Merancang Gudang Toko Obat? Berikut Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan!

Gudang toko obat yang merupakan salah satu jalur distribusi dari produk farmasi memerlukan penanganan yang khusus agar sesuai dengan standar BPOM. Gudang toko obat yang baik akan senantiasa menjaga kualitas obat hingga sampai kepada konsumen.

Nah, apa saja yang harus dipertimbangkan untuk menyusun rancangan gudang yang baik untuk toko obat?

Gudang harus mempunyai tata letak ruang yang baik untuk memudahkan penerimaan, penyimpanan, penyusunan, pemeliharaan, pencarian, pendistribusian dan pengawasan material dan peralatan.

Hal Penting yang perlu dipertimbangkan dalam merancang layout gudang adalah sebagai berikut:

# Permudah lalu lintas gudang

Untuk kemudahan bergerak, gudang toko obat jangan disekat-sekat, kecuali jika diperlukan. Perhatikan posisi dinding dan pintu untuk mempermudah gerak gudangan.

Adanya rintangan dapat menyebabkan tertundanya pengangkutan barang atau bahkan sampai menghentikan arus keluar masuknya barang tersebut. Rintangan yang terjadi dapat berupa menumpuknya barang didekat pintu masuk atau keluar, alat-alat pemindah diletakkan di lorong-lorong yang dilalui sebagai jalan masuknya keluar barang, atau banyaknya bekas pembungkus kemasan yang dibiarkan begitu saja.

# Bentuk Lorong

Lebar lorong yang digunakan untuk gudang toko obat haruslah direncanakan dengan cermat dan harus sedikit lebih lebar dibandingkan dengan alat pemindah yang digunakan, agar alat pemmindah dapat bergerak dengan leluasa. Layout ruang gudang toko obat perlu memiliki lorong yang ditata berdasarkan sistem:

a. Arah garis lurus.

Dengan menggunakan layout arus garis lurus sederhana , arus barang akan membentuk garis lurus. Proses keluar masuk barang tidak melalui lorong atau gang yang berkelok kelok sehingga proses peyimpanan dan pengambilan barang relatif lebih cepat. Lokasi barang yang disimpan dibedakan antara barang yang bersifat fast moving dan slow moving. Barang yang bersifat fast moving disimpan di lokasi yang dekat dengan pintu keluar sebaliknya , barang yang bersifat slow moving disimpan di lokasi yang dekat dengan pintu masuk. Arus garis lurus sederhana adalah seperti pada gambar berikut :

b. Arah huruf U.

Dengan menggunakan layout arus “U” , arus barang berbentuk “U”. Proses keluar masuk barang melalui lorong atau gang yang berkelok-kelok sehingga proses penyimpanan dan pengambilan barang relatif lebih lama. Lokasi barang yang akan disimpan dibedakan antara barang yang bersifat fast moving dan slow moving. Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk. Layout dengan arus “U” adalah seperti gambar berikut :

c. Arah huruf L.

Dengan menggunakan layout  arus “L”, arus barang berbentuk “L”. Proses keluar masuk barang melalui lorong atau gang yang tidak terlalu berkelok-kelok sehingga proses penyimpanan dan pengambilan barang relatif cepat. Lokasi barang yang akan disimpan dibedakan antara barang yang bersifat fast moving dan slow moving. Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk layout dengan arus “L” adalah seperti gambar berikut :

# Letak tumpukan barang

Tumpukan barang harus diletakkan ditempat masing-masing agar lorong-lorongnya mudah dilalui. Jagalah jangan sampai tumpukannya menonjol keluar sehingga akan menyempitkan lorong dan akan terlihat kurang rapi. Selain itu, jika barang ditumpuk tidak beraturan maka akan diperlukan tenaga khusus untuk memindahkan tumpukan barang-barang lain untuk mencari barang yang dibutuhkan.

#  Pintu darurat

Adanya pintu darurat berfungsi sebagai akses jalan masuk serta jalan keluar apabila terjadi kebakaran atau musibah lain, pintu darurat diletakan di tempat yang mudah dijangkau, mudah dlihat oleh orang, dan ukurannya dibuat lebih besar agar bisa dilalui orang banyak.

# Pengaturan sirkulasi udara.

Salah satu faktor penting dalam merancang gudang toko obat adalah adanya sirkulasi udara yang cukup di dalam ruangan, termasuk pengaturan kelembaban udara (kelembaban relatif tidak lebih dari 60%) dan pengaturan pencahayaan. Suhu harus berada dalam batasan yang diterima (8-25oC).

# Penggunaan rak gudang dan pallet

Rak gudang dan pallet yang tepat dapat meningkatkan sirkulasi udara, perlindungan terhadap banjir, serangan hama, kelembaban dan efisiensi penanganan. Bahan dan material yang disimpan tidak boleh bersentuhan langsung dengan lantai. Pallet harus disimpan dalam kondisi yang bersih dan terawat

Distributor Rak Gudang Murah SENTRA RAK

Distributor Rak Gudang kokoh, kuat, dan berkualitas, hanya di www.sentrarak.com. kami menyediakan rak gudang bahan-bahan berkualitas, tetapi tetap mengedepankan efisiensi manajemen dan produksi, sehingga dapat memberikan harga terbaik untuk Anda para Customer.

Sentra Rak sebagai distributor Rak Gudang didukung oleh kelengkapan varian rak gudang dan tim yang profesional. Juga didukung oleh jaminan mutu Rak Gudang yang bisa dibandingkan dengan yang lain, Anda bisa yakin ketika membeli Rak Gudang untuk gudang toko obat dari Sentra Rak.

Sarana penunjang yang harus ada di gudang, antara lain:

a. Pallet.
b. Forklift.
c. Rak gudang.
d. Pengatur udara (AC, ventilator, kipas angin).
e. Timbangan.
f. Kulkas/lemari pendingin.
g. Troli.
h. Pest control.
i. Pengatur kelembaban.
j. Termometer.
k. Komputer.
l. Generator.
m. Lemari.
n. Fire extinguisher (tabung pemadam kebakaran).
o. Alarm kebakaran