Kelebihan dan Kekurangan Rak Toko Minimarket Bekas

Saat anda ingin menghemat anggaran untuk pengadaan peralatan display seperti rak toko minimarket atau disebut rak gondola minimarket, membeli rak bekas menjadi salah satu pilihan karena rak toko minimarket merupakan bagian atau komponen investasi terbesar kedua atau hampir 50-50 dengan komponen modal kerja (barang dagangan) saat anda akan mendirikan sebuah toko minimarket. Bahkan untuk toko serba ada anggaran untuk peralatan display bisa mencapai 60% hingga 70% dari total nilai investasi.

Beberapa hal diatas dapat dijadikan alasan mengapa kita harus jeli dalam memilih dan membuat keputusan untuk menentukan vendor dalam pengadaannya. Selain itu, mungkin kita akan berfikir untuk membeli rak bekas atau rak rekondisi sebagai asset. Alat display di toko minimarket antara lain rak gondola/ rak shelving, etalase, rak promo, cooler display, freezer.  Berikut akan kita uraikan beberapa pertimbangan yang sebaiknya anda ketahui untuk membeli rak toko minimarket bekas.

Kelebihan membeli rak toko minimarket bekas antara lain harga lebih murah. Pada dasarnya anda menginginkan rak gondola dengan kualitas baik, dengan ukuran plat yang tebal tetapi dengan harga yang murah. Berbagai penawaran rak gondola minimarket rekondisi tentu bisa menjadi pilihan. Namun tentu saja kita harus jeli memilih rak bekas tersebut. Selain itu, membeli rak toko minimarket bekas dapat mengurangi limbah, dengan daur ulang.

Pertimbangan kelebihan  harga murah untuk rak toko minimarket bekas tentu perlu disandingkan dengan beberapa kekurangan yang perlu kita pertimbangkan, antara lain :

  • Tidak bisa memilih model sesuai dengan brand toko kita

Saat ini penawaran desain dan model rak display minimarket tentu semakin beragam karena persaingan brand dan ciri khas toko minimarket menjadi alasan utama untuk menarik pelanggan. Dengan membeli rak minimarket bekas tentu kita tidak dapat bebas menentukan desain yang kita inginkan, tetapi hanya terbatas pada pilihan yang tersedia saja, yang sebagian besar merupakan model standart.

  • Sulit menemukan penjual

Membeli barang bekas tentu saja tergantung dari keberuntungan kita, dan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk “menunggu” barang yang kita inginkan tersebut dijual oleh seseorang, dan tentu saja ini menghambat proses pendirian usaha baru kita.

  • Tidak dapat menentukan ukuran

Rak gondola minimarket memiliki ukuran yang tentu saja disesuaikan dengan bentuk dan ukuran luasan toko yang kita punya. Dengan membeli rak gondola minimarket bekas, kita tentu saja tidak dapat menentukan sendiri ukuran dimensi PxLxT dan ketebalan plat besi yang digunakan.

  • Kadang tidak tersedia sesuai jumlah yang kita inginkan

Apabila kita memiliki luasan toko yang besar, tentu kita membutuhkan sejumlah rak gondola wall, rak singgle / double starting, rak single / double adjointing, serta rak end. Namun kadang penjual rak gondola bekas tidak memiliki sejumlah yang kita butuhkan dengan spesifikasi yang sama, sehingga jika kita memaksakan, toko minimarket kita jadi “gado-gado” karena memiliki spesifikasi rak yang berbeda untuk satu luasan display. Hal ini tentu mengurangi keindahan toko minimarket kita.

  • Kualitas barang menurun

Membeli rak toko minimarket bekas dipakai orang lain tentu saja kita tidak tahu apa yang terjadi dengan rak tersebut sebelum direkondisi. Rak toko minimarket membutuhkan kekuatan untuk mempu menopang berat barang dagangan dan tentu saja dari goncangan / tersenggol konsumen saat berlalu lalang di toko minimarket kita.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan membeli rak toko minimarket bekas yang telah diuraikan diatas, semoga dapat membantu untuk membuat keputusan saat menyiapkan peralatan display di toko minimarket anda.

Rak minimarket kualitas terbaik dengan harga murah



WhatsApp chat