Pengenalan Peralatan Minimarket Toko Kelontong (3)

Pengenalan peralatan Minimarket Toko Kelontong (3)

Peralatan Promosi Toko Kelontong / Minimarket

Tampilan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi ciri pembeda utama minimarket / toko modern jika dibandingkan dengan toko ritel tradisional. Papan nama toko, warna cat dinding, dan berbagai alat penunjuk (signage) serta berbagai alat promosi lainnya harus tersedia atau diadakan untuk membangun citra toko.

Berikut ini akan kita bahas perlengkapan promosi toko outdoor yang dimaksudkan untuk mempromosikan keberadaan toko minimarket kita agar dikenal / diketahui oleh calon konsumen :

  • Billboard, papan nama toko, terpasang pada bagian depan/muka toko, berupa neon box dengan listplank.
  • Standing Neon Box, papan nama tunggal dengan neon box dua muka, dipasang di pinggir jalan supaya eye catching.
  • Colour banner, lis warna yang dipasang pada dinding dan pintu kaca depan toko, berfungsi membangun tampilan yang atraktif.
  • Baliho, merupakan papan informasi untuk memuat poster promosi dan pengumuman lainnya.
  • Direction sign, petunjuk araj ke lokasi toko minimarket kita. Dipasang pada perempatan/pertigaan jalan dalam coverage area, terutama di depan atau sekitar lokasi pesaing terdekat.
  • Perlengkapan promosi; spanduk, x-banner, poster, flyer, dan lain-lain.

Perlengkapan promosi on store / indoor telah kita bahas pada materi signage holder dan visual merchandising minimarket

 

Peralatan Pengisian dan Ambil Barang Toko Kelontong / Minimarket

Prinsip utama dalam penanganan barang dagangan adalah bahwa barang di rak pajangan tidak boleh/jangan sampai kosong. Barang yang kosong di rak gondola shelving harus segera diisi ulang karena barang yang kosong akan beresiko konsumen akan beralih ke tempat lain / pesaing.

Proses pengambilan barang dari rak warehouse/gudang dan menempatkannya di rak pajang / gondola shelving sering kali memerlukan alat bantu tertentu. Alat bantu yang biasa diperlukan toko ritel sesuai kebutuhannya, misalnya bangku pijak, pallet, dan sebagainya.

Berikut ini akan kita bahas beberapa alat yang biasa digunakan di toko minimarket :

  • Kickstool (bangku pijak), biasanya merupakan kursi plastik bulat tanpa sandaran. Digunakan dalam toko untuk menjangkau papan shelving yang cukup tinggi guna memajang/mengambil barang. Papan shelving paling atas biasanya digunakan untuk menyimpan stok berlebih / kemasan ukuran besar yang akan segera dipajang, yang ditutup sempurna dengan sliding sign holder header.
  • Handy steps, sejenis tangga kecil yang dapat disetel ketinggiannya untuk menjangkau rak yang relatif tinggi.
  • Flatbed trolley atau troli dorong roda dua digunakan untuk mengangkat barang dari gudang transit ke dalam toko.

 

Sebelumnya….                                                                                                  Selanjutnya….