Cara promosi toko / minimarket

Saat kita berbisnis toko barang ritel, tidak hanya sebatas kita memiliki barang, kita pajang di rak toko / rak minimarket, kemudian kita hanya diam menunggu pembeli. Kita harus menunjukkan, memperkenalkan, dan mengingatkan kepada pasar bahwa toko kita ini “ada”, dan kita selalu siap untuk melayani. Kegiatan ini disebut dengan promosi. Ketika kita membicarakan promosi, pikiran kita hendaknya tidak terbatas pada promosi barang dagangan pada rak minimarket atau rak toko saja, tetapi pengertian promosi ini jauh lebih luas. Kegiatan promosi menunjukkan bahwa toko / minimarket yang kita kelola memiliki semangat, proaktif, dan tentu saja “hidup”.

Promosi sangat penting dilakukan karena dengan promosi kita dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan citra toko, menstimulasi calon pembeli, memperkenalkan pelayanan dan keunggulan toko, serta berimbas penting pada kepercayaan dan loyalitas pelanggan dan menyampaikan informasi positif tentang toko kita. Manfaat promosi tidak hanya dirasakan untuk waktu sesaat, tetapi juga dapat memberikan imbas positif pada jangka panjang, misalnya pada saat kita mengadakan event promosi, pengunjung yang hadir akan memiliki kenangan dan kesan terhadap toko kita, dan akan timbul rasa kenal dan memiliki, seolah-olah mereka berkata “ini tempat belanjaku”. Tentu saja ini akan bertahan dalam jangka panjang.

Tipe promosi untuk bisnis ritel berdasarkan cakupan dan jangkauannya dibedakan menjadi dua, yaitu :

Promosi menggunakan media iklan

Promosi dengan menggunakan media iklan tentu saja sangat efektif digunakan untuk menjangkau masyarakat luas. Media promosi yang digunakan saat ini pun beragam, mulai dari media cetak, radio, televisi, internet, dan juga media sosial. Penggunaan internet dan media sosial saat ini dinilai paling tepat, dengan berbagai kelebihannya antara lain : murah, sasaran pasar yang dapat kita tentukan, misalnya batasan usia, jenis kelamin, profesi, hingga jangkauan lokasi iklan hingga beberapa radius saja dari toko/minimarket kita. Selain itu media internet dapat memperikan report yang jelas dari hasil iklan kita, sebagai contoh berapa jumlah orang yang melihat iklan kita, berapa orang yang memfollow, dan lain sebagainya.

Promosi dalam toko/minimarket (instore promotion)

Promosi dalam toko merupakan promosi yang berlangsung secara teragenda untuk melakukan refresh (penyegaran) dinamika toko. Promosi ini mencakup area yang sempit dan dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat loyalitas pelanggan. Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk melakukan promosi di toko, yaitu

  • Kemaslah promosi anda dengan kreatif, sehingga terlihat menarik
  • Rencanakanlah dengan matang, serta buatlah agenda dan kalender promosi untuk satu tahun. Serta tentukan tanggal-tanggal promosi yang sifatnya tetap dan event tematik hari besar.
  • Buatlah tema promosi yang berbeda-beda sesuai dengan momen hari besar atau hal-hal yang diperingati oleh publik.
  • Buatlah acara-acara promosi dengan tema sesuai dengan agenda yang telah anda buat
  • Pilihlah kategori dan item-item unggulan yang akan dipromosikan. Pilihlah produk-produk yang masuk dalam kategori fast moving (barang yang paling banyak dan cepat terjual). Manfaatkanlah rak-rak promo minimarket anda untuk mendisplay produk yang terpilih tersebut untuk dipromosikan / didiskon.
  • Buatlah diskon turun harga atau buy X get Y , dan sebagainya untuk “menemani” acara-acara yang anda adakan
  • Ajaklah supplier untuk bekerjasama dan berkontribusi dalam setiap agenda promosi kita, dan buatlah kesepakatan kerjasama promosi
  • Buatlah perencanaan yang matang dengan membuat semacam proposal lengkap dengan target dan rencana anggaran biayanya, serta buatlah laporan setelah acara selesai untuk mengevaluasi apakah promosi yang kita buat telah berkontribusi terhadap penjualan di toko/minimarket anda


WhatsApp chat