minimarket sentra rak

Membuat toko kelontong menjadi lebih menarik

Pada dasarnya minimarket dan toko kelontong adalah dua hal yang serupa, tetapi tentu saja tidak sama. Dimanakah perbedaannya?

Di toko kelontong sistem penjualannya masih konvensional, dimana pembeli harus menyebutkan dulu barang yang ingin dibeli secara detail, kemudian penjual akan mengambilnya ditumpukan dagangan (yang tentu saja tidak dapat dijangkau oleh pembeli karena adanya etalase toko sebagai pembatas) dan diikuti dengan tanya jawab bahkan tawar menawar harga barang tersebut. Jika terjadi kesepakatan maka baru dilakukan pembayaran. Terasa berbelit-belit bukan?

Berbeda halnya yang terjadi di minimarket. Minimarket menerapkan sistem swalayan, dimana pembeli dapat mengambil, memilih, dan membandingkan harga secara langsung dari barang yang dibutuhkannya. Pembeli dapat dengan mudah menemukannya karena barang dagangan tersusun secara rapi dan apik dalam rak-rak minimarket serta rak gantung yang modern, kemudian langsung membayarnya di meja kasir. Simple bukan?

Perbedaan yang mencolok pada penyusunan barang di rak minimarket inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli untuk lebih memilih minimarket dibandingkan belanja di toko kelontong.

Mari kita ulas lebih mendalam mengenai keunggulan minimarket dibandingkan dengan toko kelontong!

 

Rak minimarket Sentra Rak

 

Dalam beberapa hal, minimarket memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan toko kelontong, diantaranya : lokasi yang strategis, halaman parkir yang memadai, tampilan toko menarik, bersih, sejuk (ber-AC), rapi, dan nyaman dengan desain rak yang menarik. Dengan terpampangnya berbagai macam produk yang tersusun apik di rak gondola minimarket, rak gantung, slatwall panel akan memanjakan pembeli sehingga barang tidak hanya mudah dicari tetapi pembeli juga dapat membandingkan produk yang satu dengan yang lain dengan harga yang sudah jelas tertera. Selain itu pelayanan yang baik terhadap pembeli, serta pengawasan terhadap tanggal kadaluarsa dan standar penyimpanan produk yang lebih baik menjadi pertimbangan utama tentunya. Terlebih lagi minimarket menawarkan harga promodan biasanya didisplay secara menarik di rak promo yang mereka tempatkan di area depan.

Apa yang harus dilakukan toko kelontong agar mampu bersaing?

Beberapa hal yang telah diuraikan diatas, merupakan alasan mengapa minimarket lebih diminati para pembeli. Lalu apa yang harus dilakukan oleh toko kelontong? Tentu saja melakukan modernisasi toko. Perkembangan perilaku konsumen Indonesia modern menginginkan tempat berbelanja yang murah, nyaman dan juga mereka bebas memilih. Modernisasi yang dilakukan salah satunya dengan merubah tampilan toko dan penataan barang dagangan ke dalam rak gondola minimarket, dalam arti merubah sistem konvensional menjadi sistem swalayan. Tips memilih rak minimarket dan menempatkannya dengan tepat, akan dibahas pada artikel “Langkah Merumuskan Strategi Bersaing Tepat Sasaran pada Toko Kelontong”

.