Penerapan Protokol Kesehatan & SOP Minimarket saat New Normal Covid-19

Pemerintah dalam hal ini Kemetrian Kesehatan serta Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan aturan baru terkait pemberlakukan keadaan New Normal  yang merupakan imbas dari wabah covid-19. Kondisi New Normal ini juga harus diterapkan oleh pengusaha ritel seperti toko swalayan, minimarket, supermarket, hipermarket, dan department store.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat sangat penting bagi para pengusaha minimarket saat diberlakukannya new normal. Karena bukan saja menjaga para karyawan dan pengunjung dari bahaya penuluaran covid-19 tapi juga berpengaruh pada jumlah costumer yang nantinya akan datang.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan dan juga bagaimana protokol kesehatan me-new normal-kan SOP yang selama ini telah berlaku di minimarket Anda?

Berikut protokol pencegahan penularan corona virus disease (covid-19) di sektor perdagangan (area publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha minimarket (Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020) :

  1. Pertama, menerapkan penerapan sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 40 persen dari jumlah kunjungan pada saat kondisi normal dengan menerapkan kontrol yang ketat di pintu masuk dan keluar.
  2. Kedua, memastikan semua petugas, pengelola, dan pramuniaga negatif Covid-19 berdasarkan tes PCR/Rapid-Test oleh pemilik usaha atau dinas kesehatan setempat, serta mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan selama beraktivitas.
  3. Ketiga, dilakukan screening awal untuk memastikan suhu tubuh seluruh petugas, pengelola, dan pramuniaga di bawah 37,3° C sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).
  4. Keempat, melarang masuk orang dengan gejala pernafasan seperti batuk, flu, dan sesak nafas.
  5. Kelima, mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan menjaga jarak antrian 1,5 meter serta kontrol suhu tubuh pengunjung di bawah 37,3° C.
  6. Keenam, di area toko disiapkan tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer, serta menjaga kebersihan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di ruangan atau lokasi secara berkala setiap 2 kali sehari.
  7. Ketujuh, menjual barang-barang yang higienis.
  8. Kedelapan, menerapkan pembatasan jarak pada saat melakukan transaksi pembayaran di kasir 1,5 meter dan paling banyak 10 orang, serta mengutamakan pembayaran nontunai atau menggunakan uang elektronik.
  9. Kesembilan, mengoptimalkan ruang terbuka seperti tempat parkir untuk berjualan pedagang kecil dalam rangka physical distancing, dengan mengatur jarak antar pedagang dalam rentang minimal 2 meter.
  10. Kesepuluh, mengutamakan pemesanan barang secara daring dan/atau jarak jauh dengan fasilitas pelayanan pesan-antar.

Para pengusaha ritel minimarket telah melakukan persiapan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai langkah awal membuka toko. Beberapa persiapan yang dilakukan diantaranya :

  • Persiapan teknis pertama, yakni kedisiplinan para tenaga kerja untuk menjalankan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan sosial masyarakat.
  • Persiapan kedua, mempersiapkan kebersihan dan higienitas pada peralatan toko, peralatan penunjang konsumen seperti troli yang harus disemprot disinfektan. Penggunaan rak besi dengan finishing powder coating terbaik akan memudahkan Anda untuk melakukan sterilisasi, karena tidak mudah berkarat dan mudah dibongkar pasang saat sering disemprot atau di lap dengan cairan desinfektan,
  • Persiapan ketiga, melatih tenaga keamanan toko untuk mengantisipasi dan mengatur konsumen yang masuk ke dalam toko.
  • Persiapan keempat, pengunjung yang sudah masuk ke dalam toko dan pusat perbelanjaan akan diwajibkan mengatur jarak minimal 1,5 meter, baik saat berada dalam toko maupun saat melakukan pembayaran, dan antrian di kasir. Memberikan tanda di lantai untuk memfasilitasi kepatuhan jarak fisik, khususnya di kasir dan customer
    service.
  • Persiapan kelima, mempersiapkan manajemen internal dengan mempertahankan tingkat pelayanan yang sudah berjalan selama ini melalui sistem pengiriman barang. Di mana, untuk minimarket modern yang menjual bahan pokok dipastikan aman dikonsumsi, tidak kadaluarsa, dan cukup tersedia untuk konsumen.

Optimalkan ruang toko untuk menerapkan Protokol Kesehatan & SOP Minimarket saat New Normal Covid-19 agar customer tidak lagi takut berbelanja di minimarket Anda, dengan mengatur jarak rak toko dan perbarui model rak terbaru untuk menarik pengunjung.