Kebutuhan Rak Untuk Toko Grosir Sembako

Toko grosir banyak diserbu pembeli karena biasanya dengan membeli di toko grosir harga yang kita dapat akan lebih murah. Tak hanya membeli baarang dalam jumlah banyak, beberapa toko grosir juga melayani penjualan secara eceran dengan harga miring. Sehingga tak ayal toko grosir menjadi pilihan konsumen saat berbelanja berbagai kebutuhan.

Penampakan toko grosir tradisional identik dengan toko yang penuh sesak dengan barang yang tertumpuk-tumpuk dalam kardus, berantakan, dan banyak barang dagangan yang berjatuhan karena tidak tertata dengan apik. Sedangkan toko grosir modern layaknya Woleshale terlihat begitu rapi, bersih dan mudah mencari barang, sehingga konsumen puas dengan pelayanan toko.

Apa yang menyebabkan kedua toko ini tampak berbeda?

  • Ada dan tidaknya Rak barang yang sesuai dengan karakteristik barang
  • Ada dan tidaknya manajemen stok barang
  • Desain dan layout toko
  • Perbedaan luas area, yang tentu juga berhubungan dengan modal.

 

Bagaimana menghadirkan toko grosir yang minim modal tetapi terlihat rapi dan mudah dalam pengelolaan barang?

Untuk menata barang pada toko grosir dibutuhkan beberapa unit rak yang sesuai dengan karakteristik toko grosir, yaitu toko sekaligus gudang. Kita harus mencari jenis rak serbaguna yang tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga sebagai tempat display barang.

Beberapa rak yang harus dihadirkan untuk toko grosir antara lain :

 

Rak Gondola shelving

 

 

Rak gondola shelving merupakan rak minimarket/supermarket yang tersusun dari rak starting dan rak ekstension / adjointing.

 

 

 

Menurut jumlah hadap dan penempatannya, rak gondola shelving terdiri dari:

  1. Wall rak, adalah rak gondola singgle yang ditempatkan menempel dengan dinding toko.
  1. Island rak, adalah rak gondola double yang ditempatkan di tengah toko, dan memiliki fungsi yang sama dengan wall rack. Island rack biasanya terdiri dari rak double dan rak end cap.
  1. Rak End Cap, adalah Rak End Gondola merupakan rak penutup samping dari gondola double yang berupa rak single dengan panjang yang disesuaikan dengan kedalaman rak double yang ditutupinya .
  1. Corner Rak, adalah rak gondola yang ditempatkan di sudut ruangan, dan bersambungan dengan wall rak

Rak gondola untuk toko grosir sebaiknya menggunakan rak dengan spesifikasi untuk supermarket, karena baik dari ukuran maupun kekuatannya lebih besar dibandingkan dengan spesifikasi standar minimarket.

Manfaat menghadirkan rak gondola shelving diantaranya dapat digunakan untuk menata produk grosir berukuran kecil, beras kemasan hingga 100kg, gallon air, dan juga produk kemasan karton. Sedangkan produk grosir dalam ukuran kecil dapat dibantu dengan menghadirkan shelving wire  pembatas

Rak gudang serbaguna

Rak gudang merupakan rak susun serbaguna yang memiliki spesifikasi khusus sehingga mampu menahan beban barang. Berdasarkan kekuatan beban yang mampu ditopang tiap ambalannya, rak serbaguna untuk toko grosir adalah

  1. Rak Gudang Medium Duty, merupakan kategori rak yang cocok untuk sistem penyimpanan boks berukuran sedang. Lazimnya kategori ini memiliki rak dengan sistem yang bisa diatur (adjustable) dan berkapasitas hingga 1.200 kg per level.
  2. Rak Gudang Light Duty, berguna untuk penyimpanan barang-barang berukuran kecil (kurang dari 400 kg/level). Jenis rak yang biasanya dibangun tanpa baut ini sangat mudah disesuaikan pada level apapun.

Kelebihan rak gudang dibandingkan dengan rak susun yang lain diantaranya ambalan pada rak dapat diatur ketinggiannya sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran barang. Selain itu, proses produksi rak gudang telah didesain untuk menyimpan stok barang berat/ringan dan mudah saat proses menyimpan, mengambil, dan mencatat.

Dengan menyimpan stok/display barang grosir dalam rak gudang, maka mutu produk akan lebih terjaga, tidak ada lagi rusak kemasan karena ditumpuk terlalu banyak, atau lepas pengawasan karena tertutup tumpukan barang yang tinggi. Mengapa rak gudang perlu dihadirkan? dapat dibaca disini

 

 

Untuk memudahkan Anda menentukan spesifikasi rak gudang dan rak display yang sesuai untuk toko grosir Anda, dapat langsung berkonsultasi dengan kami disini atau melalui WA 081296400732 (Fenny). Sentra Rak yang merupakan anak dari PT. Marmon Indonesia, terpecaya memproduksi rak minimarket, supermarket, hypermarket berkulitas dengan standart QC tinggi. Sentra Rak telah dipercaya  beberapa perusahaan ritel besar di Indonesia untuk pengadaan rak display dan gudang mereka. Klien kami diantaranya Carefour, Transmart, Hypermart, Foodmart, Boston, dll. Desain dan warna rak dapat dipesan custom sesuai permintaan dan kebutuhan Anda.