Mengapa Toko Minimarket Perlu Rak Gudang

Rak Gudang sudah selayaknya dimiliki toko retail (eceran) ataupun minimarket  untuk penyimpanan barang persediaan. Penyimpanan barang dagangan yang ditempatkan sekaligus di dalam ruangan toko tidak mampu menampung sebanyak penyimpanan barang di gudang, penyimpanan barang di toko hanya untuk sejumlah persediaan yang diperkirakan cukup untuk melayani kebutuhan konsumen atau pelanggan yang datang ke toko tersebut.

Gudang toko, yaitu gudang yang tempatnya menyatu atau berada di kawasan toko. Gudang toko membutuhkan pengelolaan selayaknya manajemen dalam pergudangan, seperti aturan peletakan barang, klasifikasi barang, pencatatan, dan pengawasan mutu. Namun gudang toko memiliki skala yang jauh lebih kecil. Gudang toko tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan stok saja, tetapi juga berfungsi sebagai memelihara barang-barang yang disimpan di dalamnya. Selain itu gudang toko dapat pula digunakan sebagai tempat mengolah, menyortir, membungkus, dan mengepak barang-barang yang akan dijual eceran ataupun dikirim.

Rak gudang adalah disebut rak warehouse adalah rak susun yang memiliki spesifikasi khusus yang mampu menahan beban tertentu dan juga memiliki desain yang khas untuk memudahkan pengelolaan. Rak gudang untuk toko atau minimarket bisanya cukup menggunakan rak Medium Duty & Light Duty, atau secara mudah orang awam menyebutnya sebagai rak susun serbaguna. rak Medium Duty & Light Duty merupakan rak gondola yang mampu menahan beban berat dengan kekuatan hingga 300kg tiap tingkatannya. Rak gondola untuk gudang / ware house  terbuat dari bahan metal (besi, baja, atau aluminium). Rak dari metal akan lebih baik karena selain kokoh dan tahan lama, juga biasanya dibuat dalam bentuk knock down sehingga mudah dibongkar-pasang ataupun disesuaikan ketinggian dan lebar barang.

 

Keuntungan memiliki rak gudang

  • Kebutuhan Display. Pada beberapa toko seperti toko grosir, toko sembako, bengkel, toko elektronik, toko sparepart, toko cat, toko bangunan, dan lain sebagainya membutuhkan rak gudang light duty selain untuk menyimpan stok, mereka juga menggunakan rak gudang untuk memajang barang dagangan.
  • Menyimpan stok. Untuk memenuhi kebutuhan pembelian yang fluktuatif, dibutuhkan stok barang terutama barang-barang dagangan fast moving atau barang yang cepat laku.
  • Fungsi 3in1, yaitu menyatukan toko sebagai tempat display, toko sebagai gudang, dan toko sebagai tempat pelayanan pelanggan. Hal ini sering kita lihat pada toko-toko grosir skala besar seperti Lottemart Wholesale
  • Rapi. Memata barang stok ke dalam rak gudang akan membuat toko anda menjadi lebih rapi dan terstruktur dengan baik.
  • Barang terorganisir dengan baik. Selain itu peletakan dan penyusunan yang baik juga akan memudahkan anda untuk mengorganisir stok yang ada.
  • Mudah menerapkan sistem FIFO / LIFO. Pengawasan mutu barang dagangan akan lebih mudah dengan menata barang stok ke dalam rak gudang. Barang dengan sistem FIFO maupun LIFO akan semakin mudah untuk dikontrol. Sehingga tidak ada lagi barang yang “lupa” atau barang yang sudah “terlambat” dijual pada moment-moment tertentu.
  • Menunjukkan profesionalitas dari usaha. Menjadi sebuah toko yang profesional merupakan salah satu ciri dari sebuah toko modern. Konsumen pada saat ini sudah lebih bijak untuk memilih berbelanja pada toko / minimarket dengan pelayanan yang profesional. Mereka menjadi lebih yakin terhadap kualitas barang yang mereka beli.

[BACA JUGA : Tips agar toko tampak lebih luas]

 

Spesifikasi rak gudang untuk toko

 

  • Mampu manahan beban

Jenis bahan yang ideal untuk toko /minimarket adalah besi dengan ketebalan plat antara 0,5mm – 0,6mm. Rak gondola didesain dengan titik tumpu yang kokoh. Dengan ketebalan dan desain khusus ini rak gondola mampu menahan berat barang sebesar hingga 300kg

  • Kokoh

Rak toko yang kokoh akan bertahan lebih lama, tidak mudah keropos atau goyang sehingga memangkas biaya pemeliharaan hingga puluhan tahun. Atau bahkan masih bernilai tinggi jika nanti anda akan menjualnya kembali. Jadi, pastikan rak gudang toko Anda dari Sentra Rak yang memiliki kualitas yang baik dan telah dipercaya oleh perusahaan ritel besar di Indonesia.

  • Ukurannya tidak besar

Ukuran standar rak gudang light duty untuk toko adalah Tinggi 2400mm Lebar 400mm Panjang 800-1000mm. Ukuran yang tidak terlalu besar ini tentu dapat mudah anda tempatkan pada toko anda yang tidak terlalu luas. Ukuran rak gudang dapat dipesan atau disesuaikan dengan kebutuhan pada Sentra Rak yang merupakan anak perusahaan dari PT Marmon Indonesia yang telah berpengalaman menangani rak gondola dan rak gudang untuk perusahaan ritel terkemuka di Indonesia.

[BACA JUGA : Cara Menghitung Ukuran Rak Gondola]