Rahasia Sukses Kue Rumahan Bisa Dijual Di Rak Supermarket

Mimpi sukses pengusaha rumahan kadang harus diambil oleh pengusaha ritel besar, tetapi bagaimana Anda dapat meningkatkan peluang Anda?

Tantangan yang nyata adalah persaingan pasar dengan para pengusaha lain untuk dapat bekerjasama dengan supermarket yang memiliki jaringan luas untuk dapat memajang produk mereka di rak.

Sebuah usaha kue rumahan tentunya dimulai dengan mencoba memasak sendiri apa yang anda inginkan untuk dijual, kemudian dibutuhkan kerja keras dan banyak sekali keputusan sulit yang harus dibuat dengan tanpa putus asa. Bagaimana kesalahan-kesalahan yang Anda buat menjadikan Anda banyak belajar untuk bangkit dan terus memperbaiki diri, hingga produk anda mampu bertahan di rak-rak utama supermarket dan minimarket di penjuru daerah.

Ketika produk anda telah terpajang di rak supermarket, artinya produk anda telah memperoleh pasar yang terjamin yang sulit didapatkan di tempat lain. Tetapi dalam ruang yang sangat padat dan kompetitif, tidak semua produk dan pengusaha bisa masuk ke rak supermarket.

Bagaimana Bermitra dengan Supermarket?

Jika Anda mencoba memasukkan produk Anda ke rak supermarket, Anda harus memberi tahu Supermarket mengapa menimbun produk Anda akan menguntungkan mereka.

Berikut ini beberapa kiat yang telah banyak dilakukan pengusaha rumahan selama ini.

  • Jangan takut meminta nasehat: Nasehat dan juga saran akan sangat membantu dan ternyata memang orang suka memberikannya. Pergilah ke orang-orang yang “lebih tua, lebih bijaksana, dan berpengalaman”, dan setiap percakapan yang dilakukan akan mengajari Anda sesuatu. Jangan ragu, karena mereka, para pengusaha yang sukses tidak akan segan-segan membagi pengalaman mereka  dan beberapa saran yang sangat berharga.
  • Berikan tester: Buatlah orang-orang mencicipi produk Anda. Pameran, bazar, dan event-event bisnis adalah peluang bagus untuk mencari jejaring dengan pembeli (dalam hal ini para pengusaha ritel besar). Pada acara-acara itu, Anda akan bertemu pelanggan pertama, kemudian mungkin sebuah café, supermarket, atau seseorang akan melakukan kesepakatan dengan Anda jika mereka diberi kesempatan untuk mencoba. Sangat penting bagi pembeli untuk mencoba sampel kue Anda, kemudia mereka akan membuat keputusan.
  • Lakukan apa saja untuk dapat bertemu dengan mereka: Mengusahakan waktu dan kesempatan untuk bertemu dengan calon pembeli tidak selalu mudah untuk dilakukan, tetapi akan membuat perbedaan nyata bagi peluang keberhasilan Anda. Anda harus kreatif, banyak akal dan gigih. Percayalah, bertemu dengan pembeli adalah kesempatan yang sangat berharga.
  • Apa manfaatnya bagi mereka? Miliki gambar di benak Anda tentang pelanggan akhir yang akan membeli produk Anda, dan tanyakan pada diri Anda bagaimana mereka akan menambah nilai bagi pengecer. Pembeli akan ingin tahu bahwa Anda membawa pelanggan baru dan meningkatkan kualitas penawaran mereka, daripada mereplikasi apa yang sudah mereka lakukan – atau lebih buruk lagi, mengambil bisnis dari salah satu produk mereka saat ini.
  • Jangan paparkan terlalu banyak ide: jangan meremehkan kekuatan menunjukkan produk yang sudah jadi kepada pengecer, dengan kemasan penuh dan merek ke detail terkecil. Ini akan langsung mengkomunikasikan sentuhan dan rasa dari apa yang Anda jual, dan mempermudah pembeli untuk mengatakan “ya” di tempat.
  • Teliti detail teknis: pengecer besar sangat teliti dalam memperhatikan standar kesehatan, manufaktur, dan distribusi, jadi Anda juga harus teliti. Tentukan sejak awal apakah Anda ingin mempertahankan produksi di rumah, dan bagaimana Anda berencana untuk mendistribusikan. Anda harus mengikuti prosesnya, bukan sebaliknya.
  • Tetap berpegang pada nilai dan visi Anda: bahkan ketika memproduksi dalam skala besar (Anda memiliki 190.000 produk yang keluar dari dapur komersial Anda setiap minggu), Anda berpegang pada prinsip-prinsip buatan tangan Anda, menggunakan bahan-bahan seperti yang akan Anda gunakan di rumah, konsisten dalam skala kecil dan selalu berpegang pada QC sepanjang hari untuk menjamin kontrol kualitas.

 

Bergerak dari bisnis kecil ke pemasok supermarket bisa jadi sulit, tetapi apa pun perjalanan ritel Anda selama Anda memiliki semangat dan kepercayaan terhadap produk Anda, hal ini sangat mungkin untuk Anda.

Hari-hari terbaik di kantor Anda adalah ketika Anda memiliki visi yang jelas tentang siapa anda, dan di mana anda akan berada di garis depan dari pikiran anda sendiri.