Cara Merawat Rak Besi

Rak besi dinilai lebih kuat dalam menopang bobot barang yang tersimpan didalamnya jika dibandingkan dengan rak yang terbuat dari material lainnya, selain itu rak besi juga dapat bertahan dalam kurun waktu yang panjang dengan kondisi yang relatif baik dari waktu ke waktu. Rak besi juga lebih aman dari serangan rayap.

Pentingnya membersihkan dan merawat rak besi secara rutin meskipun dinilai mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi, namun jika tidak dirawat rak besi juga rentang mengalami kerusakan. Kerusakan yang paling umum terjadi pada rak besi adalah karat atau korosi, hal ini dapat disebabkan oleh percikan air yang kemudian bereaksi dengan udara.

Percikan air ini dapat berasal dari barang dagangan berwujud cair yang tumpah dan mengenai rak besi. Selain itu debu yang menempel dan tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan juga dapat menyebabkan kerusakan dari rak besi dan juga dapat membuat kotor barang yang tersimpan dalam rak tersebut. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada rak adalah cuaca atau lingkungan di sekitar toko.

Bukan hanya dapat menyebabkan kerusakan rak besi yang tidak dijaga kebersihannya ini juga dapat menyebabkan tampilan rak besi menjadi kusam, kondisi ini tentu akan mempengaruhi mood pembeli untuk berbelanja. Oleh karena itu sangat penting membersihkan dan merawat rak besi sebelum terjadinya berbagai hal yang merugikan. 

Untuk membersihkan rak besi dapat dilakukan dengan cukup mudah Anda hanya perlu membesihkan terlebih dahulu lap atau kemoceng yang akan digunakan untuk membersihkan debu yang menempel, setelah itu Anda dapat mulai mengelap berbagai permukaan rak besi secara menyeluruh hingga kesela-sela rak besi. Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi perlukaan rak besi dengan cat anti karat (powder coating).

Beberapa cara merawat rak besi dengan berbagai bahan telah kami bahas sebelumnya, dan dapat Anda simak di –> Cara Merawat Rak Toko

Akan sangat disayangkan jika rak besi tidak dirawat dengan baik mengingat harga rak besi yang cukup dibandrol dengan harga yang relatif mahal di Batam Bengkulu Jambi Manado Medan Metro Padang Palembang Pekanbaru.