12 Ide Valentine Toko Ritel untuk Merebut Hati Pelanggan • Sentra Rak

Ide Valentine Toko Ritel : 12 Trik untuk Memenangkan Hati Pelanggan Anda

Karena hari kasih sayang sudah tiba, kami pikir inilah saat yang tepat untuk mengingatkan pemilik toko ritel rentang ide yang dapat dilakukan untuk menyebarkan cinta di hari valentine. Anda tidak harus punya toko bunga atau hadiah untuk menunjukkan semangat Hari Valentine.

Seperti yang akan kami paparkan di bawah ini, ada banyak ide yang dapat Anda lakukan sekitar tanggal 14 Februari (atau hari apa pun, dalam hal ini) untuk menunjukkan kepada pelanggan dan staf betapa Anda mencintai mereka. Dari ide promosi Hari Valentine hingga kampanye yang mudah diterapkan, berikut adalah beberapa trik untuk dicoba pada dan sebelum tanggal 14.

#1. Temukan Obral Hari Valentine Dan Peluang Kemitraan

Gunakan event seasonal ini untuk menemukan peluang pendapatan bagi toko Anda. Sediakan produk yang biasanya dibeli untuk Hari Valentine. Ini termasuk perhiasan, kartu ucapan, permen, atau bunga.

Penting juga untuk diingat bahwa Hari Valentine bukan hanya tentang “barang”. Banyak konsumen cenderung memperlakukan orang yang mereka cintai dengan pengalaman seperti makan malam di restoran romantis atau nonton film.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk bermitra dengan restoran atau teater lokal bulan Februari ini. Mungkin Anda dapat menawarkan tiket pertunjukan atau voucer sebagai bagian dari promosi Hari Valentine.

#2. Munculkan Ide Promosi Hari Valentine

Menurut penelitian oleh NRF, hampir 49% konsumen mengatakan mereka akan berbelanja lebih banyak jika mereka menemukan ” promosi yang sangat bagus”.

Jelas sekali, pelanggan Anda sedang mencari promo, jadi sebaiknya Anda membuat promosi untuk hari Valentine untuk menarik orang ke toko Anda dan mendorong penjualan.

Misalnya, jika Anda mencoba penjulaan produk yang lambat, maka penawaran BOGO (Buy One Get One) akan menjadi pilihan terbaik Anda. Tetapi jika tujuan Anda terlalu mendorong penjualan, maka diskon harga adalah pilihan tepat.

 Cari tahu jenis promosi terbaik untuk produk dan audiens Anda, lalu terapkan di toko Anda.

#3. Buat Area Khusus Di Toko Anda Untuk Hari Valentine

Jika Anda menjual banyak barang dagangan yang berpusat pada Hari Valentine, mengapa tidak menempatkan semuanya di satu bagian yang nyaman toko Anda? Hal ini akan memudahkan pelanggan Anda untuk dapat dengan cepat menemukan apa yang dibutuhkan untuk Hari Valentine.

Lihat tampilan kreatif menata produk khusus valentine di rak toko minimarket supermarket di bawah ini:

#4. Posisikan Produk Anda Sebagai Hadiah Hari Valentine Yang Unik Dan Tidak Biasa

Tidak menjual produk kado atau produk romantis? Lihat ide apa yang dapat Anda pasarkan untuk Hari Valentine. Pertimbangkan apa yang dilakukan BirchboxMan: daripada mencoba menjual hadiah Hari Valentine yang “khas”, perusahaan memposisikan produk mereka sebagai hadiah unik dan tidak klise untuk Hari Valentine, menggunakan slogan “lebih baik daripada cokelat leleh”. Intinya kemas mereka dalam bentuk yang unik.

Berikut informasi menarik lainnya dari studi NRF: menurut survei mereka, 36,4% responden “menyatakan bahwa mereka bersedia membelanjakan sedikit lebih banyak jika mereka menemukan hadiah yang sempurna untuk seseorang”. Ini memberi tahu kami bahwa meskipun mendapatkan harga yang fantastis adalah faktor penting dalam keputusan pembelian orang, banyak konsumen masih akan membayar ekstra jika mereka menemukan hadiah yang tepat.

#5. Dorong Pelanggan Untuk Memanjakan Diri Mereka Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah sudut pandang terbaik lainnya untuk Hari Valentine. Jika Anda tidak memiliki banyak barang romantis atau barang hadiah, dorong pembeli untuk membeli produk Anda sendiri.

Jadikan ide valentine di toko Anda untuk mengirim email yang mempromosikan personal produk yang pantas mereka dapatkan.

#6. Jangan Lupa Tentang Hadiah Untuk Hewan Peliharaan

Pada tahun 2020, sebagian besar pertumbuhan belanja Hari Valentine didorong oleh konsumen yang membeli hadiah untuk hewan peliharaan mereka. Menurut penelitian tahun 2020, 27 % dari mereka yang merayakan mengatakan bahwa mereka membeli hadiah untuk hewan peliharaan mereka.

Tren tersebut tidak hanya didorong oleh konsumen yang lebih muda seperti milenial dan Gen Z; belanja hadiah untuk hewan peliharaan telah meningkat di antara semua pembeli di bawah usia 55 tahun.

Tren ini kemungkinan akan berlanjut pada 2021 dan seterusnya. Karena pandemi, pada tahun 2020 terjadi pertumbuhan yang signifikan dalam kepemilikan hewan peliharaan, jadi kami dapat mengharapkan lebih banyak konsumen untuk terlibat dalam pembelian hadiah untuk teman berbulu mereka.

Untuk itu, jika Anda memiliki sebuah petshop, pastikan untuk menerapkan beberapa inisiatif Hari Valentine.

