Pengenalan Peralatan Minimarket Toko Kelontong (2)

 

Peralatan Pemajangan Toko Kelontong / Minimarket

Merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan atau menunjukkan ketersediaan barang dagangan kepada konsumen. Peralatan pajang dirancang untuk membuat tampilan barang dagangan menarik minat pengunjung untuk membelinya. Alat pajang di minimarket antara lain rak pajang (rak gondola shelving), etalase, cooler display (refrigerator), dan freezer.

Rak pajang minimarket / supermarket biasa disebut rak gondola atau shelving rack yang terbuat dari besi/baja dengan kontruksi knock-down, mudah dibongkar-pasang dengan spesifikasi ukuran tertentu. Selain sebagai rak pajang, rak gondola juga memiliki fungsi penting dalam sebuah minimarket.

Terdapat tiga tipe utama rak pajang / rak gondola toko minimarket, yaitu rak wall gondola (rak dinding), rak island gondola (rak tengah), dan rak end gondola (rak ujung).

  • rak-toko-kuatRak Wall Gondola, sesuai dengan namanya, rak wall dipasang di samping, menempel pada dinding. Rak wall sering juga disebut sebagai rak gondola singgle yaitu rak yang hanya memiliki satu arah hadap saja, dan sisi lainnya menempel pada dinding. Ukuran rak gondola toko bervariasi sesuai dengan pemesanan, tetapi terdapat beberapa ukuran standart untuk minimarket yaitu Tinggi 120 cm sampai 200 cm,  Panjang 90 cm,  dan Lebar (kedalaman) papan shelving 35 cm sampai 40 cm.
  • Rak Island Gondola, Rak toko ideal untuk minimarket /toko kelontong modernditempatkan di tengah ruangan atau tidak menempel pada dinding. Rak tengah ini terdiri atas dua sisi/dua muka hadap per set, sehingga sering juga disebut sebagai rak gondola dobel. Ukuran dari rak island juga bervariasi dan untuk standart minimarket, ukurannya sama dengan rak wall.
  • Rak End Cap Gondola tau Rak ujung merupakan sebuah rak single yang ditempatkan di sisi ujung set rak gondola island. Variasi ukurannya sama dengan rak island dan ran wall. Namun untuk ukuran panjangnya, mengikuti lebar dari rak gondola dobel island yaitu 90cm, 80cm dan 70 cm.

Baik untuk rak wall, rak island maupun rak end cap, ukuran papan shelving biasanya 5 cm lebih pendek daripada papan shelving paling bawah (base-shelves).

 

Etalase disebut juga display counter atau showcase merupakan lemari pajang yang biasanya terbuat dari kaca dengan rangka alumunium atau bahan kayu. Dengan ukuran custom sesuai dengan kebutuhan. Etalase biasanya digunakan untuk memajang barang-barang yang relatif sensitif (luxury, mahal, mudah rusak/hilang). Contohnya antara lain, parfum, susu bayi dalam kaleng, pastry, voucer HP, dan lain-lain.

Cooler display adalah alat untuk memajang minuman dingin, buah segar (khususnya buah import/subtropis), dan barang perisables (susu segar, yogurt, dan sebagainya). Berbentuk lemari pajang, dengan ataupun tanpa pintu.

Display Freezer berfungsi hampir sama dengan chest freezer, tetapi bagian depan atau atasnya dilengkapi penutup transparan dari kaca atau fiberglass. Biasa digunakan untuk memajang es krim, bakso, nugget, pie, pauw, dan berbagai makanan beku lainnya. Ukuran dari display freezer tentunya lebih kecil daripada chest freezer dan dengan desain yang menarik untuk display. Ragam dari display freezer ini dapat berupa freezer box, frozen island, ataupun display cabinet.

 

Sebelumnya…                                                                                                                                                    Selanjutnya..



WhatsApp chat