Cari Rak Toko Kayu? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Selain pertimbangan biaya, material atau bahan baku rak toko terkadang juga dipilih karena pertimbangan branding toko. Beberapa pengusaha retail memilih rak yang terbuat dari kayu karena alasan tampilan atau suasana. Ya, rak toko kayu memang membuat toko terlihat elegan, simple, dan premium. Namun ini semua hanya bisa diwujudkan ketika jenis kayu yang digunakan sudah tepat. Pemilihan jenis kayu yang salah malah berpotensi mengganggu tampilan, bahkan menjadi beban perusahaan ketika kayu tersebut cepat rusak. Karenanya, kenali dulu jenis kayu berikut agar tidak salah memilih!

Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu yang paling banyak diminati karena kualitasnya, ketahanannya terhadap kondisi cuaca dan rayap, serta pola seratnya yang menarik dan bernilai seni tinggi. Kayu ini merupakan kayu kelas satu yang banyak diolah menjadi furniture berkelas dan juga rak toko untuk produk premium. Kayu jati memiliki warna yang beragam, ada coklat muda, coklat kelabu hingga coklat tua kemerahan. Meskipum keras dan kuat, kayu jati sangat mudah dipotong dan dibentuk.

Dengan sifat tersebut, rak toko kayu jati memiliki beberapa keunggulan yakni membuat toko lebih elegan, daya tahan lebih lama, serta tahan terhadap serangan rayap. Namun kekurangannya adalah harga yang mahal, bobot berat sehingga sulit dipindah tempat, juga model yang kurang minimalis. Rak kayu jati sangat cocok digunakan untuk display sepatu, baju, buah-buahan, atau minuman botol.

MDF – Medium Density Fiberboard

MDF adalah kepanjangan dari Medium Density Fiberboard. Kayu MDF ini merupakan jenis kayu olahan yang dibuat dari serbuk/bubur kayu yang dipadatkan. Kayu MDF ini dijual dalam bentuk lembaran menyerupai papan. Gambaran sederhana proses pembuatannya adalah jika semua serbuk gergaji yang merupakan sisa proses pembuatan produk kayu dicampur dengan bahan semacam lem perekat, kemudian dicetak, diberi tekanan dan suhu tinggi hingga menjadi lembaran besar. Seperti itulah gambaran tentang susunan produk MDF.

Karena terdiri dari serbuk kayu yang halus, maka tidak ada serat kayu di MDF. Serta karena ditekan sangat keras pada suhu tinggi seperti itu, tidak ada lubang di MDF seperti yang Anda temukan di particle board.

lihat perbedaan antara particle board dan MDF

Dinilai dari kepadatannya, kayu MDF lebih unggul dibandingkan dengan kayu olahan lain seperti particle board. Kayu MDF ini memiliki kepadatan medium sehingga tidak mudah patah dan bengkok. Jenis kayu olahan ini sangat cocok untuk digunakan pada rak toko karena kekuatannya sehingga rak toko menjadi lebih elegan dan kokoh.

Selain itu tekstur permukaan kayu MDF lebih halus dibandingkan dengan playwood maupun particle board sehingga nyaman untuk disentuh sehingga menjadi sangat aman untuk digunakan sebagai rak toko yang sering bersentuhan langsung dengan customer.

Rak kayu MDF sangat cocok untuk rak toko perlengkapan bayi,  rak toko asesoris, rak toko pernak-pernik, rak toko baju, rak toko sepatu, dll.

Kayu Lapis Blockboard

Blockboard merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil (sekitar 2.5-5 cm) yang dipadatkan dengan mesin dan diberi pelapis venner di kedua sisinya sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalannya bisa 12 mm, 15 mm dan 18 mm dan luasannya sama dengan multipleks. Blockboard biasanya dibuat dari kayu lunak. Jenis block board yang banyak tersedia adalah teakblok (memakai lapisan venner kayu jati). Cukup baik untuk membuat rak, cabinet ataupun kitchen set. 

blockboard

Keunggulan dari kayu ini adalah harganya yang lebih terjangkau, model minimalis nan modern, juga bobotnya yang tidak terlalu berat. Namun kearena terbuat dari kayu lunak, rak toko berbahan baku blockboard kurang begitu kuat sehingga tidak cocok menahan beban terlalu berat.

Beberapa barang yang cocok ditampung di rak ini misalnya barang kebutuhan pokok, snack, makanan kaleng. Barang jenis lain pun pada dasarnya cocok dipadukan dengan kayu blockboard karena memang tampilan kayu ini cenderung universal.

Particle Board

Particle board terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu dan bahan kimia resin yang direkatkan dengan tekanan tinggi dan kemudian dikeringkan. Dalam proses finishingnya, particle board tidak bisa di cat atau di coating karena teksturnya yang kasar. Sehingga untuk menutupi permukaannya dipakai lapisan veneer, laminate atau fancy paper laminate yang direkatkan.

Di antara keunggulan particle board untuk rak toko adalah harganya yang paling murah diantara kayu olahan lainnya, mudah dirakit, dan bobot ringan. Namun kayu ini memiliki musuh terbesar yaitu air sehingga tidak cocok untuk memajangan barang cair. Jika bahan ini basah maka kekuatannya akan hilang, bahkan dapat melengkung jika menahan beban berat.

Rak toko dari kayu particle board sangat cocok menampung produk-produk berbobot ringan seperti snack, kopi, tissue, atau popok bayi.