Cara menghitung ukuran rak gondola

Manakah yang dimaksud P (panjang) dan manakah yang dimaksud L (lebar) rak gondola?

Pertanyaan tersebut sering muncul saat anda ingin memesan sebuah rak gondola bukan? Nah, disinilah kadang permasalahan muncul, yaitu ketidak selarasan pemahaman pembeli dan pembuat mengenai penentuan dimensi ukuran rak gondola.

Ukuran Rak gondola yang akan anda pesan saat anda ingin mengupgrade atau membuat toko sangat dipengaruhi oleh luas ruangan, macam varian barang dagangan serta berat dari barang dagangan itu sendiri. Pada saat anda memesan rak gondola lengkap satu unit ataupun ingin memesan per bagian saja, maka penjual/pembuat rak sentrarak akan menanyakan berapa ukuran rak yang akan dibuat. Rak gondola yang memiliki ukuran tiga dimensi. Tentu saja acuan ukuran rak gondola yang digunakan adalah P (panjang), T (tinggi), L (lebar), dan tebal plat rak.

Sekarang mari kita bahas bagaimanakah mendefinisikan dimensi ukuran untuk Rak Gondola toko/minimarket agar tidak terjadi kesalah pahaman antara pembuat rak dan pemesan.

Rak gondola minimarket terdiri dari tiang penyangga, bagian dasar/kaki, serta papan shelving. Dimensi ukuran gondola didasarkan pada ketiga bagian tersebut. Mari kita simak uraian dibawah ini :

cara pengukuran gondolaPada gambar disamping terdapat tiga buah sumbu X, Y, dan Z.

Panjang (P) untuk gondola adalah ukuran sepanjang sumbu X Panjang  gondola (nilai sumbu X) berlaku untuk  satu buah gondola saja. Sebagai contoh jika anda ingin membuat gondola sepanjang 2,7 meter maka anda harus menyusun satu 3 buah gondola, yaitu satu buah gondola starting dan dua buah gondola adjointing dengan panjang masing-masing 90cm.

Sumbu Y merupakan dimensi lebar (L) dari gondola yang merupakan lebar dari base leg / base shelving. Papan shelving di sap atasnya memiliki lebar yang lebih pendek.

Sumbu Z merupakan dimensi tinggi (T) untuk gondola. Tinggi gondola merupakan tinggi dari upright (tiang penyangga) gondola.

Tebal gondola merupakan dimensi ukuran untuk tebal dari plat bahan yang digunakan untuk membuat gondola.

Pemahaman diatas tentu saja berlaku untuk penyebutan ukuran dari bagian-bagian gondola, yaitu sebagai berikut :

  • Tiang penyangga gondola sumbu Z dan Y, berlaku pengukuran Tinggi (T) x Lebar (L)
  • Back mesh gondola pada sumbu X dan Z, berlaku dimensi pengukuran Panjang (P) x Tinggi (T)
  • Papan shelving gondolapada sumbu X dan Y, berlaku dimensi pengukuran Panjang (P) dan Lebar (L)

Setelah anda memahami pembahasan ukuran dimensi pada rak gondola di atas, diharapkan tidak lagi kesalahpahaman dimensi ukuran panjang , lebar dan tebal dari rak yang anda inginkan.