Powder Coating Pada Produk Rak Toko Minimarket

 

Powder coating merupakan teknik pengecatan pada plat besi dan aluminium pada pembuatan rak minimarket kualitas baik dengan menggunakan bahan cat berupa serbuk warna kering berelektron yang disemprotkan menggunakan medan listrik pada plat rak minimarket pada ruang khusus dan dipanaskan dengan oven untuk membentuk lapisan film plastik yang melekat sempurna pada permukaan plat rak minimarket dan mengawetkan lapisan powder coating. Proses pengecatan kering ini menjadi sangat populer sejak diperkenalkan di Amerika Utara lebih dari 40 tahun yang lalu.

Mengapa menggunakan Powder Coating ?

Powder coating memiliki lebih banyak keuntungan daripada lapisan cat cair tradisional. Powder coating menghasilkan lapisan berspesifikasi tinggi yang relatif keras, tahan abrasi (tergantung spesifikasi), tidak mudah keropos, dan tangguh.  Untuk menghasil lapisan bubuk cat yang tebal tidak dilakukan dengan menyemprot ulangan, tetapi dengan memperbesar medan elektrik dan waktu. Proses pengecatan powder coating dinilai lebih efisien, karena tidak membutuhkan waktu yang lama, dan bahan yang digunakan lebih efisien. Pelapisan bubuk yang tipis bisa menjangkau lipatan sempit dan rumit (seperti pengaplikasian untuk perhiasan), serta mudah diaplikasikan untuk desain gaya cat yang unik, pelapis bubuk tersedia dalam berbagai hampir tak terbatas warna dan tekstur. Selain itu, powder coating lebih ramah terhadap lingkungan. Meskipun aspek-aspek tertentu dari powder coating bisa tampak rumit, tentu hal ini tidak menjadi masalah ketika dilakukan oleh tenaga profesional dan dengan alat industri canggih dan presisi tinggi.

 

Tahapan proses Powder Coating

  1. Proses Pembersihan Plat rak minimarket

Powder Coating didahului dengan proses pencucian plat besi dalam tangki yang berisi asam sulfat (H2SO4). Tujuan pemakaian asam sulfat ini adalah untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran yang terdapat di sekitar permukaan plat besi. Selanjutnya plat besi dibilas untuk menghilangkan sisa asam sulfat. Pada proses pembersihan selanjutnya, plat besi dibersihkan menggunakan soda api, kemudian kembali dibilas untuk yang terakhir. Proses pembersihan yang tepat dan alat-alat yang digunakan dapat menjadi perbedaan antara pengerjaan powder coating amatir dan profesional.

Proses utama pada powder coating diawali dengan pemberian lapisan chromating untuk menjaga kualitas plat besi, kemudian dilakukan pembilasan sebanyak dua kali. Dapat dikatakan hampir pada setiap proses pendahuluan powder coating dilanjutkan dengan pembilasan, karena hasil terbaik powder coating rak minimarket ditentukan salah satunya dari plat besi yang benar-benar bersih. Air bilasan ini dikeringkan dalam oven bersuhu 80oC, agak air yang tertinggal tidak menimbulkan gumpalan pada proses powder coating rak minimarket.

  1. Proses Coating plat rak minimarket

Proses pengecatan berlangsung di ruangan tertutup yang memiliki sirkulasi udara. Sistem Elektrostatik Spray Desposition (ESD) merupakan proses penyemprotan powder coating pada substrat logam plat rak minimarket dengan menggunakan sebuah alat yaitu electric spray gun, kemudian partikel bubuk bermuatan elektrostatik ditarik ke bagian ground.  Muatan elektrik dari bubuk coating sebanding dengan medan listrik yang dibuat oleh aliran arus, sehingga arah semprotan alat tersebut tidak tegak lurus permukaan plat rak minimarket, tetapi membentuk lingkupan melingkar yang mampu menjangkau seluruh permukaan plat rak minimarket bahkan bagian yang terlindungi sekalipun. Sehingga proses ini menjadi sangat efektif dengan dapat meratakan ketebalan lapisan serbuk coating dengan sangat presisi, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengerjaannya karena dilakukan oleh alat-alat canggih.

  1. Proses Pengeringan plat rak minimarket

powder-coating-plantPada proses ini, plat rak minimarket yang telah mengalami coating dipanggang dalam oven elama kurang lebih 40 menit dengan suhu 200oC. Perlakuan ini akan membuat lapisan serbuk menjadi keras dan melekat kuat pada plat besi rak minimarket.

 

Daya tahan Powder Coating

Powder coating adalah finishing kering berkualitas tinggi ditemukan pada produk rak Sentra Rak. Powder coating melindungi plat besi dengan sempurna, dan tahan lebih lama dibandingkan ketahanan yang ditawarkan produk dengan cat cair. Proses pengecatan dengan powder coating diharuskan didahului dengan proses pencucian dan pembersihan plat besi, sehingga secara tidak langsung proses ini akan mempengaruhi daya tahan dari bahan plat besi rak minimarket tersebut dari korosi. Pelapisan bahan bubuk menjadikan produk rak minimarket lebih tahan terhadap resiko akibat dari dampak kelembaban, bahan kimia, sinar ultraviolet, dan kondisi cuaca ekstrim lainnya. Pada gilirannya, pelapisan dengan sistem ini akan mengurangi risiko goresan, chipping, lecet, korosi, memudar, dan lainnya.