Cara Menghitung Laba Usaha Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko kelontong merupakan usaha toko yang menyediakan barang-barang keperluan. Toko ini biasanya tertelak di area dekat dengan tempat tinggal dan bersifat lokal. Tidak heran jika usaha toko ini tergolong ramai dan memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Meskipun tergolong kedalam toko kecil, ternyata toko ini selalu mengalami kenaikan omzet pendapatannya.

Untuk anda pemilik usaha toko kelontong, sudahkan anda tahu bagaimana cara menghitung laba usaha toko kelontong anda? Penghitungan laba memiliki tujuan untuk memberikan informasi perolehan laba anda di setiap periodenya. Melalui perhitungan laba, anda bisa mengetahui perbedaan penghasilan laba anda. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung laba toko kelontong anda.

1. Diawali Dengan Menghitung Seluruh Laba.
Anda bisa melakukan perhitungan laba dengan periode yang anda inginkan. Bisa per minggu,per bulan atau bahkan pertahun. Total semua laba yang di peroleh toko kelontong anda. Maksudnya laba yang di peroleh sebelum anda melakukan penghitungan laba. Hitung dengan cermat dan susun laba anda dengan rapi.

2. Bandingkan Dengan Biaya Pengeluaran Anda.
Jika semua laba yang anda peroleh sudah terkumpul semua. Cobalah liat sususan dana pengeluaran anda, seperti pengeluaran untuk belanja stock barang toko, gaji karyawan, biaya listrik dan air , sewa tempat dan sejenisnya. Perbandingkan dengan total pendapat anda lebih banyak kah atau lebih sedikit. Jika biaya pengeluaran lebih banyak dari laba yang anda peroleh, berarti toko kelontong anda mengalami kerugian. namun jika sebaliknya maka toko kelontong anda mendapatkan keuntungan.

3. Melihat Stock Barang.
Dengan melihat stock barang anda bisa mengetahui jumlah laba toko kelontong anda. Anda bisa membandingkan stock awal dengan stock akhir barang. Anda bisa menghitung perolehan laba dengan cara mengurangi jumlah stock awal dengan stock akhir. Sehingga akan mengetahui jumlah stock yang terjual. Dengan mengalikan harga persatuan jualnya anda bisa mengetahui laba yang anda peroleh.

4. Membuat Pembukuan Laba Yang Sederhana.
Pembukuan laba yang sederhana akan memudahkan anda dalam menghitung laba yang anda peroleh. Apalagi untuk toko kelontong yang setiap harinya mengalami peningkatan penjualan, pasti akan merumitkan jika anda membuat laporan pembukuan yang sulit untuk di teliti.

5. Pembukuan Pengeluaran Yang Baik.
Untuk melakukan perhitungan laba yang di peroleh, tidak terlepas dari melihat pembukuan pengeluaran toko. Dengan melihat laporan ini, akan membantu anda mudah menunjukkan jumlah laba toko kelontong anda. Oleh sebab itu, anda harus menyusun laporan pembukuan pengeluaran toko dengan cermat, teliti dan tentunya mudah di pahami.

6. Menghitung Laba bersih.
Laba bersih adalah laba yang diperoleh dari perhitungan laba yang sudah dikurangi seluruh biaya-biaya pengeluaran. Melalui perhitungan ini, anda bisa mengetahui laba yang sebenarnya anda peroleh. Dari laba ini pula anda bisa mulai merencanakan penjualan seperti apa yang akan anda praktikan untuk keuntungan yang lebih banyak lagi.

7. Menghitung harga pokok penjualan.
Anda harus menghitung semua jumlah harga pokok barang-barang toko kelontong anda. Maksud harga pokok adalah harga yang dikeluarkan anda ketika membeli barang tersebut di pemasok. Dengan menghitung jumlah harga pokok anda bisa mengetahui perolehan laba yang anda dapatkan. Setelah anda menghitung biaya pokok, sebaiknya anda pisahkan jumlah uangnya. Jika terdapat sisa setelah anda menghitung keseluruhan harga pokok, berarti anda sisa tersebut merupakan laba yang di peroleh dari setiap barang di toko kelontong anda.

Itulah beberapa cara menghitung laba usaha toko kelontong sederhana yang dapat membantu menyusun pembukuan laba anda.