Jenis teknik display barang di toko / minimarket

Penataan barang di toko / minimarket modern semakin berkembang dengan ditunjang perkembangan produk rak toko minimarket yang sangat variatif. Kita disuguhi banyak pilihan model display barang yang mempermudah pedagang untuk memperkenalkan barang dagangannya dengan rak-rak toko display, sehingga display barang dagangan bukan lagi hal yang sulit dan rumit.

Jenis-jenis rak minimarket beserta fungsinya telah dibahas pada artikel sebelumnya. Sekarang kita akan membahas macam-macam teknik display barang berdasakan penempatan barangnya, antara lain :

  1. Floor display

    Pemajangan barang dagangan yang disusun langsung di lantai tanpa menggunakan rak apapun. Floor diplay sering kita lihat pada hypermarket, karena disana memiliki area yang luas, sehingga display barang di lantai tidak mengganggu arus barang/konsumen.
    Selain itu perlu diperhatikan :
    a) diberi alas palet agar produk paling bawah tidak rusak saat proses pembersihan lantai;
    b) ukuran susunan P x L x T barang yang disusun tidak lebih dari satu meter3 ;
    c) barang yang disusun adalah produk yang sama;
    d) ditempatkan di lokasi yang strategis sehingga mudah dilihat dan tidak mengganggu arus barang / konsumen;
    e) Menambahkan Point of Purcase yang menarik.

 

  1. Vertical Display

    Transmart Maguwo Jogja by Sentra Rak

     

     

     

     

     

     

     

     

     

 

Pemajangan barang dagangan secara vertikal ke atas. Jenis display ini dapat dilakukan dengan rak gondola wall/island.
Aturan display ini adalah:
a) barang yang disusun merupakan satu produk yang sama dengan ukuran kemasan berbeda;
b) produk dengan ukuran kemasan besar diletakkan di rak selving paling bawah, dan rak selving diatasnya dengan ukuran kemasan lebih kecil;
c) perhatikan komposisi warna kemasan (letakkan produk dengan hadap yang sama)

 

  1. Wall Display
    Penataan produk di rak dengan posisi menempel di dinding. Biasanya digunakan untuk produk fashion / aksesoris. Rak yang digunakan adalah Slat wall rack.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. “Impulse Buying” Display
    Display ini semacam “pameran” barang di tempat strategis, sering dilalui konsumen dan mudah terlihat, sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Display ini biasanya diletakkan di rak end gondola atau juga rak display dekat kasir.

 

 

 

 

 

  1. Merchandise Mix Display

    Transmart Maguwo Jogja by Sentra Rak

    Pemajangan produk dengan memanfaatkan hubungan komplementer, yaitu memajang secara berdekatan antara barang yang biasanya digunakan bersama. Misalnya spagety degan saos; kopi dengan gula; minuman dengan cemilan. Sehingga konsumen akan tertarik untuk membelinya sekaligus.

 

 

 

  1. Cut Cases Display
    Pemajangan barang dengan menumpuk tanpa mengeluarkan produk dari kemasan karton, tetapi hanya memotong setengah kemasan kartonnya sehingga produk dapat terlihat walau disusun menumpuk. Display ini biasanya digunakan untuk minuman / makanan dalam botol dan kaleng.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jumble Display
    Display ini dikenal juga dengan display promo. Produk dengan berbagai macam merk dan jenis ditempatkan pada rak promo, serta diletakkan di lokasi terbuka. Konsumen bebas mengaduk-aduk barang untuk memilih.