Pentingnya Aspek Visual pada Rak Supermarket Anda

Saat ini kita hidup di dunia yang sangat visual di mana setiap hal perlu dibuat lebih menarik dipandang, termasuk dalam menata rak supermarket.Ya. faktor penampilan dalam menata rak supermarket memiliki dampak yang cukup besar dalam menarik kunjungan dan keputusan pembelian pelanggan. Pentingnya tampilan supermarket membuat beberapa orang menganggap sama pentingnya dengan kualitas layanan atau produk yang Anda tawarkan. Karena itu, penting bagi pengelola supermarket untuk meluangkan waktu dan pikiran dalam mengatur visual dari rak supermarketserta membuat suasana toko menarik.

Dalam menata rak supermarket, elemen utama yang diperlukan untuk memikat dan mendorong pelanggan meliputi sistem display, rak, dan pencahayaan. Elemen-elemen ini penting karena membantu Anda membuat pengaturan unik dari supermarket agar dapat dikenali orang dengan mudah.

Untuk memahami bagaimana masing-masing elemen ini memengaruhi penjualan ritel dan traffic kunjungan supermarket Anda, Sentrarak mengajak Anda mengaturnya secara lebih detail.

BUAT RAK SUPERMARKET ANDA ‘BERKOMUNIKASI’ DENGAN PELANGGAN

Suasana, termasuk di dalamnya karakteristik fisik dari rak supermarket, memiliki banyak kaitannya dengan keterlibatan pelanggan. Pengaturan rak supermarket yang bersih, teratur, dan menarik ternyata berkontribusi terhadap pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Agar pelanggan dapat berlama-lama melihat barang dagangan sebanyak mungkin, diperlukan tampilan yang membangkitkan minat dan tertata. Sistem display yang benar tidak hanya akan membantu Anda menampilkan barang dagangan secara pasif, tetapi juga menonjolkan produk baru secara efektif, mempromosikan barang yang slow-moving dan mempromosikan diskon sehingga rak minimarket yang Anda susun terlihat seolah-olah ‘hidup’ dan memengaruhi minat pelanggan.

Berikut ini beberapa kiat untuk mengomunikasikan display supermarket Anda.

  • Jaga agar perlengkapan display tetap bersih dan rapi, bersihkan dari debu setiap hari.
  • Upayakan untuk selalu mempertahankan kerapian susunan barang di rak supermarket. Kembalikan barang dagangan ke tempat asalnya sebelum rak supermarket Anda menjadi kacau.
  • Letakkan barang-barang khusus pada “eye level” rak supermarket Anda. Eye level adalah tingkat rak supermarket atau minimarket yang sejajar dengan pandangan pengunjung ketika berdiri didepannya. Biasanya eye level ada di tingkat nomor 4 dari bawah. Barang-barang khusus yang ditempatkan di sini bisa berupa barang penting, barang dengan penawaran eksklusif, produk premium atau apa pun yang harus untuk dijual cepat.
  • Manfaatkan Free Standing Unit atau rak khusus yang berdiri sendiri khusus untuk produk tertentu. Rak khusus ini dapat memaksimalkan ruang kosong di supermarket Anda untuk mengomunikasikan produk tertentu.

  • Ciptakan ruang yang leluasa, bersih, dan teratur untuk pelanggan. Ini akan sangat membantu pelanggan dan mendorong mereka untuk berbelanja lebih lama dan banyak.
  • Perhatikan penempatan rak, banner promo, counter penjualan dan alat kelengkapan supermarket lainnya.

Semua elemen harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga pembeli dapat melihat setiap barang tanpa hambatan apa pun. Gambar di bawah ini adalah contoh penempatan info yang menurut kami kurang baik karena menghalangi produk di sampingnya.

Contoh display rak supermarket yang kurang baik

CIPTAKAN SUASANA YANG LEBIH ‘MENYALA’

Penerangan yang tepat dapat membuat tampilan Anda menonjol dan menarik bagi pelanggan secara efektif. Selain menarik perhatian pelanggan, perlengkapan lampu yang tepat membantu meningkatkan suasana keseluruhan dari toko ritel Anda.

Untuk menjalankan tips ini, pertama Anda harus membagi pencahayaan supermarket ke dalam empat jenis; Task Lighting, Ambient Lighting, Accent Lighting, dan Decorative Lighting.

Task Lighting digunakan untuk area-area redup dari supermarket yang butuh lebih banyak cahaya. Pencahayaan ini dapat dipasang di pintu masuk toko, kamar ganti, meja layanan pelanggan, dan area checkout.

Ambient Lighting merupakan cahaya utama dari supermarket yang memastikan bahwa supermarket Anda cukup terang sehingga menentukan kecerahan pandangan pengunjung.

Accent Lighting digunakan untuk menyoroti tampilan spesifik, barang dagangan dan area di rak supermarket. Anda dapat menggunakan perlengkapan lampu ini untuk menarik fokus ke produk-produk khusus atau barang-barang diskon.

Sementara Decorative Lighting atau lampu hias menyajikan estetika dan kecanggihan pada supermarket Anda. Lampu-lampu gantung dengan ciri khas tertentu adalah lampu hias yang biasa digunakan untuk memperkuat identitas supermarket Anda.