Checklist Persiapan Mendirikan Minimarket

Perkembangan tren belanja yang memanjakan konsumen dengan sistem promo dan fasilitas toko lengkap dengan troli belanja, melihat dan memilih barang sendiri tanpa harus repot tanya harga kepada pemilik toko, dan ruangan ber-AC menjadi daya tarik yang kuat dari toko ritel modern untuk menggaet pelanggan-pelanggannya. Masyarakat jaman modern lebih mengedepankan pada kenyamanan dalam berbelanja dan juga iming-iming promosi yang diberika secara kontinyu untuk berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa toko ritel modern lebih diminati dibandingkan dengan toko kelontong tradisional. Oleh sebab itu banyak wirausahawan yang beralih pada konsep bisnis ritel modern sebagai usaha baru mereka yang lebih menjanjikan.

 

Mendirikan sebuah minimarket sendiri tanpa waralaba merupakan sebuah tantangan besar, bukan merupakan hal yang mudah. Namun juga menjadi hal yang pantas Anda perjuangkan mengingat keuntungan dari usaha ini sangat menjajanjikan. Tantangan tidak hanya ditemui dalam hal persiapannya saja, tetapi juga dibutuhkan ketangguhan untuk menghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan besar yang menaungi toko-toko yang nantinya akan menjadi kompetitor Anda.

a

Langkah apa saja yang harus dipersiapkan saat akan mendirikan sebuah toko / minimarket?

Beberapa point berikut dapat membantu anda dalam mempersiapkan usaha minimarket :

Checklist

Point

Menentukan brand dan konsep toko

Membuat logo, tagline, stampel, dan perlengkapan administrasi lainnya

Membuat rekening bank

Penentuan sasaran dan survey pasar

Pemilihan lokasi yang terbaik

Mengurus surat ijin usaha toko ritel modern

Membuat Lay out desain toko modern

Menghitung biaya investasi

Pengadaan dan investasi rak gondola dan peralatan toko

Membuat List barang yang akan dijual dan setting display barang

Pemilihan barang dagangan dengan pengelompokan atas fast moving dan slow moving

Penataan barang sesuai category (Display Merchandising)

Penyusunan Struktur pengelolaan toko

Rekruitmen : Sales Person, kepala toko, dan Susunan struktur

Training Karyawan, pendidikan dan pelatihan

Menyiapkan standart operating procedure (SOP).

Menyiapkan Software Retail dan System Management Retail Modern

Membuat Rencana merancang Grand Opening dan promosi

Daftar supllyer yang qualified

Begitu panjangnya proses persiapan mendirikan sebuah minimarket tentu tidak membuat kita patah semangat mengingat sebuah usaha toko ritel yang dipersiapkan dan dikelola dengan baik dapat pertahan dalam jangka panjang. Untuk membantu anda mempermudah proses pendirian sebuah toko ritel modern, percayakan rancangan dan desain rak gondola anda pada Sentra Rak yang telah dipercaya oleh berbagai ritel besar di Indonesia (Hypermart, Transmart, Carefour, Boston, Foodmart, Bigmart). Sentra Rak memiliki kualitas rak gondola yang kokoh dan dengan desain yang inovatif, sehingga Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan dan penggantian rak dalam jangka panjang.

Semoga membantu.

Lihat : Daftar Harga Rak Minimarket ; Daftar Harga Rak Supermarket