untuk berbagai macam barang dengan penyimpanan yang fleksibel. Sistem rak jenis ini sangat efisien dan ekonomis. Berikut adalah keuntungan menggunakan sistem ini:

MEDIUM DUTY RACKING

Medium Duty Racks adalah kategori rak yang cocok untuk sistem penyimpanan boks berukuran sedang. Lazimnya kategori ini memiliki rak dengan sistem yang bisa diatur (adjustable) dan berkapasitas hingga 1.200 kg per level.

LONGSPAN RACKING SYSTEM

Sistem Longspan Racking didesain secara khusus untuk diterapkan pada gudang berkategori medium duty. Dengan rancangan yang lebih kuat dari Boltless System dan mirip dengan Pallet Racking System, sistem ini bisa digunakan untuk rak atau sistem mezzanine.

LIGHT DUTY RACKING

Light Duty Racking berguna untuk penyimpanan barang-barang berukuran kecil (kurang dari 400 kg/level). Jenis rak yang biasanya dibangun tanpa baut ini sangat mudah disesuaikan pada level apapun.

      

 

BOLTLESS SHELVING SYSTEM

Boltless Shelving System adalah penyimpanan yang pas untuk kategori light duty (kurang dari 400 kg/level). Sistem ini tidak membutuhkan baut untuk sambungan ke rak. Pemasangan sistem rak ini sederhana dan juga serba guna. Rak jenis ini juga leluasa untuk diatur sedemikian rupa hingga bisa menyimpan berbagai jenis barang.

Spesifikasinya sesuai digunakan untuk gudang dan stok penyimpanan produk toko / minimarket modern.


Sumber : global primasakti, PT



WhatsApp chat