Cara Memilih Rak Minimarket yang Bagus dan Benar

Jika Anda berencana membuka usaha minimarket, maka Anda tentu membutuhkan peralatan rak minimarket. Ada banyak toko rak minimarket di Jakarta, namun Anda perlu tahu rak minimarket seperti Apa yang dibutuhkan sesuai dengan positioning, branding, dan jenis barang yang Anda jual.

Sebelum memilih rak minimarket, pastikan Anda menyisihkan budget yang cukup ‘royal’ untuk membeli peralatan ini. Pasalnya, rak minimarket merupakan aset tetap yang digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Dan dalam ilmu akuntansi, rak minimarket umumnya digolongkan ke dalam fixed cost yang memiliki rentang waktu penyusutan dalam beberapa tahun. Biasanya penyusutan rak minimarket dihitung 4 tahun. Nah, ketika Anda membeli rak minimarket, pilih dengan cermat sehingga umur manfaatnya bisa melebihi 4 tahun. Bagaimana memilihnya?

Pertama, tentukan kebutuhan  Anda. Jika Anda menjual produk elektronik, maka pastikan rak minimarket yang Anda pilih terbuat dari besi tebal nan kuat. Sebab produk elektronik memiliki bobot yang berat. Pada contoh lain, ketika Anda berencana menjual produk sayur dan buah-buahan, hindari rak minimarket yang terbuat dari bahan yang mudah berkarat. Sayur dan buah biasanya mengandung air yang seringkali menetes di rak supermarket. Air tersebut akan membuat rak minimarket lama kelamaan berkarat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih rak minimarket yang terbuat dari kayu, fiber, atau aluminium. Seperti itulah cara Anda mencocokkan rak pilihan sesuai dengan kebutuhan minimarket.

Langkah kedua, jangan lupa untuk memerhatikan estetika dan kesesuaian dengan branding minimarket Anda. Model rak minimarket keluarga tidak akan cocok dengan minimarket yang fancy dan penuh warna. Atau ketika sebuah minimarket memosisikan diri sebagai minimarket kelas atas, maka sebaiknya padukan material kayu dan besi di dalam minimarket Anda.

Langkah ketiga, jangan lupa perhatikan apakah distributor rak minimarket yang Anda pilih menawarkan kelebihan tertentu. Terkadang beberapa distributor berani memberikan rak minimarket bergaransi sekian tahun. Ada pula distributor yang memberikan jasa perawatan gratis selama sekian tahun. Jika ada yang menawarkan keduanya, itu adalah pilihan terbaik.

Terakhir, perhatikan juga coating atau zat pelapis besi rak minimarket Anda. Coating biasanya hanya menggunakan cat dan pernis. Namun kualitas cat dan pernis dari masing-masing rak berbeda. Cobalah untuk meraba dan menekan bagian besi dan lihat dari dekat. Coating yang bagus akan terasa sangat rapat dan menyatu dengan besi. Jika coating tersebut bergoyang atau seperti berongga, maka kemungkinan coating tersebut berisiko mengelupas di kemudian hari.

Itulah beberapa tips dalam memilih rak minimarket yang tepat untuk Anda. Jika Anda memiliki tips lain dalam memilih, jangan sungkan berbagi kepada pembaca lainnya.