Produk Impulsif apa saja yang harus dipajang dekat meja kasir?

Pernahkah Anda sadari produk apa yang biasanya dijual dan selalu berada dekat dengan kasir di minimarket atau juga supermarket? Memang biasanya terdapat beberapa produk seperti baterai atau obat, mainan, dan satu yang tidak pernah absen dan selalu ada adalah permen. Atas dasar apa produk-produk tersebut sengaja dipajang pemilik toko / minimarket di area kasir?

Kriteria produk yang wajib dipajang di meja kasir

Ternyata ada sebuah alasan khusus mengapa permen, baterai, dan beberapa benda khusus lainnya  selalu diletakkan dalam posisi yang dekat dengan kasir. Dilansir dari Lifehack, terdapat sebuah gejala yang yang biasa dialami seseorang ketika berada di supermarket, minimarket, atau toko yaitu impulse buying. Perilaku ini sendiri pernah diteliti oleh seorang ekonom bernama Hawkins Stern dan memiliki arti sebagai perilaku seorang pembeli yang memilih dan membeli barang secara tiba-tiba bukan karena mereka membutuhkannya, tetapi hanya karena mereka tertarik dengan tampilan yang muncul. Tampilan ini dapat berupa kemasan atau penempatan dari produk tersebut.

Untuk mengetahui kriteria barang yang akan kita pajang di meja kasir, kita ambil contoh satu barang yaitu permen.  Permen merupakan salah satu makanan yang banyak disukai orang, namun tidak banyak orang yang pergi ke supermarket/minimarket hanya untuk mencari dan membeli permen saja. Itu alasan mengapa benda ini diletakkan di dekat kasir untuk memancing keinginan orang agar membelinya. Jadi kriteria yang pertama adalah 1.) bukan barang pokok, namun disukai banyak orang.

Harga permen yang cukup murah akan menarik pembeli yang sedang menunggu antrian untuk membelinya tanpa memikirkan uang yang akan mereka habiskan. Hal ini menjadi alasan pendorong seseorang membeli barang tersebut. Jadi kriteria yang kedua adalah 2.) harga barang murah. Dengan penempatan yang dekat kasir, harga murah, dan rasanya yang cukup disukai, maka akan semakin sulit bagi seseorang menolak dan menghindari untuk membeli sebungkus permen

Kriteria yang ketiga, selain barang yang disukai dan murah, meletakkan barang yang 3.) sangat dibutuhkan semua orang namun kadang terlupakan dari daftar belanja, seperti tisue basah, batu baterai, voucer pulsa, dan korek api dapat menimbulkan impulse buying kepada pembeli.

Kita ketahui bahwa sebagian besar pengunjung minimarket / toko kelontong adalah wanita terutama ibu rumah tangga, dan tidak menutup kemungkinan mereka membawa serta anak mereka, dan tentunya akan merasa jenuh jika harus ikut mengantri di meja kasir. Keadaan ini memberi peluang kepada pemilik minimarket / toko kelontong untuk memajang beberapa 4.) barang yang menarik bagi anak-anak, antara lain mainan dan jajanan anak dengan ukuran kecil di meja kasir.

Contoh barang apa saja yang wajib dipajang di meja kasir, antara lain :

  • Permen
  • Obat-obatan
  • Jajanan anak
  • Mainan anak
  • Tisue basah
  • Kondom
  • Minuman dingin
  • Batu baterai
  • Korek api
  • Gantungan kunci
  • Jarum / peniti
  • Bros wanita

Permen merupakan hal sepele namun tanpa kita sadari justru permen menjadi salah satu produk fast moving ketika kita ‘benar’ saat mendisplay beberapa produk permen._ MENDONGKRAK PENJUALAN TOKO MINIMARKET DENGAN PERMEN!

 

Sumber : Rizky Wahyu Permana. 2016. Mengapa permen berada di dekat meja kasir supermarket?.www.merdeka.com