Cara Pemasangan Rak Gondola Toko Minimarket

Rak gondola merupakan rak yang dibuat bersusun yang lazimnya digunakan untuk toko, minimarket, supermarket bahkan hypermarket. Cara pemasangan rak gondola dengan sistem knock down atau dapat dibongkar pasang artinya setiap bagian rak gondola didesain untuk dapat dibongkar pasang guna memudahkan instalasi serta dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan maupun ukuran barang yang akan didisplay dan dijual. Desain bongkar pasang ini tentu dibuat mudah untuk orang awam. Pada proses pemasangannya tidak dibutuhkan sekrup, bahkan anda tidak membutuhkan obeng maupun tools lainnya. Mudah bukan?

Rak gondola biasanya disusun saling bersambungan, salah satu rak utama dibuat terlebih dahulu yaitu rak gondola starting, kemudian rak lainnya dipasang dengan menyambung tiang pada rak utama, memanjang dan saling menopang. Rak Gondola ini sering disebut sebagai rak gondola adjointing (penyambung).

Sebelum kami uraikan cara pemasangan rak gondola, tidak ada salahnya anda mengenal terlebih dahulu istilah yang digunakan untuk komponen rak gondola.

  1. Ambilah bagian Upright (tiang penyangga utama) dan bagian Foot/ base Leg
  2. Pasangkan kedua bagian tersebut dengan mengaitkan foot / base leg pada lubang-lubang yang ada pada tiang utama, dengan sudut 90o di bagian paling bawah, sehingga bagian base leg akan menyangga upright.
  3. Lakukan pemasangan untuk upright dan base leg lainnya, sehingga anda akan memiliki tiang berbentuk huruf L. Biasanya, beberapa produsen rak membuat upright dan base leg yang menyatu, sehingga langkah 1-3 tidak perlu anda lakukan lagi.
  4. Ambil bagian back mesh, perhatikan bagian pengait di tepi backmesh tersebut. Masukkan pengait tersebut ke dalam lubang yang ada pada sisi tepi upright. Lakukan juga untuk sisi sebelahnya pada upright yang lain.
  5. 5Setelah terpasang kokoh, pasangkan papan base shelving yang ditopang oleh base leg, yang berfungsi sebagai pengunci rak gondola. Namun jika anda mendapatkan base leg dan base shelving yang telah menyatu, anda dapat langsung memasangkannya pada upright.
  6. Pasanglah braket penyangga dengan mengaitkannya pada lubang-lubang persegi yang terdapat pada kedua tiang upright dengan ketinggian yang sejajar. Braket berfungsi sebagai penyangga papan shelving . Anda dapat memasangkan braket ini dengan ketinggian yang dapat disesuaikan dengan tinggi barang dagangan yang akan dipajang.
  7. 8Setelah braket terpasang, kemudian letakkan papan shelving pada kedua braket tersebut.
  8. Pasangkan braket dan papan shelving yang lain sesuai jumlah rak shelving yang anda inginkan.

 

Pada langkah 1-8 ini anda telah memiliki Rak Gondola Starting Singgle. Untuk membuat rak gondola yang panjang, selanjutnya anda pasangkan Rak Gondola Adjointing (berbagi tiang upright) yang hanya memiliki satu tiang upright pada setiap bagian sambungannya.

komponen gondola

9. Memasang Rak Adjointing, yaitu dengan mengulangi langkah 4-8, dengan upright pada salah satu sisi menggunakan upright dari rak gondola starting. Lakukan hingga memperoleh Rak Gondola dengan panjang sesuai yang anda inginkan.

Dari langkah 1-9 diatas, anda telah memiliki Rak gondola single, yang memiliki satu hadap papan shelving saja, yang biasanya rak gondola ini ditempatkan menempel dengan dinding sehingga sering disebut sebagai Rak Gondola Singgle Wall.

 

Island gondola 2-Convenient storeRak Gondola Double merupakan rak gondola yang memiliki dua hadap papan shelving yang saling berpunggungan menopang pada satu backmesh. Biasanya rak seperti ini ditempatkan di tengah toko/minimarket, sehingga disebut rak Gondola Island.

Cara menyusun Rak Gondola Island adalah dengan menyusun kembali bagian foot leg, base shelving, braket dan papan shelving, pada tiang upright Rak Gondola Singgle yang telah anda buat pada langkah 1-9. Sehingga anda mendapatkan rak Gondola yang memiliki dua arah hadap.

Tips : Pada saat anda ingin merombak rak gondola yang telah ada di toko anda, kemudian memasangkannya kembali, kumpulkan masing-masing bagian rak dengan ketebalan plat dan ukuran yang sama, sehingga akan memudahkan anda pada saat memasangkannya kembali untuk menghindari rak yang tidak seimbang