Pengenalan peralatan Minimarket Toko Kelontong (1)

Pengenalan Peralatan Minimarket Toko Kelontong (1)

 

Pengenalan peralatan sangat penting bagi keputusan investasi. Peralatan toko merupakan bagian atau komponen investasi terbesar kedua atau hampir 50-50 dengan komponen modal kerja (barang dagangan). Bahkan untuk toko kelontong bisa mencapai 60% hingga 70% dari total nilai investasi. Oleh sebab itu sangat perlu terutama terkait denggan pemilihan dan komparasi alternatif vendor dalam pengadaannya.

Secara umum, peralatan dan perlengkapan toko kelontong / minimarket dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu :

  1. Peralatan penanganan barang
    1. Peralatan penyimpanan
    2. Peralatan pemajangan
    3. Peralatan pengisian dan ambil barang
    4. Peralatan promosi
  2. Peralatan dan perlengkapan kasir
    1. Peralatan dan sistem komputer kasir
    2. Peralatan dan perlengkapan belanja
  3. Peralatan pendukung operasi
    1. Peralatan kantor
    2. Peralatan mekanis
    3. Perlatan dan perlengkapan pendukung lainnya

 

PERALATAN PENYIMPANAN  TOKO KELONTONG / MINIMARKET

Jenis peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan barang di gudang transit sebuah toko kelontong / minimarket antara lain rak gudang, chilling box, dan chest freezer box.

medium-dutyRak gudang atau disebut rak ware house digunakan untuk menyimpan barang-barang kering, seperti berbagai minuman dalam kemasan, sembako, toiletries, dan sebagainya. Rak ware house biasanya menggunakan rak gondola Medium Duty & Heavy Duty, merupakan rak gondola yang mampu menahan beban berat dengan kekuatan hingga 300kg tiap tingkatanya. Rak gondola untuk gudang / ware house  terbuat dari bahan metal (besi, baja, atau aluminium) atau kayu. Rak dari metal akan lebih baik karena selain tahan lama juga biasanya dibuat dalam bentuk knock down sehingga mudah dibongkar-pasang ataupun disesuaikan ketinggian dan lebar barang.

Chilling box (kotak berpendingin)atau biasa disebut sebagai chiller, yaitu sebuah ruangan / kotak semacam chillerrefrigerator (kulkas) dengan suhu -1o hingga 7o C. Ruangan ini digunakan untuk menyimpan barang-barang perisables (mudah rusak pada suhu kamar) seperti susu segar, jus buah segar, atau buah-buahan impor. Dalam penggunaannya harus sangat memperhatikan kebersihan dan suhunya agar barang yang disimpan tetap dalam kondisi baik.

Chest Freezer box (kotak pembeku) digunakan untuk menyimpan stok barang-barang beku (frozen food) seperti nugget, bakso, sosis, burger, dan es krim. Sama seperti chiller, freeezer pun harus sangat diperhatikan kebersihan dan tingkat suhunya.

 

Selanjutnya.. PERALATAN PEMAJANGAN