DO’S & DON’T Dalam Membuka Toko Retail Baru di Tahun 2019

Tahun 2018 tinggal menyisakan beberapa minggu lagi. Sudahkah Anda memikirkan bagaimana memoles rak toko ritel Anda beserta seluruh komponennya untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor? Di tahun yang baru nanti, Anda akan dihadapkan pada trend bisnis retail baru yang tentu lebih menantang. Jika Anda belum memikirkannya, Ada baiknya Anda membaca apa saja yang perlu (do) dan terlarang (don’t) dalam mengelola toko di tahun 2019 nanti.

 

Komitmen Pengusaha

Do: Bersiaplah untuk meluangkan waktu lebih lama dalam mengelola toko Anda, terutama ketika Anda pertama kali mulai menyusun rak toko dan mengisinya dengan list barang dagangan. Anda perlu mempelajari setiap aspek bisnis baru untuk mempertahankan keunggulan kompetitif yang sukses di pasaran. Sebab di zaman modern ini, faktor penentu kesuksesan sebuah toko ritel tak hanya sekadar barang dagangan yang terpajang di rak toko. Ada banyak faktor lain yang membuat sebuah toko ritel sukses. Karena itulah Anda perlu terlibat lebih dalam dengan bisnis toko ritel Anda.

Don’t: Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin bisa berkunjung, mengontrol rak toko, dan pergi sesuai keinginan. Namun kini hal itu akan menjadi riskan di tahun mendatang. Menjadi pemilik bisnis ritel kini bukanlah pekerjaan tradisional yang hanya memakan waktu 8 jam sehari. Dibutuhkan kerja keras dan dedikasi yang luar biasa untuk memastikan bisnis yang sukses dan menguntungkan.

 

Aspek Pengalaman Pelanggan Menyusuri Rak Toko

Do: Ciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan saat mereka menyusuri setiap koridor toko Anda. Termasuk di dalamnya adalah mempertimbangkan bagaimana menata barang di rak toko, menjaga persediaan barang secara konsisten, dan menyediakan customer service yang ramah setiap saat. Manfaatkan rak display khusus dan isi dengan produk yang menghasilkan margin keuntungan tertinggi. Menciptakan pengalaman berkunjung yang luar biasa akan membuat pelanggan mendapatkan sesuatu yang tidak dapat mereka peroleh dari toko retail online.

Don’t: Jika Anda mengharapkan keberhasilan toko hanya dengan mengandalkan papan nama, penempatan barang di rak toko tanpa pertimbangan khusus, atau mengandalkan iklan digital atau cetak, maka hilangkan harapan Anda di tahun depan. Dalam lingkungan toko ritel yang berubah saat ini, sangat mungkin jika produk yang Anda jual dapat dibeli secara online atau dari toko retail lain. Oleh karena itu, penting untuk member nilai lebih saat pelanggan menyusuri rak toko Anda.

 

Pelayanan pelanggan

Do: Latih tim sales Anda agar melayani pelanggan dengan baik di setiap channel, baik di dalam toko, website, social media, atau di telepon. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memberikan contoh yang tepat tentang bagaimana pelanggan harus disambut dan diperlakukan. Lakukan pertemuan bulanan dengan tim Anda dan diskusikan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengalaman konsumen secara efektif. Sebab di tahun depan pesaing Anda akan semakin banyak dan variatif, sementara konsumen akan semakin sensitive dan terkesan ‘jual mahal’.

Don’t: Terkadang ketika pebisnis memiliki rak toko yang dirancang dengan baik, lokasi yang strategis, dan harga yang tinggi, mereka merasa kesuksesan sudah di depan mata. Pada akhirnya mereka mengabaikan pelayanan prima pada pelanggan. Hindari mentalitas ini! Sebab apapun bisnisnya, pelayanan pelanggan yang buruk akan menjadi racun. Dengan mudahnya orang menyebarkan informasi di blog pribadi, forum, atau social media, reputasi Anda di dunia online akan hancur ketika pelanggan berbagi ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan Anda

 

Pemanfaatan Ruang Toko

Do: Saat mulai mengisi space dengan rak dan aksesorisnya, buatlah rancangan yang matang sesuai dengan positioning toko retail Anda. Ambil tindakan yang tepat untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari toko yang didesain, termasuk menentukan warna, layout rak toko, flow pengalaman pengunjung, hingga aksesoris penguat identitas branding.

Don’t : Memanfaatkan ruang bangunan dengan tampilan ala kadarnya. Cara mungkin akan lebih menghemat biaya desain toko. Namun lupakan hal ini karena kemungkinan besar akan menghilangkan identitas toko retail Anda.

 

Foot Traffic atau Lalu Lintas Pengunjung

Do : Hati-hati menganalisis perkiraan pengunjung yang berada di area toko baru Anda. Sangat penting untuk melakukan analisis riset pasar tentang lokasi geografis dan menentukan apakah koridor di rak toko Anda ideal untuk menampung pengunjung. Selain itu, perhatikan juga jumlah toko pesaing di industri yang sama dan kedekatan bisnis mereka dengan lokasi toko Anda. Salah analisis bisa menyebabkan toko Anda overload dan malah merugikan.

Don’t: Memilih lokasi toko karena Anda suka atau karena harga sewa yang menguntungkan? Sepertinyua itu bukanlah hal yang bijak. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka pet shop di lokasi yang terdapat banyak keluarga muda, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan loyo karena peminatnya sedikit.

Itulah tadi hal-hal yang perlu dan terlarang untuk diterapkan pelaku bisnis toko retail di tahun depan. Tentunya tips-tips ini diambil berdasarkan prediksi persaingan pasar di tahun depan. Jika Anda berniat membuka toko baru, ada baiknya untuk memerhatikan aspek-aspek ini. Selamat mencoba!