Membuat Rak Shelving / Rak Susun dari kayu

shelfRak susun merupakan rak multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sebagai contoh digunakan untuk rak gudang, rak garasi, rak toko, ataupun rak minimarket sederhana anda. Apakah anda ingin membuatnya sendiri dengan biaya lebih murah, dari bahan kayu namun tetap kokoh dan bahkan anda dapat memanjatnya? Halaman ini menjelaskan bagaimana membuat rak susun/ rak shelving dengan desain yang kokoh dari bahan kayu sederhana.

bracket_diagram

Desain dasar menggunakan dua papan dipaku kedua sisi kayu ukuran 2×4, dengan sepotong kayu diagonal kecil (braket) untuk menahan rak.

Semua pertemuan kayu terpaku untuk memberikan kekakuan yang diperlukan.

cut_diagram

 

Bagian-bagian untuk satu rak dapat dipotong dari salah satu bagian kayu 2×4 seperti yang ditunjukkan di sebelah kiri. Jika Anda tidak memiliki meja gergaji, hanya membeli beberapa kayu 2×2 untuk diagonal, dan beberapa 1×3 untuk papan.

 

 

 

cut_taper

 

Potong sudut dari papan dengan cara sederhana yang terdiri dari sepotong kayu dipotong pada sudut. Untuk rak dalam artikel ini, dibutuhkan 9 buah braket dengan dua papan masing-masing, sehingga total 18 papan.

 

 

 

 

nailing_bracket
Langkah berikutnya adalah membuat braket. Braket ini kemudian dipaku ke sisi 2×4 tegak. Kemudian papan di sisi lain dari braket dipaku di tempat. Ini semua dilakukan pada meja kerja. Ini akan sulit untuk melakukan dengan 2×4 sudah dipasang tegak

 

 

 

shelf_detail

 

Untuk rak shelving yang saya buat ini, saya menggunakan beberapa sisa 3/4″ partical board, yang tidak cukup kuat cukup untuk menjangkau jarak antara rak penahan bebannya. Sebenarnya 3/4″ Plywood sudah cukup kuat. Untuk rak saya, saya tambahkan penahan seperti rel sepanjang depan rak, serta rel belakang antara braket untuk memberikan tambahan tumpuan pada papan partikel.

 

 

 

testing_strengthryan
Berikut ini menguji kekuatan rak. Tiang balok vertikal disekrup langsung dengan lantai atas/plafon, sehingga cukup kuat. Dengan saya berdiri langsung di atas salah satu shelving rak, seluruh berat badan saya ditopang oleh penyangga braket, dan nampak baik-baik saja. Untuk ruangan yang lebih tinggi, kekuatan ini berguna untuk memanjat rak bagian atas. Untuk ruang bawah tanah saya rendah, tidak perlu memanjat rak, tapi hanya untuk mengetahui kekuatan rak desain saya.

 

Selamat mencoba..

 

 

 

 

Sumber : woodgears.ca



WhatsApp chat