Rahasia di Balik Tata Letak Toko

Semua Tentang Layoutnya

Tata letak rak toko menjadikan hampir semua pembeli melakukan checkout di supermarket mengeluhkan tentang belanjanya yang selalu over budget. Bahkan saat mereka mengatakan “aku mampir hanya untuk membeli beberapa barang saja”, hanya menjadi sebuah omong kosong belaka karena saat ini mereka mengantre di kasir dengan troli penuh cemilan dan buah segar.

Dua pertiga dari apa yang konsumen beli di supermarket, mereka tidak berniat membelinya. Hal ini terjadi bukan karena perilaku konsumen, bukan! Supermarketlah yang mendorongnya untuk melakukan itu. Setiap aspek tata letak toko — dari tampilan produk di dekat pintu masuk ke kotak susu di belakang hingga permen di daftar — dirancang untuk merangsang keinginan berbelanja. Supermarket melakukan strategi layout, memberikan pancingan-pancingan, sehingga otak dan mood konsumen tanpa sadar akan mengikuti alur yang mereka buat.

Berikut beberapa rahasia di balik tata letak supermarket dan toko modern:

Bunga

Lokasi: Hanya di dalam pintu masuk

Mengapa ditempatkan di sini: Bunga dapat meningkatkan citra toko. Konsumen akan masuk ke sesuatu yang cantik, wangi, dan membangun gagasan ‘segar’.

 Buah dan Sayur Segar

Lokasi: Tepat berada dijalur masuk setelah bunga

Mengapa ditempatkan di sini: Untuk menciptakan pengalaman sensorik yang menggiurkan. Toko perlu mengkomunikasikan kepada pembeli bahwa produk mereka fresh, segar.

Rahasia tersembunyi : Perhatikan susunan produk di rak supermarket. Beberapa produk dengan jarak expired lebih dekat akan ditempatkan di depan, dan barang yang masih lama expirednya akan ditempatkan di atas, bawah, atau di belakang produk lama.

 

Bakery

Lokasi: Di ​​sudut luar pintu masuk

Mengapa ditempatkan di sini: Toko roti membuat kelenjar liur konsumen keluar. Ini membuat Konsumen merasa lapar, dan semakin lapar ketika Konsumen berbelanja, semakin banyak makanan yang akan Konsumen beli.

 

Minuman ringan, Susu, dan Snack

Lokasi: Di ​​sisi bersebrangan dengan arah checkout (kasir)

Mengapa ditempatkan di sini: Minuman ringan yang dingin serta beberapa cemilan merupakan alasan kuat seseorang datang ke minimarket atau toko swalayan. Maka penempatan produk ini akan diletakkan di sisi belakang dimana konsumen akan melewati beberapa rak penuh produk yang dipajang sebelum menuju rak minuman. Hal ini kan mendorong konsumen untuk membeli lebih dari yang mereka pikirkan.

 

 Mesin ATM

Lokasi: Dekat dengan pintu masuk

Mengapa ditempatkan di sini: Untuk mendapatkan lebih banyak uang di tangan pembeli, jadi mereka akan membelanjakannya. Selain itu memberikan sugesti pada pikiran mereka untuk mengambil uang lebih banyak saat memasuki area belanja

 

Endcap Displays

Lokasi: Rak Endcap, di setiap ujung lorong rak gondola

Mengapa ditempatkan di sini: Produsen produk membayar lenih kepada supermarket untuk menempatkan produk baru dan produk populer mereka di “endcap” yang menonjol – di ujung gang – untuk mempromosikannya.

Rahasia tersembunyi: Tampilan tidak selalu berarti diskon. Sering kali, (item dalam rak) endcaps hanyalah sesuatu yang baru. Produk akan ditempatkan bergiliran berada pada rak endcaps ini. Supermarket kandan memberi label-label menarik pada produk disini untuk menarik perhatian dan memberi kesan seperti halny abarang promosi.

“Retail-tainment” (Demo Memasak, Display, dan Sampel Gratis)

Lokasi: Berada di bagian sisi wall dan area bebas

Mengapa ditempatkan di sini: Area pengambilan sampel gratis akan memperlambat Konsumen sementara untuk memaparkan produk baru.

 

Food Corner

Lokasi: Di ​​salah satu sudut depan

Mengapa ditempatkan di sini: Jika Konsumen lapar untuk makan siang, Konsumen akan berbelanja dengan terburu-buru. Tetapi jika Konsumen dapat makan siang di toko, Konsumen akan tetap dan bersantai