Penting untuk Membuat Desain Gudang atau Tata Letak Gudang Terbaik

Desain gudang atau tata letak yang salah dari gudang Anda dapat memiliki dampak negatif pada bisnis Anda. Salah satunya seperti penurunan produktivitas, menciptakan masalah pada kontrol inventory, kesalahan dalam pengiriman hingga risiko keselamatan pekerja. Ketika membicarakan tata letak gudang, penting untuk memanfaatkan semua sudut gudang. Semuanya harus dapat diakses dengan mudah dan di lokasi yang tepat, tentu hal itu akan menjaga biaya operasional tetap rendah dan juga meningkatkan produktivitas gudang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu merencanakan tata letak gudang:

#Area Penerimaan yang Luas

Bagian area penerimaan bisa dibilang salah satu fungsi yang paling penting dari gudang. Hal ini penting untuk memastikan Anda memiliki cukup ruang untuk staf Anda untuk melaksanakan semua kegiatan yang diperlukan dari untuk menghitung barang dan menempatkan barang pada palet. Semakin luas ruang yang ada di daerah penerimaan, maka mudah bagi staf Anda untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat.

#Pembagian Area

Kegiatan gudang tentu butuh kecepatan dan ketepatan, maka dari itu perlu untuk membuat pembagian area pada gudang dengan pedoman yang jelas. Misalnya, area pengembalian produk harus berada pada bagian terpisah, jika perlu dipasangkan pagar dan ditandai dengan jelas. Hal ini memastikan bahwa produk yang dikembalikan tidak tercampur pada stok.

Selain itu sangat penting untuk memisahkan area pengiriman dan area penerimaan barang. Berada di lokasi yang berbeda tentu berguna untuk mengurangi masalah yang di kemudian hari.

Hal ini juga penting untuk menjaga daerah pengiriman dan penerimaan terpisah dan terletak di daerah yang berbeda dari gudang untuk menghindari pementasan yang tidak tepat barang dagangan barang.

#Jalur yang Mudah Diakses

Untuk memberikan kemudahan jalur buat staff pickers Anda agar mereka bisa mengisi pesanan dengan cepat, tepat dan mudah, maka Anda perlu mendesain jalur operasional yang paling efiesien di gudang Anda. Jalur untuk operasional gudang ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baiknya bersama konsultan supply chain Anda, buat sketsa jalur pengambilan di atas kertas sebelum memulai bekerja. Yang penting buat setiap pegawai gudang  memiliki jalur ke semua fasilitas dengan cara yang seefektif mungkin.

#Khusus wilayah kemasan:

Beberapa produk tertentu membutuhkan area untuk pengemasan secara berbeda. Dan area ini perlu berdekatan dengan area pengiriman, karena barang akan langsung berpindah dari area pengemasan ke area pengiriman. Area ini jangan terlalu dibuat terlalu besar karena tidak butuh tempat yang besar. Oleh karena itu penting untuk area pengemasan harus dibuat seefisien mungkin.

Tujuan dari pembuatan desain tata letak gudang adalah untuk mengoptimalkan fungsi pergudangan dan mencapai efisiensi dan penggunaan ruang secara maksimal.