Kebutuhan Rak Untuk Toko Kelontong Modern

Memulai usaha rumahan dengan membuka toko kelontong merupakan pilihan yang banyak diminati. Selain karena barang yang dijual merupakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan pasar, toko kelontong merupakan usaha dengan pengelolaan yang sederhana dan dapat dilakukan siapa saja yang dirumah. Dapat dilakukan juga sebagai usaha sambilan yang menjanjikan. Namun masyarakat modern saat ini lebih tertarik berbelanja di toko-toko modern yang mengusung sistem semi-swalayan dan swalayan. Sehingga untuk mengikuti tren pasar, membuat toko kelontong modern merupakan sebuah jalan tengah.

Diantara beberapa list kebutuhan mendirikan sebuah toko modern, salah satu yang utama adalah pengadaan rak. Kebutuhan rak untuk toko kelontong lebih beragam apabila dibandingkan dengan kebutuhan rak untuk toko / minimarket rumahan. Mengapa demikian? Produk yang dijual pada toko kelontong terdiri dari produk dengan kemasan-kemasan kecil atau bahkan produk kiloan atau takaran timbangan lainnya, sehingga rak-rak yang dibutuhkan juga bervariasi mulai dari macamnya hingga ukurannya.

Beberapa rak yang wajib dihadirkan untuk membuat toko kelontong antara lain :

  1. Rak gondola shelving

Rak gondola ini merupakan rak utama yang menjadikan pembeda dan ciri khas dari toko kelontong modern yang akan dihadirkan. Rak gondola memudahkan anda dan pembeli untuk mengambil dan mengatur barang. Selain itu toko anda akan terlihat lebih rapi dan indah dengan penataan yang apik.

Rak gondola dibagi dua jenis berdasarkan sisi hadapnya, yaitu rak single wall dan rak double / island. Penjelasan lebih mendalam mengenai rak gondola dapat dibaca disini

 

  1. Rak beras / kotak beras

Untuk beras dalam kemasan 5-20kg, biasanya digunakan rak. Spesifikasi untuk rak beras masih masuk ke dalam rak gondola light duty, yaitu rak gondola shelving yang mampu menopang beban ringan. Beban yang mampu ditopang tiap-tiap ambalan pada rak ini hingga 65kg. Untuk beras curah, dapat digunakan kotak /box display beras berbentuk kaca / bahan lain transparan. Usahakan bentuk kotak / box beras ini simetri (berbentuk kubus) tujuannya agar mudah dalam pengaturan penghematan ruang.

 

  1. Rak galon


Rak galon perlu dihadirkan karena konsumen saat ini sudah lebih bijak dalam memilih produk yang akan mereka beli. Galon air yang didisplay di luar toko dan terkena cahaya matahari langsung akan mempengaruhi minat pelanggan untuk membeli air minum dari toko anda karena kualitas mutu yang tidak terjaga.

Rak galon dapat pula disatukan dengan rak gondola shelving, sehingga tidak menambah rak. Usahakan tidak terdapat banyak tumpukan galon di depan toko anda, karena sisa display dapat anda simpan dalam rak gudang.

 

 

 

  1. Rak gantung

Beberapa barang seperti aksesoris, peralatan sekolah, mainan anak, dsb akan lebih menarik apabila didisplay dalam rak gantung atau sering disebut rak mundo. Dalam bisnis rak gondola, rak gantung ini disebut rak wiremesh karena memang hanya terdiri dari tiang penyangga dan backmesh yang dilengkapi dengan hook (gantungan). Rak gantung dapat berdiri sendiri atau dijadikan satu rangkaian rak gondola. Bagaimana menyusun produk dalam rak mundo dapat dilihat disini

 

  1. Hangbar

Ciri khas dari toko kelontong adalah menjual produk eceran dengan kemasan yang beragam, sebagian besar didominasi produk sachet. Display produk ini biasanya digantung pada tali. Namun kelemahan dari pemajangan ini adalah tampilan toko yang tidak rapi apabila tidak menggunakan alat display yang memadai. Display produk sachet membutuhkan trik khusus sehingga tampilan toko akan tetap terlihat rapi.

  • Menggunakan holder / shelving wire

  • Menggunakan crossbar

 

  • Memanfaatkan display dari suplyer

  1. Rak gudang serbaguna

rak gudang pada toko modern digunakan untuk penyimpanan barang persediaan. Jadi tidak semua persediaan dagangan ditempatkan di area display toko yang membuat suasana toko menjadi penuh sesak. Rak gudang tak hanya berfungsi sebagai penyimpanan stok saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat pemeliharaan barang-barang yang disimpan di dalamnya. Beberapa keuntungan dan manajemen gudang pada toko rumahan dapat dibaca disini

 

  1. Rak display rokok

Rak display rokok dan kosmetik merupakan rak gondola wall yang ditempatkan di belakang kasir. Biasanya dilengkapi dengan shelving wire sebagai pembatas / wadah.