Persiapan dan Strategi Minimarket menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2018

Musim ramadhan dan lebaran 2018 menjadi momen yang sangat dinanti karena merupakan bulan-bulan penuh berkah. Keberkahan ini juga dirasakan oleh pengusaha ritel dan minimarket karena sudah pasti penjualan meningkat selama musim tersebut. Jadi sebagai pengusaha minimarket, apa yang harus kita perbuat untuk mempersiapkan bulan penjualan itu?

 

Beberapa tantangan utama yang kita hadapi antara lain :

 

  • Stok Kosong! Kurangnya ketersediaan stok barang yang dijual
  • harga barang dari suppliyer yang terbatas dan harganya naik, sehingga kadang bisa dibilang rebutan stok
  • jalur distribusi yang terganggu dengan liburnya dan nonaktifnya truk-truk pengangkutan barang
  • biaya gaji karyawan yang bertambah karena Oleh karena itu, persiapan dan strategi yang matang harus benar-benar siap menjelang musim Ramadhan dan Lebaran.

 

Selain kendala yang ada, kita perlu melakukan analisis peluang, antara lain :

 

  • akan banyak jenis-jenis barang tertentu yang diburu pembeli, yaitu paket sembako, sirup, biskuit, bahkan paket bingkisan. Gunakan strategi penjualan yang baik.
  • menjelang hari lebaran tiba, banyak penjual makanan yang akan tutup sehingga pelanggan akan mulai memburu makanan cepat instan dan cepat saji, perbanyak stok untuk produk ini.
  • jika minimarket anda berada di tepi jalan jalur mudik dan balik, maka akan menjadi tempat alternatif para pemudik untuk beristirahat dan membeli kebutuhan selama di perjalanan, siapkanlah area parkir dan area beristirahat yang cukup nyaman dan aman bagi pengunjung anda.

 

Berdasar hasil analisis diatas, perlu diingat pula bahwa di musim subur seperti ini, persaingan akan semakin meninggi, jauh lebih tinggi dibandingkan di waktu-waktu biasa. Kompetitor Anda pun pasti menyadari bagaimana pentingnya memanfaatkan musim Ramadhan dan Lebaran untuk meningkatkan penjualan mereka.

Berikut beberapa strategi yang perlu dipersiapkan menghadapi bulan penjualan di musim ramadhan dan lebaran untuk pengusaha minimarket:

 

  • Siapkan Modal Kerja lebih banyak

Dalam menyambut musim Ramadhan dan Lebaran, modal kerja untuk menopang seluruh kegiatan bisnis pun tentu harus dipersiapkan dengan baik. Entah itu kegiatan produksi hingga operasional dan promosional pasti akan sangat membutuhkan biaya sebagai penopang.

  • Persiapkan stok untuk beberapa produk terkait peluang diatas

    Persiapkan modal untuk menggandakan stok barang yang diperkirakan cukup selama musim ramadhan dan lebaran. Yang pasti, bila Anda tidak ingin mengecewakan pelanggan dengan menampilkan pesan “Stok Habis”. Atur manajemen stok dengan baik dengan sistem FIFO, dan tempatkan stok di ruang kusus secara terpisah dari ruang display anda, dan sebaiknya anda menggunakan rak gudang untuk mempermudah manajemen.

  • Siapkan strategi pemasaran dan penjualan

    Dengan meningkatnya daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat tidak berarti juga akan meningkatkan penjualan di minmarket kita jika kita tidak mengkonversi konsumen diluar sana menjadi pembeli. Kita perlu menarik calon pembeli dengan iklan, dan berbagai panawaran menarik selama musim tersebut.

  • Menata Ulang Display dan visual merchandiser di Minimarket

    Ubahlah tema minimarket sesuai dengan tema bulan ramadha dan idhul fitri, agar toko anda menjadi lebih fresh dan meriah untuk menarik pelanggan. Selain itu tempatkan produk yang banyak dicari menjadi lebih ‘kelihatan’.

  • Strategi Diskon dan Gratis selalu ampuh

    Berlakukan harga yang wajar untuk setiap produk Anda dan manfaatkan potongan harga yang benar-benar menggiurkan bagi pelanggan. Tingkatkan penjualan dengan memberikan ‘gratis’ untuk syarat pembelian tertentu, seperti yang penah kita pelajari pada artikel  Keajaiban kata ‘GRATIS’ untuk meningkatkan penjualan Toko

  • Jual produk dalam bandle

    Bila Anda selama ini hanya menjual produk satuan, khusus di bulan Ramadhan dan Lebaran nanti cobalah menggabungkan beberapa produk yang saling melengkapi dan dijual secara bundle. Terapkan juga promo menarik untuk setiap pembelian paket bundle tersebut

Selamat menyambut musim penjualan, rekan pengusaha..!

 

feature image by tribunnews.com