Komponen Rak Gondola Toko, Minimarket dan Supermarket

Komponen Rak Gondola Toko, Minimarket dan Supermarket

Hal penting dalam membuka usaha minimarket / toko kelontong modern adalah memilih jenis rak toko minimarket dengan tepat. Rak toko minimarket selain berfungsi sebagai wadah barang dagangan, tetapi juga membuat minimarket menjadi teratur dan rapi, serta dapat memaksimalkan fungsi ruang yang sempit agar terlihat lebih luas.

Rak yang selama ini sering kita lihat di minimarket/supermarket disebut sebagai rak gondola. Rak Gondola adalah jenis rak toko yang digunakan untuk minimarket, supermarket, maupun hypermarket. Rak gondola dilengkapi dengan papan shelving untuk menata barang display. Rak gondola terbuat dari bahan metal yang dirancang saling menopang sehingga kuat menahan beban barang display dalam jumlah besar. Selain itu papan shelving pada rak gondola dapat diatur jarak/ketinggiannya sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi barang yang didisplay.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai rak gondola, admin akan jelaskan bagian-bagian dan istilah dari rak gondola.

Sebuah gondola standart terdiri dari:
Rak Toko Light-Duty

  1. Upright
    Adalah tiang penyangga utama dari rak gondola. Pada rak pertama (starting rak) memiliki 2 tiang (double), sedangkan pada rak lanjutan (adjointing rak) hanya memiliki satu tiang (singgle).
  1. Foot / base leg
    Merupakan bagian kaki dari gondola, dan menyangga uprigh dengan sudut 90o. Biasanya base leg dibuat menyatu dengan base shelving. Base shelving merupakan papan shelving yang letaknya paling bawah/dasar yang sifatnya tetap (tidak dapat dilepas/dipindahkan sehingga berfungsi sebagai pengunci rak gondola.
  1. Back Panel
    Merupakan bagian punggung dari gondola. Bagian ini menghubungkan upright. Biasanya back pada gondola dibuat dari berbagai macam pilihan bahan, antara lain sbb:
    • Back mesh panel
      Merupakan back gondola yang dibuat dari stik besi yang disusun seperti ram
    • Back plain panel
      Merupakan back gondola yang dibuat dari plat besi yang dibuat tertutup.
    • Back wooden panel
      Merupakan back gondola yang dibuat dari panel kayu
    • Back perforated
      Merupakan back gondola yang dibuat dari plat besi yang dibuat berlubang (berpori). Back seperti ini dapat difungsikan juga untuk rak gantung dengan melepas papan shelving dan menggantinya dengan gantungan.
  2. Top cover / Plint
    adalah tutup rak gondola yang berfungsi untuk mengikat dan memperkokoh posisi kedua upright.
  3. Papan shelving
    adalah papan tatakan untuk menempatkan barang dagangan. Posisi papan shelving ini dapat diubah jakar vertikalnya sesuai dengan kebutuhan.
  4. Bracket papan shelving
    8
    adalah braket penyangga/tumpuan papan shelving yang terhubung pada upright.

 

 

 

Berdasarkan jumlah sisi hadap papan shelving, gondola dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Rak Singgle /Wall Rack
    6Rak Singgle adalah rak gondola yang hanya memiliki satu hadap saja dan biasanya rak singlle ini ditempatkan di area paling tepi atau menempel dengan dinding. Rak singgle ini juga disebut sebagai Wall Rack

 

 

 

 

 

  • Rak Double / Island rack

Island gondola 2-Convenient storeRak double adalah rak gondola yang memiliki dua hadap rak shelving yang saling berpunggungan. Rak double ini biasanya ditempatkan di tengah minimarket,  menyerupai sebuah pulau. Rak double ini juga disebut sebagai Island Rack

 

 

 

  • Rak End Cap
    Rak toko ideal untuk minimarket /toko kelontong modern
    Rak end cap adalah Rak End Gondola. Berfungsi sebagai penutup gondola island double, back mesh rack end gondola bersandar pada tiang rak double gondola

 

 

Jika anda ingin membuat gondola yang panjang dan berderet, maka pada proses pemasangan rak gondola singgle maupun double dikenal dua jenis rak, yaitu :

komponen gondola

 

  1. Rak singgle/double starting, yaitu bagian kepala dari satu row/baris gondola. Bagian kepala terdiri dari 2 buah tiang (Upright double).
  2. Rak singgle/double adjointing, yaitu bagian badan dari satu row gondola. Bagian badan terdiri dari 1 buah tiang saja, menyatu ke rak starting.

Related Post

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.