Rak Minimarket Cepat Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Rak minimarket adalah salah satu aset yang masa penggunaannya cukup lama di antara aset minimarket lainnya. Butuh modal yang cukup besar untuk menyediakannya. Sebagai pengusaha atau pengelola toko, Anda perlu mengupayakan agar umur rak minimarket Anda tidak mudah rusak sehingga biaya fixed cost usaha Anda bisa lebih rendah. Sebagai ilustrasi, jika sebuah rak minimarket dengan harga 5 juta rupiah dapat awet hingga 500 hari, maka fixed cost atau biaya tetap yang Anda keluarkan adalah 5 juta dibagi 500, yakni 10.000 per hari. Namun jika rak tersebut Anda rawat hingga umurnya 1.000 hari, maka fixed cost Anda 5 juta dibagi 1.000, yakni 5.000 per hari. Lebih murah bukan? Karena itu, merawat rak minimarket sangat disarankan untuk Anda.

Apa Saja Penyebab Rak Minimarket Cepat Rusak?

Umumnya rak minimarket dapat bertahan dalam 2 hingga 4 tahun, tergantung pemakaian. Jika benar-benar dirawat, rak minimarket Anda dapat lebih awet hingga 5 tahun lebih. Untuk menjaga agar rak minimarket tetap awet, Anda perlu menghindari beberapa penyebab yang membuat rak minimarket Anda cepat rusak. Berikut penyebabnya:

1. Terlalu banyak debu di toko

Debu dapat merusak rak minimarket secara dobel. Pertama, debu merusak cat atau lapisan luar dari besi rak Anda. Kedua, debu yang tidak dibersihkan juga perlahan akan menggerus besi rak minimarket sehingga membuatnya rapuh. Risiko ini akan lebih tinggi pada minimarket yang terletak di daerah banyak debu seperti kawasan industri, proyek pembangunan, atau di dekat jalanan yang rusak. Hindari risiko ini dengan cara membersihkan rak minimarket secara rutin menggunakan lap basah. Selain itu, jangan lupa untuk lebih sering mengepel lantai karena umumnya pengunjung toko akan membawa debu melalui alas kaki mereka.

2. Overload

Terlalu banyak barang yang ingin di-display membuat pemilik toko mengabaikan kapasitas rak minimarket mereka. Ya, terkadang beberapa minimarket memaksakan rak minimarket penuh dengan variasi barang. Tak tanggung-tanggung, papan penahan barang bahkan berubah menjadi bengkok karena terlalu berat. Kondisi ini sangat berisiko mengurangi umur rak minimarket Anda. Jika tidak patah, minimal rak menjadi reot alias tidak berdiri stabil lagi.

3. Terkena tumpahan produk

Produk cair seperti pembersih lantai, sabun, susu, juga minuman sangat rentan mengalami kebocoran. Hati-hati dengan hal ini karena cairan yang bocor bila tidak dibersihkan akan mengkristal di permukaan rak terutama bagian sambungan. Selain sulit dibersihkan, cairan yang mengkristal di rak minimarket juga dapat mengikis cat atau chrome serta menyebabkan karat.

4. Sering dipindah-pindah

Masalah ini mungkin jarang terjadi. Namun pada minimarket yang sering gonta-ganti layout, kemungkinan rusaknya rak akan lebih tinggi. Rak yang sering dipindah akan lebih mudah goyang akibat baut-baut yang mengendur. Untuk mengurangi risiko ini, sebelum memindahkan rak ada baiknya Anda menyingkirkan barang-barangnya terlebih dahulu. Jika ingin menyeret rak, berikan alas baik dengan keset, kardus, atau kain yang agak licin. Tujuannya agar memudahkan pemindahan.

5. Membersihkan dengan Cara yang Salah

Kapan terakhir kali Anda membersihkan rak minikarket? Dengan Apa membersihkannya? Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan rak minimarket secara rutin tidak menjamin rak akan lebih awet. Mengapa? Karena membersihkan rak minimarket tidak boleh sembarangan. Yang sering orang lakukan adlaah membersihkan rak minimarket dengan lap dan kain ala kadarnya. Dan seringkali kai yang digunakan sudah kotor. Cara ini hanya akan membuat debu dan kotoran lain yang ada di lap malah menempel ke bagian-bagian rak. Itu artinya Anda sedang menempelkan kotoran ke rak minimarket Anda.

Membersihkan rak minimarket yang tepat adalah dengan kain dan air bersih. Lebih bagus lagi jka Anda menggunakan pembersih khusus seperti pembersih kaca, sabun cuci piring, atau pembersih CD.

Sahabat, itulah tadi beberapa penyebab rak minimarket cepat rusak. Hindari hal-hal ini dan lakukan perawatan yang intensif agar aset rak minimarket Anda lebih panjang umurnya.