BELAJAR DARI SUPERMARKET: Hal Kecil Berdampak Besar untuk Omzet Minimarket Anda

Ada banyak hal dari supermarket ternama yang bisa dipelajari oleh minimarket kecil dalam menciptakan toko dengan performa yang tinggi. Para pengelola ternama tidak hanya fokus pada penataan rak supermarket, penyusunan produk, atau visual toko mereka. Namun mereka juga mengerahkan waktu dan pikiran mereka untuk memerhatikan hal-hal kecil yang memanjakan pengunjung.

Sentrarak mengajak Anda untuk lebih jeli melihat elemen-elemen kecil yang memberi dampak besar pada konversi penjualan minimarket Anda. Anda dapat memanfaatkan elemen-elemen ini dan mengombinasikannya dengan yang lain, seperti strategi visual produk, tata letak rak minimarket, atau tampilan iklan.

Sertakan Iklan Produk yang Estetik

Pernahkah Anda bertanya mengapa iklan-iklan pakaian fashion dan produk kecantikan selalu menyertakan model yang indah dan sempurna?

Karena para pengiklan mengetahui bahwa model dengan tampilan indah dan sempurna yang terasosiasi dengan brand atau produk akan membantu menjual bahkan ketika produknya tidak tampak indah.

Konsumen secara alami tertarik pada hal-hal yang indah. Dengan menggunakan gambar yang diidealkan dan model yang indah, pengiklan berusaha membujuk orang untuk percaya bahwa mereka dapat meningkatkan diri mereka sendiri dan terlihat sempurna seperti model-model itu dengan penampilan mereka sendiri jika mereka menggunakan produk yang diiklankan.

Bagaimana mengaplikasikannya pada minimarket Anda?

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menampilkan brand ambassador yang cantik atau tampan untuk menyambut pengunjung di depan pintu atau di antara rak minimarket terdepan Anda. Tak perlu menyewa public figure, cukup dengan menampilkan orang biasa dengan tampilan menarik.

Estetika yang Anda hadirkan di antara rak minimarket akan terasosiasi dengan retail image Anda sehingga membuktikan bahwa minimarket Anda bukan minimarket biasa.

Jangan Biarkan Pegawai Minimarket Memutar Musik Sesuka Mereka

Strategi retail kecil tidak hanya berbicara mengenai penataan rak minimarket dan diskon. Anda pun harus melakukan branding dengan baik.

Ya, ketika pengelola minimarket ingin mengoptimalkan branding, hal yang umumnya dipertimbangkan hanya mencakup pencahayaan, tampilan depan, logo, tata letak rak minimarket, dan suasana. Namun ada satu hal yang sering luput, yaitu musik yang dimainkan.

Pengelola minimarket mayoritas membiarkan pegawainya memilih playlist minimarket sendiri. Ini mungkin terlihat sepele. Tapi percayalah ketika playlist mereka tidak sesuai dengan positioning minimarket Anda, kemungkinan besar branding yang Anda lakukan selama ini akan kacau.
Tentu akan aneh jika minimarket dengan rak berkualitas, warna yang elegan, serta produk yang premium memasang lagu-lagu yang sering diputar di terminal atau pasar tradisional. Maka jangan biarkan keanehan ini ada di minimarket Anda.

Manfaat selanjutnya, Anda bisa mempengaruhi suasana hati dan aktivitas fisik pengunjung dengan mengurangi atau meningkatkan detak jantung mereka. Para pengelola supermarket besar telah lama menggunakan musik untuk mempercepat atau memperlambat kunjungan pelanggan dan membuat mereka mengeluarkan lebih banyak uang.

Terakhir, pemilihan musik untuk toko Anda berguna untuk menargetkan konsumen Anda. Pengunjung muda umumnya bertahan lebih lama di minimarket dengan musik yang keras. Sementara orang tua dapat dengan mudah menjadi frustrasi dengan volume dan musik yang keras. Memilih jenis musik yang sesuai dengan minat audiens Anda akan memfilter siapa pengunjung minimarket Anda.

Manjakan Indera Penciuman Pengunjung Minimarket Anda

Pengelola minimarket umumnya akan berasumsi bahwa konsumen jarang memperhatikan seperti apa aroma toko yang mereka kunjungi. Namun, Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa penggunaan aroma dapat memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku pengunjung di antara rak minimarket Anda.

Menurut penelitian, manusia dapat mengingat dan membedakan lebih dari 10.000 aroma yang dapat memicu emosi dan kenangan, serta mengontrol suasana hati dan keadaan pikiran. Sebagai contoh, lavender terbukti mengurangi kecemasan dan meringankan stres, sedangkan vanili diyakini memiliki efek menenangkan.

Intinya penggunaan aroma udara ambient tertentu mendorong orang untuk menelusuri rak minimarket lebih lama dan berbelanja lebih dari yang mereka rencanakan. Jika perlu, Anda bisa merekrut fragrance specialist (ahli aroma) untuk mengontrol respons pengunjung hingga mempengaruhi keputusan pembelian mereka demi keuntungan Anda.

Jadi, sekarang, Anda telah menyadari pentingnya pencahayaan, suara, bau dan warna bagi kesuksesan minimarket Anda bukan? Maka dari itu, terapkan pelajaran berharga ini pada minimarket Anda. Jangan hanya fokus seputar penataan rak supermarket saja.

Selamat mencoba!