Layout & Kebutuhan Rak Untuk Minimarket Rumahan

Minimarket atau toko kelontong merupakan usaha yang banyak diminati untuk mulai merintis usaha rumahan. Minimarket rumahan mudah dikelola dan dikembangkan. Jenis usaha toko ini menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari mulai dari kebutuhan rumah tangga, pribadi, dapur, perlengkapan rumah, hingga maian anak-anak sehingga membuatnya menjadi tempat tidak akan sepi pembeli.

Minimarket skala rumahan, merupakan bentuk modernisasi dari warung dan toko kelontong yang mengimbangi pesatnya pertumbuhan minimarket waralaba seperti Alfamart dan Indomaret yang saat ini banyak sekali ditemui. Modernisasi perlu dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Untuk mendirikan sebuah minimarket rumahan anda perlu memperhitungkan besarnya modal yang dibutuhkan terutama untuk membeli beberapa aset seperti rak minimarket dan perlengkapan lain.

Rak minimarket yang wajib dihadirkan antara lain :

  1. Wall rak / Rak Dinding /Rak Gondola Single
    adalah rak gondola yang ditempatkan menempel dengan dinding minimarket. Rak dinding terdiri dari RAK SINGLE starting dan diextention dengan RAK SINGLE adjointing.
  2. Island rak / Rak Tengah / Rak Gondola Double
    adalah rak gondola yang ditempatkan di tengah minimarket. Rak tengah biasanya terdiri dari RAK DOUBLE starting dan diextention dengan RAK DOUBLE adjointing, kemudian pada sisi depan dan belakan unit ditutup dengan RAK END.
  3. Rak End Cap / Rak penutup /Rak Gondola Single
    adalah Rak SINGLE yang berfungsi sebagai penutup gondola island. Bagian back mesh rak end bersandar pada tiang rak double. Yang membedakan karakter rak end adalah ukuran panjang rak yang harus disesuaikan dengan lebar rak doble yang akan ditutupinya.
  4. Hook / Gantungan
    Kita dapat mengatur rak yang kita punya untuk dibuat rak shelfing maupun rak gantung. Kita tinggal melepas bagian shelfing rak atau mengatur ketinggiannya sehingga terdapat ruang untuk memasang gantungan. Rak gantung ini biasa kita sebut sebagai Cross Bar Rak / wire mesh / rak mundo / rak gantung. Rak ini berfungsi untuk memajang barang dagangan dengan cara digantung.
  5. Rak promo
    rak yang mirip seperti meja berkeranjang, yang digunakan untuk men-display barang yang sedang promo/obral.
  6. Rak gudang
    rak susun serbaguna untuk menyimpan stok barang yang tidak di-display. Rak ini memiliki fungsi penting karena akan mempengaruhi kerapian toko dan keteraturan manajemen barang.

Ukuran standart RAK SINGLE maupun DOUBLE starting dan adjointing kualitas import diantaranya :

  • 120cm x 90cm x35cm
    shelf dasar 35cm, shelf atas 30cm, dengan susunan shelf 1+3
  • 150cm x 90cm x 40cm
    shelf dasar 40cm, shelf atas 30cm, dengan susunan shelf 1+3
  • 170cm x 90cm x 40cm
    shelf dasar 40cm, shelf atas 30cm, dengan susunan shelf 1+4
  • 200cm x 90cm x 40cm (hanya ada untuk Rak Single)
    shelf dasar 40cm, shelf atas 30cm, dengan susunan shelf 1+4

Layout dan kebutuhan rak yang disesuaikan dengan ukuran ruangan tipe rumahan / garasi :

Selanjutnya…