CEK TOKO SEBELAH

-Tips bersaing dengan Alfamart dan Indomaret-

Omset minimarket anda merosot drastis dengan dibukanya Alfamart dan Indomaret di ruko sebelah (baca : toko sebelah)? Apakah keberadaan toko sebelah ini akan mengkerutkan nyali anda untuk bersaing? Baiklah, mari kita cek trik apa saja yang dapat anda pakai untuk menghadapi persaingan ini.

Mengapa toko sebelah anda ini bisa dibilang sebuah ritel yang kuat? karena mereka memiliki banyak cabang, peraturan ritel yang ketat dari pusat, dan memiliki promo yang menarik. Namun dibalik kekuatan itu sebenarnya ada kelemahan. Hey!! Mereka punya kelemahan!

Tidak mudah untuk menambah jenis produk.  

Toko sebelah anda tadi karena sudah diatur seragam untuk setiap cabangnya dari pusat. Jenis produk, ukuran produk bahkan jumlah pembelian juga telah diatur secara seragam dari pusat. Ini merupakan keuntungan bagi anda! Bagaimana caranya? Dengan anda hanya memiliki satu toko saja, tentu mudah untuk menambahkan barang dagangan. Jual barang yang sama dengan toko sebelah dan tambahkan beberapa produk yang mereka tidak jual seperti ATK, pernak-pernik kado, aksesoris, perlengkapan bayi, galon isi ulang, bunga potong, dll. Apa yang terjadi saat konsumen kecewa dengan toko sebelah? Ya. Mereka akan datang ke toko anda sebagai “cek toko sebelah”.

Harga promo dibawah harga grosir

Toko sebelah memberikan promo untuk barang-barang tertentu bahkan harganya dibawah harga grosir, dan mereka melakukan minus margin. Ya, harga promo ini bisa jadi kelemahan mereka jika kita dapat memiliki strategi yang tepat. Bagaimana caranya? Beli habis semua barang yang mereka promosikan, itung-itung anda kulakan dengan harga lebih murah dari grosir, tidak perlu transport, dan hanya butuh persiapan uang kas. Kemudian pasang iklan dan pajang barang tersebut sebagai promosi di toko anda. Apa yang terjadi? Saat pelanggan kecewa dengan barang kosong di toko sebelah, mereka akan melihat promo di toko anda sebagai “cek toko sebelah” juga memberikan promo yang sama. Taraaa!! Lakukan lagi untuk hari-hari berikutnya!

Tidak mudah berkomunikasi dengan konsumen

Karyawan toko sebelah memiliki prosedur pelayanan yang sudah dipatenkan dan mereka manjadi tidak bebas untuk menyampaikan informasi yang komunikatif pada setiap konsumen. Nah, ini merupakan kelebihan toko anda! Bagaimana caranya? Bicaralah pada setiap pelanggan bahwa produk A di toko ini lebih murah dibandingkan dengan toko sebelah, silahkan cek. Informasi dan komunikasi ini akan mematahkan anggapan konsumen bahwa toko sebelah lebih murah. Nah, tidak hanya sampai di situ saja, anda perlu berbicara pada setiap orang yanglewat di depan toko anda, dengan membuat spanduk iklan “MINIMARKET TERMURAH, LEBIH MURAH DARI SEBELAH-SEBELAH” Cek Toko Sebelah!

Nah, itu tadi beberapa trik cerdas menghadapi persaingan dengan Alfamart dan Indomaret. Bagaimana? Nyali dan semangat anda kembali bangkit? Mari kita terus berusaha mengembangkan usaha minimarket kita. Selain trik diatas, anda dapat membuat minimarket anda menjadi lebih menarik dengan mendesain dan mengatur brand minimarket anda. Yang dapat anda lakukan diantaranya dengan mengecat ulang, menata rak minimarket, memilih desain rak minimarket yang unik dan berkualitas. Percayakan rak minimarket anda pada Sentra Rak yang telah berpengalaman menangani beberapa ritel besar di indonesia.

Salam Sukses!!

 

 

 

 

Sumber : Wan, M.H. Menghadang Alfamart dan Indomaret. www.facebook.com