Meningkatkan Penjualan Bisnis Toko Pakan Ternak atau Pet Shop

Bisnis toko pakan ternak atau pet shop merupakan sebuah bisnis yang cukup sederhana dan mudah dikelola dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan. Tak sedikit orang yang rela menyisihkan uang dalam jumlah besar hanya untuk mengurus hewan peliharaannya. Namun untuk bisa membuka bisnis took paka ternak atau pet shop harus memiliki pengetahuan yang baik seputar hewan peliharaan. Untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis ini diperlukan konsep yang matang dari segi pemasarannya.

Bisnis ini menjadi salah satu bisnis unggulan terutama di kota-kota besar. Penggemar hewan peliharaan makin hari makin banyak dan terus tumbuh bertambah banyak. Tidak cuma hanya tempat penjualan perlengkapan hewan peliharaan, pet shop juga dapat dilengkapi dengan jasa penitipan hewan, dan perawatan hewan peliharaan. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan omzet penjualan usaha bisnis toko pakan ternak atau  Pet shop Anda.

  1. Lakukan Sebuah Riset
    Anda dapat meneliti atau melakukan riset kecil-kecilan seputar hewan yang paling banyak digemari didaerah yang ingin Anda bangun petshop. Dengan riset tersebut Anda bisa memutuskan akan fokus menjual hewan apa saja. Umumnya di Indonesia hewan yang paling menguntungkan untuk dijual adalah kucing dan anjing, karena pangsa pasarnya yang besar.
  2. Strategi Penataan
    Menata display produk yang akan di pajang juga memerlukan strategi. Tempatkan produk yang paling banyak terjual atau dicari orang di urutan terdepan rak gondola yang anda gunakan. Sehingga memudahkan orang untuk mencari produk tersebut. Apabila terdapat barang yang sedang promo, Anda juga dapat menempatkan produk tersebut di bagian rak toko paling depan dari pet shop Anda. Pilihlah rak gondola yang kuat menahan beban dan finishing desain yang bagus.
  3. Lakukan Promosi ke Media
    Anda dapat melakukan promosi melalui brosur, maupun melalui media sosial seperti Facebook, Blackberry, Twitter dll. Grup dan fan page Facebook, biasanya sangat cepat dan mudah mengembangkannya bisnis Anda. Dengan kemudahan akses internet kini, Anda dapat dengan mudah mengenalkan produk apa saja yang dijual di toko pet shop Anda.
  4. Buat Komunitas Pecinta Hewan
    Buatlah grup dan fan page Facebook maupun Twitter tentang komunitas pecinta hewan. Sebagai tempat berbagi ilmu, trik & tips bagaimana memelihara dan merawat hewan dengan baik. Sehingga akan muncul kepercayaan konsumen terhadap toko pet shop Anda. Anda juga bisa sesekali menggelar acara lomba hewan peliharaan untuk menarik konsumen baru.
  5. Berikan Konsultasi
    Berikan konsultasi kepada pelanggan setia pet shop Anda mengenai masalah kesehatan dan makanan untuk hewan peliharaan. Dengan adanya konsultasi tersebut, tentunya akan membuat pelanggan menjadi tahu mengenai apa saja yang diperlukan bagi hewan peliharaannya. Sehingga memberikan nilai lebih pada pet shop Anda.

Suatu usaha yang dijalankan berdasarkan hobi pelakunya akan lebih bisa menghasilkan banyak keuntungan. Karena kegiatan menjalankan usahanya akan didorong dari kecintaan akan hobinya. Jika Anda menyukai binatang akan sangat sesuai jika membuka toko pakan ternak sebagai usaha Anda. Sentra Rak menyediakan rak gondola untuk kebutuhan bisnis toko pakan ternak atau  pet shop Anda.