Nama Toko Mirip Minimarket Terkenal (Untung/Rugi)

Tak jarang kita menemukan nama toko yang dibut mirip dengan nama minimarket terkenal. Kemiripan nama tersebut tentu saja diharapkan dapat menarik perhatian konsumen. Namun seberapa banyak keuntungan yang didapat dengan memplesetkan nama minimarket yang sudah terkenal? Atau justru malah membuat toko tersebut dihindari konsumen? Dalam artikel ini kita akan menelaah seberapa untung dan rugi menggunakan nama minimarket terkenal untuk nama toko.

Pertama, mari kita lihat keuntungan menggunakan nama minimarket terkenal. Salah satu keuntungannya toko menjadi  mudah dilihat dan mudah dikenali. Brand ternama yang sudah dikenal masyarakat akan mudah dikenali dan dilihat walaupun hanya sepintas. Dengan membuat brand yang mirip baik nama, warna, maupun logonya diharapkan toko akan mudah dilihat, ini merupakan awal dari sebuah transaksi.

Toko yang mudah dilihat dan mudah dikenali akan memberi keuntungan untuk toko yang  berlokasi di tepi jalan besar yang sebagian besar konsumennya adalah para pengguna jalan yang hanya mampir membeli kebutuhan selama perjalanan atau hanya sekedar beristirahat.

Nama yang dibuat mirip dengan nama brand minimarket terkenal akan terkesan unik. Keunikan ini memberi keuntungan tersendiri yang akan membuat toko menarik perhatian calon konsumen. Diharapkan calon konsumen akan bersedia mampir dan melakukan transaksi.

Kedua, selain memberi keuntungan, menamai toko mirip dengan brand minimarket terkenal juga mengakibatkan dampak buruk pada usaha yang sedang dibangun. Beberapa kerugian yang timbul diantaranya tidak punya identitas sendiri. Terkesan kita hanya mendompleng ketenaran brand lain. Dapat dikatakan orang akan menilai toko tersebut sebagai minimarket KW dari merk ternama. Alih-alih memperoleh pelanggan, justru toko tidak mendapat kepercayaan dari customer.

Toko dengan brand minimarket KW / plesetan dari nama minimarket terkenal hanya akan dikunjungi oleh pelanggan sesaat saja, hanya karena “melihat” dengan tidak sengaja sebuah toko yang mirip dengan brand yang sudah terpercaya dan sangat sulit untuk memperoleh pelanggan tetap.

Kerugian yang utama dari meniru nama minimarket terkenal untuk sebuah usaha toko adalah usaha yang telah dirintis tersebut akan sulit dan bahkan tidak dapat berkembang. Mengapa? Karena pelanggan tidak mengenal toko tersebut sebagai “dirinya sendiri” melainkan hanya KW dari minimarket yang telah ternama.

Sehingga misalnya toko tersebut menjadi lebih baik dari brand yang didompleng, maka nilai lebih itu akan dimiliki oleh brand minimarket, bukan pada toko.  Jadi rugi kan ya, sudah mengupayakan semua hal terbaik untuk kemajuan toko tetapi tidak berdampak pada kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut.

Nah, setelah membaca uraian diatas bukankah lebih baik kita mengembangkan brand milik kita sendiri yang unik dan berbeda dari yang lain? Sehingga toko kita menjadi dikenal dan mendapat kepercayaan pelanggan yang tidak hanya sesaat.

Yuk! Buat nama toko dan brand toko yang unik mulai dari mendesain rak minimarket yang unik, modern, elegan, dengan desain dan warna yang dapat kita rancang sesuai brand yang kita kembangkan bersama Sentra Rak, yang telah dipercaya menyediakan kebutuhan rak minimarket dan supermarket ternama di Indonesia.