Rak Gondola

Rak gondola adalah rak susun yang terdiri dari komponen panel besi yang telah didesain sedemikian rupa sehingga kokoh dan mampu menahan beban barang. Rak gondola biasanya digunakan di minimarket, supermarket, ware house, bahkan di toko-toko tematik seperti toko aksesoris, toko pakaian, toko mainan, elektronik, dan gadget.

Fungsi dari rak gondola menjadi sangat vital bagi toko atau minimarket, antara lain untuk menghemat ruang, memperindah ruang, memudahkan pencarian barang, menjaga kualitas dan mutu barang, serta meningkatkan omset penjualan anda.

Salah satu kelebihan rak gondola adalah menggunakan system Knock Down, yaitu mudah dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Pamasangan rak gondola tidak membutuhkan keahlian khusus, karena setiap komponennya telah diatur sangat presisi dan saling mengunci agar menjaga rak tetap kokoh.

Sistem knock down pada rak gondola

komponen gondola

  1. Rak singgle/double starting, yaitu bagian kepala dari satu row/baris gondola. Bagian kepala terdiri dari 2 buah tiang (Upright double).

 

  1. Rak singgle/double adjointing, yaitu bagian badan dari satu row gondola. Bagian badan terdiri dari 1 buah tiang saja, dan menempel pada tiang kedua dari rak starting.

 

Rak gondola biasanya ditempatkan menempel dinding ataupun di tengah ruangan toko, sehingga untuk memudahkannya ada istilah penamaan yang khas pada arak gondola, yaitu :

  • Rack Wall Gondola adalah Rak Single Gondola dimana posisinya bersandar pada dinding (wall). Biasanya Rak Wall Gondola lebih tinggi dari rak yang lainnya (Double Gondola/End Gondola).
  • Island Gondola adalah Rak Double Gondola dimana posisinya berada pada tengah – tengah suatu ruangan supermarket / toko. Biasanya Island Gondola tidak lebih tinggi dari Wall Gondola.
  • Rak End Gondola adalah Rak Single Gondola dimana posisinya sebagai penutup Rak Double Gondola, back mesh Rak End Gondola bersandar pada tiang Rak Double Gondola.

 

Berdasarkan tingkat kekuatannya, rak gondola terbagi menjadi dua kelompok, yaitu rak gondola light duty dan rak gondola heavy duty.

  • Rak gondola Light Duty merupakan rak gondola yang dapat menahan beban tidak terlalu berat. Rak ini merupakan rak ideal untuk toko, minimarket, dan supermarket. Pada dasarnya rak minimarket dan rak supermarket adalah rak gondola yang sama, yang membedakan keduanya adalah ukuran PxTxL serta ketebalan plat yang digunakan. Lebih rincinya sebagai berikut :

 

Spesifikasi ideal untuk rak minimarket :

  • Rak minimarket idealnya berukuran antara (120cm x 90cm x 35cm) hingga (200cm x 90cm x 40cm) dengan lebar papan shelving 30-40cm
  • ketebalan plat papan selving berkisar antara 0,5mm – 0,6mm.
  • Ketebalan plat tiang penyangga berkisar antara 1,5mm – 1,7mm
  • Ketebalan plat braket penyangga papan shelving antara 1,8mm – 2mm.

Dengan ketebalan ini rak gondola minimarket mampu menahan berat barang sebesar 30kg – 65kg / papan selving

Spesifikasi ideal untuk rak supermarket :

  • Rak supermarket memiliki ukuran (180cm x 100cm x 45cm) hingga (220cm x 130cm x 50cm) dengan lebar papan shelving hingga 50cm
  • Rak supermarket dilengkapi dengan penutup bawah base leg, Back plain panel, dan top cover untuk papan promosi
    • ketebalan plat papan selving berkisar antara 0,8mm – 1mm.
    • Ketebalan plat tiang penyangga berkisar antara 1,7mm – 2mm
    • Ketebalan plat braket penyangga papan shelving antara 2mm – 2,6mm.

Dengan ketebalan ini rak gondola mampu menahan berat barang hingga 120kg / papan shelving

Rak gondola Medium Duty & Heavy Duty merupakan rak gondola yang mampu menahan beban berat. Rak gondola ini digunakan untuk rak gudang dan rak toko yang menjual barang dengan berat berlebih. Rak gondola ini biasanya digunakan untuk rak ware house atau rak gudang, dengan kekuatan hingga 300kg /papan shelving.



WhatsApp chat