Kegunaan Gudang dan 6 Alasan Pentingnya Rak Besi Didalamnya

Gudang tidak dapat terlepas dari serangkaian kegiatan logistik. Gudang sendiri memiliki fungsi atau kegunaan yang cukup penting, tidak hanya sebatas tempat penyimpanan barang. Banyak aktifitas yang terjadi disana. Apa saja kegunaan gudang dan alasan apa yang menjadikan pergudangan menjadi penting? Berikut ulasannya.

Kegunaan Gudang / Warehouse

#Inbound consolidation
Dimana barang-barang yang akan diproses, dikonsolidasikan terlebih dahulu didalam warehouse sebelum masuk kedalam proses produksi.
#Goods In Process (product mixing)
Dari pabrik-pabrik dilokasi yang berbeda dikonsolidasikan di dalam suatu gudang / warehouse untuk dirakit terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke pasar.
#Outbound Consolidation
Barang-barang yang diproduksi di pabrik-pabrik yang terletak dilokasi berbeda, dikonsolidasikan sebelum di serahkan kepada para pelanggan.
#Outbound Dispertion (break bulk)
Barang-barang yang telah dihasilkan disuatu pabrik dimasukan ke dalam gudang/warehouse untuk dibagi-bagi kedalam volume yang lebih kecil sebelum didistribusikan kepasar atau para pelanggan gudang.

4 Alasan Yang Mendasari Pentingnya Pergudangan

#Transportation-Pruduction Cost Reduction
Gudang mempunyai peranan penting di dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi, pada dasarnya gudang yang selalu dikaitkan dengan proses persdiaan barang menimbulkan tambahan biaya tersendiri bagi barang yang didistribusikan.

#Coordination of supply and demand
Gudang berfungsi salah satunya adalah sebagai unsur koordinasi antara penawaran dan permintaan, volume permintaan tidak selalu dapat diproyeksi secara relative akuarat sedangkan proses produksi harus dilakukan untuk menghasilkan suatu volume tertentu.

#Production considerations
Proses produksi untuk barang-barang dengan klasifikasi dan karakterisik tertentu membutuhkan gudang untuk menekan biaya produksi maupun untuk melengkapi proses akhir produksi barang.

#Marketing considerations
Barang dengan tipe, klasifikasi dan karakteristik tertentu menuntut harus siap tersedia dipasar, agar pasokan barang tersebut dipasar tidak terhenti.

Terlepas dari itu semua dengan adanya gudang dalam sebuah usaha juga menuntut mereka untuk pemakaian susunan rak besi yang tepat guna dan berfungsi dengan baik.

Betul sekali, apapun bisnisnya, setiap pengusaha akan memerlukan rak besi dalam menjalankan usahanya. Terutama jika bisnisnya berhubungan dengan produk fisik, baik itu produksi, manufaktur, distribution channel, maupun keagenan.

Namun sering sekali pada kenyataannya karena terlalu disibukkan dengan pekerjaan rutin yang taktis, para pengusaha melupakan aspek yang sangat penting ini : mengadakan gudang, sistem rak dan organisasi barang. Maka tak jarang kita melihat toko-toko yang semrawut, tidak memisahkan area pelayanan dan area penyimpanan, pelayanan yang lama karena akses barang yang rumit, juga terkadang sebuah toko penuh kardus berserakan di lantai, menghalangi jalur yang dilewati pengunjung toko maupun karyawannya.

Berikut adalah 6 alasan kenapa usaha perlu rak besi untuk Gudang:

Meningkatkan omzet penjualan
Rak besi memiliki fungsi display yang tersusun rapih
Mempermudah Akses in-out barang
Melindungi stock barang
Menampung kelebihan barang yang tiba-tiba
Hemat tempat
Mempermudah pengorganisasian barang

Seberapa Perlukah Rak Gudang Di Minimarket? –>