Memulai Usaha Minimarket

Bagian 2. Memulai Usaha Minimarket

..Dengan lokasi yang tepat, item barang yang ready stok, dan struktur harga baik, Anda dapat mulai mendapatkan keuntungan dengan cepat setelah membuka minimarket Anda. Baca terus untuk mempelajari cara memulai minimarket sendiri.

 

  1. Pilihlah lokasi Anda.
    Lokasi adalah segalanya untuk minimarket. Minimarket adalah toko swalayan dan konsumen harus nyaman untuk melakukannya. Toko kelontong dan minimarket memiliki basis pelanggan lokal yang lebih kuat karena orang tidak ingin pergi jauh-jauh untuk membeli segala kebutuhannya, sementara toko-toko di dekat jalan raya biasanya mendapatkan lalu lintas dari wisatawan yang tidak begitu akrab dengan daerah tersebut.Idealnya, toko setara minimarket harus ‘terlihat’ dan harus memiliki lahan parkir yang nyaman atau ramai lalu lintas pejalan kaki di area luarnya seperti di terminal transportasi, mall, atau kompleks perkantoran.Untuk menemukan lokasi terbaik untuk minimarket, perusahaan besar menggunakan Geographic Information Systems (GIS) melaporkan untuk memetakan persaingan dan demografi lokal. Laporan-laporan ini biasanya terlalu mahal untuk pemilik usaha kecil. Namun, Anda bisa mendapatkan informasi yang sama dengan melakukan analisis pasar dan konsumen sendiri yang melibatkan kondisi geografis, jalan, dan juga demografi.
  2. Beli peralatan yang diperlukan untuk minimarket Anda.
    Perlengkapan utama minimarket adalah rak gondola minimarket yang membuat toko Anda benar-benar terlihat seperti minimarket profesional. Selain itu Anda akan membutuhkan sistem keamanan dengan kamera dan alarm, mesin dan meja kasir, pendingin untuk minuman, dan mesin pemroses kartu kredit. Jika Anda menggunakan minimarket waralaba, semua perlengkapan ini telah disediakan oleh perusahaan. Jika Anda menyediakan layanan atau produk khusus seperti layanan pencetakan, Anda juga harus membeli peralatan yang diperlukan.
  3. Lakukan kontrol keamanan di Minimarket Anda.
    Sebelum Anda mulai berbisnis, Anda perlu agar etalase Anda diperiksa oleh departemen kesehatan dan dinas pemadam kebakaran setempat. Ini diperlukan sebelum Anda dapat secara sah mulai mengoperasikan bisnis Anda. Hubungi agen yang diperlukan untuk informasi lebih lanjut dan untuk menjadwalkan pemeriksaan. 12 Tips Trik Sederhana Mencegah Pencurian Di Toko Kelontong
  4. Menjalin hubungan dengan supplyer.
    Anda akan membutuhkan pedagang grosir untuk memasok barang-barang yang akan Anda jual, termasuk barang-barang makanan dan minuman, sabun, bahan pokok lainnya, kertas dan barang-barang rumah tangga, dan bahan bakar. Anda harus memutuskan apakah akan menggunakan grosir lengkap atau tidak, yang mungkin memerlukan ukuran pesanan yang lebih besar, atau beberapa grosir dengan fungsi terbatas, yang mungkin lebih mahal dan berarti tambahan modal untuk Anda. Keduanya memiliki pro dan kontra, jadi pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda sebelum memutuskan.Pilihan lain, terutama jika Anda menjalankan sebuah toko kecil, adalah untuk mendapatkan pasokan Anda dari toko grosir yang lebih besar. Mungkin Anda akan bertanggung jawab untuk mengambil dan mengirim barang sendiri, tetapi Anda dapat menghemat uang dengan cara ini
  1. Stok barang terkontrol.
    Aturlah rak gondola dalam ruangan minimarket Anda, dan tata bara-barang didalamnya sesuai dengan aturan display produk dan planogram yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, atur stok menggunakan metode yang memudahkan anda seperti FIFO, LIFO, dll, bagaimana metode tersebut diterapkan, Anda dapat mempelajarinya melalui link berikut :
    Contoh sistem FIFO, LIFO, AVCO, dan FEFO dalam flow barang dagangan.

    Tempatkan barang dagangan Anda yang berharga mahal atau mudah dicuri dalam pandangan petugas dan kamera keamanan. Cara menempatkan barang dagangan pada rak dapat dipelajari pada pembahasan berikut : Aturan penempatan barang dagangan di toko / minimarketPertimbangkan siapa pelanggan utama Anda dan sesuaikan penawaran Anda. Sebagai contoh, jika Anda berada di daerah perumahan, itu akan bermanfaat untuk kebutuhan persediaan seperti susu dan roti sehingga penduduk setempat tidak perlu pergi jauh-jauh ke supermarket. Selain itu, toko yang dikelilingi oleh area bisnis mungkin perlu lebih fokus untuk menyediakan kopi dan sarapan yang baik.
  1. Rekrut karyawan.
    Anda membutuhkan karyawan yang dapat dipercaya dalam bisnis ini karena Anda dapat kehilangan uang dan barang dagangan. Interview calon karyawan anda secara tuntas, periksa referensi, dan pertimbangkan latar belakang dan kesehatan.
  2. Buka tokonya! Pertimbangkan untuk melakukan grand opening dengan spanduk dan penawaran khusus / diskon untuk menarik pelanggan. Misalnya, Anda dapat menawarkan kopi gratis kepada 100 pelanggan pertama. Yang paling penting adalah memberikan sambutan kepada pelanggan di pintu masuk.

sumber : www.wikihow.com/Start-a-Convenience-Store

Previous..

Bagian 1. Merencanakan Usaha Minimarket