#7. Dukung Badan Amal Atau Organisasi Lokal

Inilah ide valentine nya: tunjukkan kepada pelanggan betapa Anda menghargai mereka dengan mendukung amal atau organisasi yang mereka sukai. Mereka akan menyukai kejutan itu dan Anda mendukung organisasi lokal pada saat yang sama. Anda akan menyebarkan cinta kepada pelanggan sambil mendukung tujuan yang bermanfaat pada saat yang sama.

#8. Berikan Hadiah Hari Valentine Kepada Karyawan Anda

Jangan lupakan karyawan Anda di Hari Valentine ini. Beri mereka hadiah Hari Valentine khusus untuk menunjukkan penghargaan Anda. Melakukan hal itu tidak hanya akan menyenangkan mereka, tetapi Anda dapat bertaruh bahwa mereka akan sangat senang, mereka juga akan menyampaikan cinta kepada pelanggan Anda.

Perhatikan bahwa apa yang Anda pilih untuk dilakukan tidak harus berupa isyarat yang besar dan mahal. Bisnis dapat menyenangkan karyawan hanya dengan menawarkan makan siang atau makanan penutup sederhana. Bagaimana dengan kue berbentuk hati. Hanya sesuatu untuk membuat semua orang tersenyum dan membuat mereka bersemangat untuk hari itu. Karyawan yang bahagia menghasilkan pelanggan yang bahagia!

#9. Mengadakan Acara Virtual

Mengapa tidak mengadakan acara apresiasi pelanggan dan memperlakukan pelanggan terbaik Anda dengan makanan gratis dan waktu yang menyenangkan? Anda bahkan dapat menjalankan obral khusus saat melakukannya.

Saat Anda menerapkan jarak social, Anda dapat mengadakan acara virtual. Jika Anda seorang retailer pakaian, misalnya, mungkin Anda bisa mengadakan fashion show yang dibarengi dengan obral spesial Hari Valentine.

#10. Memasarkan Menurut Gender

Ingatlah bahwa pria dan wanita memiliki kebiasaan membeli yang berbeda selama musim Valentine. Pria, misalnya, cenderung menghabiskan lebih banyak uang daripada wanita. Menurut sebuah studi, pria akan membelanjakan $ 100 untuk pasangan mereka, sementara wanita mengatakan mereka akan menghabiskan $ 50. Dan dalam hal berapa banyak pria dan wanita mengharapkan pasangan mereka untuk menghabiskan uang untuk mereka? Pria mengharapkan untuk menerima hadiah sejumlah $ 5, dan wanita mengharapkan $ 50.

Perhatikan perbedaan ini saat menerapkan kampanye Hari Valentine Anda. Misalnya, jika Anda mengirim email pemasaran atau buletin untuk Hari Valentine, pastikan untuk menyegmentasikan daftar Anda berdasarkan jenis kelamin dan kirim email yang berbeda ke setiap grup. Sesuaikan tampilan rekomendasi dan konten yang berbeda untuk kedua jenis kelamin.

#11. Bacalah Pelanggan Anda Sebelum Mendekati Mereka

Daripada berakting dan berbasa-basi dengan semua orang di Hari Valentine, instruksikan karyawan Anda untuk mengetahui suasana hati setiap pelanggan sebelum berbicara dengan mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa bersikap ramah dan bahagia tidak selalu menjadi cara terbaik untuk mendekati konsumen. Saat pembeli sedang dalam suasana hati yang buruk, mereka tidak akan cenderung unik dalam lingkungan yang bahagia.

Jadi di Hari Valentine ini, berikan perhatian ekstra pada isyarat non-verbal pelanggan Anda. Jika pembeli terlihat senang dan bersemangat, tidak apa-apa untuk bersikap ramah dan cerewet. Namun, jika suasana hati seseorang sedang buruk, yang terbaik adalah bersimpati atau bahkan sedikit pendiam. Daripada terburu-buru untuk mengobrol dan membantu mereka, beri mereka sedikit ruang. Akui kehadiran mereka, lalu ingatkan dengan lembut bahwa Anda akan selalu ada untuk membantu jika mereka membutuhkan sesuatu.

#12. Minta Karyawan Anda Untuk Menominasikan Pelanggan (Kemudian Beri Mereka Hadiah Istimewa)

Pertimbangkan untuk memberikan penghargaan atau hadiah khusus kepada pelanggan terbaik Anda. Namun alih-alih hanya melihat data penjualan, kenali pembeli ini menggunakan cara yang lebih kualitatif. Karyawan Anda dapat menominasikan pelanggan dengan beberapa alasan. Misalnya : salah satu klien dinominasikan karena tetap bersabar saat menunggu terlalu lama karena system toko yang sedang error, dan alasan-alasan lainnya yang menjadikan pelangga layak untuk mendapatkan penghargaan.

Gunakan Hari Valentine sebagai kesempatan untuk mengevaluasi hubungan pelanggan Anda

Hari Valentine adalah musim yang tepat untuk mengingatkan bisnis bahwa mereka sebenarnya menjalin hubungan dengan pelanggan. “Banyak orang menggunakan waktu sepanjang tahun ini untuk merenungkan hubungan mereka dengan orang yang paling penting bagi mereka – orang yang mereka cintai. Ini juga saat yang tepat bagi bisnis untuk memikirkan hubungan Anda dengan orang yang paling berharga yaitu pelanggan Anda! ”

Sumber : Valentine’s Day Retail Ideas: 18 Tactics to Win Over Your Customers’ Hearts. Francesca Nicasio • January 26, 2021/



Isi Nama, Email, dan No. HP Aktif Anda dan kami pastikan Anda akan Chat langsung ke marketing kami dengan pelayanan terbaik.